Bertemu Pinguin Lucu : Happy Feet, di Kaiyukan Aquarium Osaka Jepang

kaiyakun osaka 0

Gerombolan Pinguin di Zona Antartica, Kaiyukan Osaka

JEJAKLANGKAHKU – Hal menarik yang bisa kita jumpai saat berwisata ke akuarium di negara lain adalah banyaknya species atau makhluk-makhluk laut unik dan langka yang belum tentu bisa kita jumpai di tempat wisata akuarium di Indonesia. Hal inilah yang membuat rasa penasaran hingga akhirnya saya memutuskan untuk mampir mengintip fenomena alam bawah laut beserta beragam biotanya di Kaiyukan Akuarium di kota Osaka Jepang, yang kabarnya juga merupakan salah satu akuarium terbesar di Jepang.

kaiyukan osaka 1

Sumber : kaiyukan.com

kaiyukan osaka 2

Sumber : kaiyukan.com

Seperti konsep tur akuarium pada umumnya, Kaiyukan akuarium juga terdiri dari beberapa zona area pameran sesuai dengan lokasi atau tempat perairan atau lautan beserta isinya, yang akan dipamerkan di setiap akuariumnya. Zona atau tema akuarium di Kaiyukan ini  terdiri dari total 16 zona area pameran akuarium serta 3 (tiga) zona interaksi dimana para pengunjung bisa melihat dan mengamati gerak-gerik beberapa makhluk laut tersebut dan bahkan juga bisa menyentuh atau memegang beberapa di antaranya, seperti halnya yang bisa kita lakukan di Sea World Ancol Jakarta, dimana kita bisa memegang dan menyentuh ikan hiu, ikan pari, kura-kura, bintang laut dan sebagainya.

kaiyukan osaka 3

Sumber : kaiyukan.com

kaiyukan osaka 4

Sumber : kaiyukan.com

Memasuki area Kaiyukan akurarium ini maka akan kita jumpai zona “Aqua Gate” yang berbentuk jalanan terowongan dimana disekelilingnya bisa kita saksikan berbagai akuarium yang memamerkan ikan-ikan dan makhluk laut lainnya sembari memberi kesan seakan-akan kita sedang berada dan berjalan di dasar laut di antara berbagai ikan tersebut. Setelah itu kita akan masuk di zona “Japan Forest” yang disajikan dengan konsep matahari cerah serta zona “Samudera Pasifik” dimana terdapat sebuah tangki air yang sangat besar dan berisi sekitar 5.400 ton air yang merupakan rumah bagi berbagai ikan hiu, dan paus terbesar di dunia. Berjalan mengitari tangki akuarium raksasa ini membuat seolah-olah kita sedang berada di dasar Samudra Pasifik dan dikeliling dengan berbagai ikan raksasa tersebut.

kaiyukan osaka 9-1

Area kolam tempat berinteraksi dengan Biota Laut di Kaiyukan Osaka

The Kaiyukan Aquarium Osaka tidak hanya memamerkan berbagai jenis ikan, tapi juga menampilan berbagai bentuk kehidupan laut lainnya, diantaranya amfibi, reptil, burung dan mamalia serta invertebrata laut dan juga berbagai tanaman laut dapat diamati dalam akuarium. Total terdapat sekitar 30.000 makhluk laut yang mewakili 620 spesies ada di Kaiyukan Aquarium Osaka ini.

kaiyukan osaka 6-1

Biota Laut di Kaiyukan Aquarium Osaka Jepang

Nah dimana sih tepatnya lokasi Kaiyukan Osaka ini ? Cara paling mudah untuk mencapainya menurut saya adalah dengan menggunakan train (subway) dan stasiun terdekat dengan Kaiyukan adalah stasiun Osakako (lilhat gambar map berikut). Jadi dari manapun asal stasiun keberangkatanmu, turunlah di lajur Chuo Line dan lanjutkan perjalanan keretamu hingga tiba di stasiun Osakako dan tinggal berjalan kurang lebih 5 menit (perhatikan rambu di stasiun Osakako yang mengarah ke Kaiyukan), maka kita sudah bisa sampai di Kaiyukan Akuarium ini (tandanya adalah adanya bangunan besar berwarna merah disisi kiri dan kanannya, dengan patung ikan raksasa di tengahnya).

kaiyukan subway map

Subway Train Map to Kaiyukan Aquarium, Osaka Jepang

kaiyukan osaka 7-1

Kaiyukan Aquarium, Osaka Jepang

Oiya, Kaiyukan Aquarium ini mulai buka dari jam 10 pagi hari hingga jam 8 malam. Saran saya jika ingin puas menikmati seluruh area akuariumnya yang berada di 4 lantai tersebut, maka usahakanlah datang lebih pagi, mengingat jam tutupnya hanya hingga jam 8 malam. Selain itu, karena area akuariumnya yang terpisah dengan area food court dan toko-toko souvenirnya, maka kitapun dapat keluar sementara dari area akuarium untuk menikmati makan siang ataupun makan malam di area yang berbeda. Jangan lupa untuk meminta cap stempel di tangan saat akan keluar sementara dari area akuariumnya, agar nanti bisa kembali masuk lagi dengan hanya menunjukkan cap stempel ditangan tersebut. Jadi tiket masuk akuarium ini akan berlaku satu hari penuh, artinya kita masih bisa keluar masuk di area akuarium di hari yang sama.

kaiyakun osaka 11-1

Scuba Diving dan Cafe di dalam area Kaiyukan Aquarium Osaka

Harga tiket masuknya untuk orang dewasa adalah 2300 yen, orang tua : 2000 yen, anak-anak (usia 7 s.d 15 th) : 1200 yen, anak-anak (usia 4 s.d 6 thn) : 600 yen dan anak-anak (usia 3 thn ke bawah) : free/gratis.

kaiyukan osaka 5-1

Gerombolan Pinguin di Kaiyukan Osaka

Hal menarik yang paling saya sukai disini adalah banyaknya pinguin dengan berbagai jenis dan bentuk. Mungkin karena sedang musim dingin saat itu, jadi pas banget dengan suasana iklim tempat asalnya, membuat para pingiun ini begitu agresif dan lincahnya. Daaan, dari sekian banyaknya pingun tersebut, terdapat satu komunitas pinguin yang sudah biasa kita liat di film Penguin Happy Feet, yup betul…jenis Penguin Happy Feet ada juga disini gaes, dan bisa kita lihat langsung dan mendekat dengan mereka. Tampilan pinguin ini memang unik karena adanya jambul berwarna kuning di sekitar telinganya membuat mereka tampak lebih cantik dan lucu. Hmmm…sayang gak bisa masuk ke dalam kandangnya, jadinya cuma bisa lihat dan mencium baunya, paling dekat sekitar 1 meter dari luar kandang. Lumayanlah, daripada hanya sekedar lihat gambar di filmnya hehehe.

kaiyukan osaka 8-1

Horeee….ketemu Happy Feet di Kaiyukan Osaka

Osaka Aquarium Kaiyukan selain sebagai bagian dari upaya pelestarian satwa liar, akuarium ini juga akan terus fokus pada kegiatan penelitian dan perlindungan lingkungan, bekerjasama dengan semua yang peduli dengan lautan dan makhluk hidup didalamnya. So, mari kita bantu dengan tetap menjaga kelestarian alam bawah laut ya bro sis !

 

– Osaka, Jepang – Februari 2014 –

– My Trip My Happiness –

rumah prima

Add Comment