Lawan Rasa Takutmu dengan Rafting di Sungai Citarik Sukabumi

rafting caldera 0

Rafting di Sungai Citarik Sukabumi bersama Caldera Rafting

JEJAKLANGKAHKU – Selain menikmati keindahan dan panorama alam di Sukabumi, berwisata ke daerah yang banyak dilalui aliran sungai dengan debit air yang cukup deras ini juga dapat menjadi satu tantangan tersendiri bagi traveler yang cinta dengan olahraga extrim yaitu rafting atau yang lebih dikenal dengan nama arung jeram. Hmmm kenapa disebut arung jeram ya? ternyata jika disimak dari definisinya maka arung jeram mengandung makna aktivitas mengarungi bagian alur sungai yang berjeram/riam dengan menggunakan wahana tertentu, bisa berupa perahu karet, kano, kayak dan dayung dengan tujuan untuk rekreasi ataupun petualangan / ekspedisi.

Saat memasuki wilayah Sukabumi di Jawa Barat ini, maka sepanjang perjalanan akan banyak melewati sungai-sungai maupun jembatan yang melintas di atas sungai-sungai sekitarnya. Dan jika traveler menyimak dengan seksama, maka banyak sekali agen-agen wisata arung jeram atau rafting yang bertebaran disekitarnya yang memang khusus menawarkan jasa pendampingan dan penyewaan peralatan untuk melakukan olahraga rafting ini.

rafting caldera citarik 1

Perjalanan menuju lokasi starting point rafting di tepi Sungai Citarik Sukabumi

Berhubung kali ini trip saya adalah dalam rangka acara gathering kantor, maka sayapun hanya sebatas mengikuti acara yang telah disiapkan panitia dimana agen rafting kami kali ini adalah Caldera Rafting, merupakan salah satu tempat outbound yang memiliki resort yang terletak di tepian sungai Citarik Sukabumi, tepatnya di Kamp.Lebak Wangi Cijambe Cikidang, Sukabumi Jawa Barat. Waktu perjalanan untuk dapat sampai ke Caldera Rafting dari Jakarta ternyata lumayan jauh dan lama, sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus, mungkin karena saat itu juga bertepatan dengan hari Jumat siang, sehingga arus lalu lintas saat memasuki weekend juga cukup padat dan kamipun baru bisa tiba di lokasi resort Caldera saat malam hari sekitar jam 8 malam.

rafting caldera citarik 2

Perjalanan menuju tepi sungai Citarik, Sukabumi melewati persawahan

Lokasi resort Caldera ini yang tepat berada ditepian sungai Citarik dan dikelilingi bukit-bukit dan pegunungan, membuat udara saat sore dan malam hari menjadi cukup dingin, sehingga sangat disarankan untuk membawa sweater atau jaket. Namun jangan kawatir karena ternyata saat pagi hari justru sebaliknya, udara menjadi lebih sejuk dan berangsur-angsur hangat seiring dengan terbitnya matahari. Oleh sebab itu menjadi waktu yang sangat tepat untuk segera melakukan aktivitas fisik di pagi harinya, karena tidak hanya rafting atau arung jeram yang disediakan resort Caldera ini, tapi juga terdapat berbagai macam aktivitas lainnya, seperti outbound tim building, flying fox mengitari sungai Citarik, paint ball, ataupun hanya sekedar untuk meeting disini, juga disediakan ruangan khusus meeting lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Selain itu pula, di resort ini juga sudah tersedia penginapan berupa Saung-Saung rumah hotel yang dapat menampung sejumlah orang dalam satu rumah Saungnya. Bentuknya ada yang berupa Saung Lombok ataupun Saung Joglo, dimana didalam satu Saung tersebut telah tergelar kasur-kasur beralaskan tikar serta lengkap dengan fasilitas toilet dan kamar mandinya. Jadi kita bisa bersantai menginap satu malam, kemudian pagi harinya dilanjutkan dengan aktivitas olahraga ataupun hanya sekedar menikmati keindahan alam dan panorama sekitarnya. Jangan kuatir dengan makanan dan minuman, karena resort ini juga menyediakan paket makanan dan minuman yang bisa dipesan langsung.

rafting caldera citarik 5

Starting Point Rafting di tepi Sungai Citarik Sukabumi

Untuk melakukan olahraga rafting ini ternyata tidak dapat langsung dilakukan dari dalam resort, melainkan kita harus terlebih dahulu menuju ke tepian sungai Citarik yang lokasinya berada cukup jauh dari resortnya. Untuk itu, setiap peserta akan diantar menggunakan mobil terbuka yang sudah disediakan pihak Caldera dimana satu mobil bisa memuat hingga 8 orang. Sebelum berangkat ke lokasi tepi sungainya maka kita juga akan dibekali dengan arahan dari pemandu raftingnya serta diberikan semua peralatan yang wajib digunakan saat rafting, diantaranya : pelampung, dayung, topi helm pelindung kepala, dan sebagainya. Harap diperhatikan baik-baik ya gaes, karena semua arahan dari pemandu ini adalah sangat penting sebagai acuan kita saat melakukan rafting disungainya, mulai dari cara bagaimana harus mendayung perahu, cara mengendalikan perahu, posisi tangan dan kaki saat berada di perahu, hingga bagaimana cara mengatasi jika perahu sampai terbalik dan kita terlempar dari dalam perahu…huaaa…ini dia yang serem wkwkkw. Tapi jangan kuatir karena mereka adalah pemandu rafting yang sudah sangat profesional, jadi kita ikuti aja aturan mainnya dan toh nanti mayoritas kendali perahu saat berada di sungai dikendalikan oleh pemandu rafting kita. So, enjoy aja …

rafting caldera citarik 4

Rafting di Sungai Citarik Sukabumi

Oiya, olahraga rafting ini ternyata terdiri dari beberapa level atau tingkatan, bergantung dari tingkat kesulitan dan lamanya kegiatan rafting. Berhubung tim kami hanya bertujuan untuk gathering saja, maka level yang kami ambilpun hanyalah level pemula, dengan tingkat kesulitan yang paling rendah yaitu menempuh perjalanan arung jeram di sungainya sepanjang 5 km dengan lama waktu tempuh 1 jam, sedangkan tingkatan level di atasnya bisa mencapai 9 km, 11 km hingga 17 km dengan lama perjalanan sampai dengan 4 jam, wew seru kali yah !

rafting caldera citarik 3

Rafting di Sungai Citarik Sukabumi

Nah, gimana rasanya berolahraga rafting ini ? yang jelas seru dan menegangkan, sedikit mirip dengan bermain luncuran atau roller coaster kecil karena ya itu, kita akan diombang ambingkan oleh derasnya arus sungai Citarik di atas perahu karet nan empuk. Enak sih rasanya, seluruh badan pasti secara otomatis ikut bergerak, apalagi tangan kita pastinya akan paling aktif bergerak mendayung. Jadi kalau besoknya badan terasa pegal-pegal khususnya bagian tangan, yaaa harap maklum aja ya bro sis. Tapi, dibalik rasa lelah dan capek akibat berolahraga rafting ini, juga terdapat banyak manfaat yang bisa kita peroleh, diantaranya : melatih kekuatan otot tubuh, membakar kalori, memperkuat otot jantung, membersihkan paru-paru, menghilangkan stress, melatih melawan rasa takut, melatih emosi dan yang cukup penting adalah memperkuat dan mempererat persahabatan karena tema olahraga ini yang membutuhkan kekompakan tim dalam satu perahu secara tidak langsung dapat meningkatkan dan memperkuat kekompakan dalam tim kita, sesuai tujuan gathering kami saat itu.

– Citarik, Sukabumi – Maret 2014 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment