Snorkeling di Pulau Lengkuas Belitung, Dikerubungi Ikan Warna-Warni

snorkeling pulau lengkuas belitung 6
ya elaaa…foto narsis pake tahan napas wkkwkwkw

JEJAKLANGKAHKU – Jelajah pulau Lengkuas Belitung gak klop kalo gak dibarengi dengan mengintip keindahan underwaternya. Kenapa demikian ? karena pada umumnya kontur di sekitar Pulau Lengkuas ini adalah laut dangkal dengan beragam karang dan coral di dasar lautnya yang nampak cukup jelas jika dilihat dari puncak mercusuarnya. Salah satu lokasi yang paling sering dijadikan tempat bersnorkeling ria di pulau ini adalah di area pantai sebelah kiri mercusuar dari arah datangnya kapal.

snorkeling pulau lengkuas belitung 4
Spot snorkeling di Pulau Lengkuas, Belitung

Cara terbaik menikmati snorkeling di Belitung ini adalah dengan menyewa kapal yang bisa kita pesan melalui agen-agen travel ataupun datang langsung ke tepi pantai tempat berkumpulnya kapal. Setahu saya memang tidak ada paket khusus dimana kita bisa gabung dengan peserta lainnya dalam satu kapal yang sama untuk menikmati paket hopping island dan snorkeling di Belitung ini, tapi ya itu, memang harus menyewa kapal sendiri dengan harga berkisar Rp 400 s.d Rp 500 ribu per kapal per hari, dimulai sekitar jam 9 pagi start berangkat dari tepi pantainya dan selesai sekitar jam 4 sore hari. Jadi kalau perginya rame-rame bisa sekalian sharing cost untuk sewa kapalnya, jadi lebih murah jatuhnya.

snorkeling pulau lengkuas belitung 5
Spot snorkeling di Pulau Lengkuas, Belitung

Oiya harga sewa kapal tersebut bisa dinego juga apakah sudah termasuk paket makan siangnya atau belum, karena cara menikmati lunchnya pun ada beberapa macam. Pertama, kita bisa menikmati lunch di salah satu pulau yang menjadi tempat persinggahan, yaitu di Pulau Kepayang, karena di pulau ini terdapat warung makan atau resto dan paket makanan biasanya sudah diorder oleh agen travel kita, atau bisa juga dengan cara memesan menu lunch saat akan berangkat dari tepi pantai di Tanjung Pandannya. Pada beberapa lokasi pantai tempat kapal start dari Belitung, maka terdapat warung-warung makan sea food dimana kita bisa order jenis masakan yang diinginkan, kemudian akan dimasak terlebih dahulu di warung makan tersebut dan sebagian juga bisa dibawa dalam keadaan mentah dan dibakar di pulau tempat kita inginkan untuk bersantap siang. Asyik juga kan, serasa camping di tengah pulau gitu deh bro sis sembari menggelar tikar untuk menikmati makan siangnya.

snorkeling pulau lengkuas belitung 3
Underwater Pulau Lengkuas, Belitung

Nah secara umum, spot snorkeling di Pulau Lengkuas ini sangatlah indah. Saat kapal kita mendekati pantainya, nampak dengan jelas pemandangan dasar lautnya yang begitu jernih dan bening. Beberapa karang dan coral di dasar lautnya bisa kita lihat dengan sangat jelas dari atas kapal. Jadi kalau memang males turun ke lautnya, bisa sembari duduk-duduk di pinggiran kapal dan cukup dengan melempar roti yang biasanya sudah disiapkan guidenya, maka pasti akan segera dikerubungi ikan berwarna-warni. Ikannya banyak sekali di spot ini, sepertinya udah pada tau kalau tamu-tamu yang datang pasti membawa makanan hehehe. Jenis ikannya pun kalau kita sempat menyelam free dive di area snorkeling ini, sangat bervariasi dan berwarna warni. Tidak hanya jenis ikan standar dengan warna loreng-loreng hitam putih atau hitam kuning, tapi jenis ikan berwarna biru, hijau dan kemerahan juga banyak disini.

snorkeling pulau lengkuas belitung 2
Underwater Pulau Lengkuas, Belitung

Kedalaman pantai di area snorkeling inipun tidaklah dalam, palingan hanya sekitar 1,5 hingga 3 meter, jadi cukup aman untuk snorkeling maupun hanya sekedar berenang. Jika datang disaat yang tepat, yang menurut info kami paling bagus pada sekitar bulan April hingga Agustus, maka ombak di pantai inipun cenderung sangat tenang, ditambah lagi cuacanya pada musim sekitar bulan tersebut, relatif cerah dan panas. Jadi mendingan disesuaikan jadwal kedatangannya di Belitung ini ya gaes, biar bisa puas menikmati underwaternya.

snorkeling pulau lengkuas belitung 1
Underwater Pulau Lengkuas, Belitung

– Pulau Lengkuas, Belitung – Mei 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.