Ada Tower Mejeng di atas Hotel : Kyoto Tower, Jepang

kyoto tower japan 0

Kyoto Tower, Jepang

JEJAKLANGKAHKU – Saat melihat icon kota Kyoto ini, sempat mikir, gimana kekuatan bangunan yang menopang Tower seberat 800 ton ini ya? Kalau beberapa spot favorit untuk menyaksikan view suasana kota dari ketinggian tertentu di negara-negara lainnya biasanya berupa Tower atau Menara ataupun Monumen yang langsung berdiri megah di atas tanah, maka keunikan melihat view 360 derajat kota Kyoto ini adalah berupa Tower yang tidak langsung berpijak di atas tanah, melainkan berdiri kokoh di atas sebuah bangunan hotel yaitu Kyoto Tower Hotel. Hmmm….Tower yang unik !

Berwisata ke Kyoto Tower ini sebenarnya bukan menjadi tujuan utama saat traveling ke kota Kyoto Jepang, namun berhubung lokasinya yang terletak sangat strategis berhadapan dengan stasiun kereta Kyoto, maka mau tidak mau, saat pilihan perjalananmu antar kota di Jepang adalah menggunakan train, maka saat keluar dari stasiun utama Kyoto, Tower ini langsung mejeng di depan mata. Ok, kita mampir aja deh, daripada penasaran ada apa sih di Kyoto Tower ini.

kyoto tower japan 4

Kyoto Tower Jepang

Jika menilik sejarah pembangunannya, Kyoto Tower selesai dibangun pada tahun 1964 dan berdiri kokoh setinggi 131 meter di atas Hotel Kyoto Tower. Tujuan awal pembangunannya adalah untuk memeriahkan suasana saat Summer Olympic berlangsung di Kyoto pada tahun itu. Konon infonya, desain Kyoto Tower hingga saat ini masih  mengundang perdebatan karena dianggap terlalu modern bagi kota Kyoto yang pada umumnya terkesan sebagai “kota tua” bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke sini. Tapi, ya itulah kenyataannya, Kyoto Tower saat ini sudah menjadi landmark kota Kyoto dengan desain berbentuk menara mercusuar yang didominasi warna putih dan permainan unsur kaca dan baja.

kyoto tower japan 2

Kyoto Tower Jepang

Nah berhubung saya bukan tipe traveler yang suka naik-naik ke Tower (kecuali terpaksa banget gak ada kerjaan…hahahha) maka sayapun sudah siap mental untuk puas hanya berfoto-foto ria dari kejauhan. Tapi ternyata sodara-sodara, kalaupun kita tidak ingin naik ke puncaknya, maka kita bisa menghabiskan waktu di Tower ini dengan berkunjung ke toko-toko souvenir maupun restoran yang berada pada bangunan Kyoto Tower setinggi 9 lantai ini. Jadi terdapat total 9 lift yang akan mengantarmu hingga ke puncak Tower yang berupa ruang pengamatan pada ketinggian 100 meter dari permukaan tanah dengan kapasitas 500 orang dan desain gedung yang berbentuk lingkaran dengan dinding kaca yang membuatmu bebas menikmati keindahan kota Kyoto.

kyoto tower japan 1

Wisata Belanja di Kyoto Tower

Lokasi Kyoto Tower ini tepatnya berada di jalan Karasuma-dori Shichijo-sagaru, Shimogyo-ku, Kyoto dan beroperasi tiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 8 malam dengan harga tiket masuk sebesar 770 yen untuk umum, 620 yen untuk pelajar SMA, 520 yen untuk pelajar SD dan SMP, dan  150 yen untuk maksimal hingga usia TK. Akses menuju ke Kyoto Tower bisa menggunakan JR Line, Subway Karasuma Line ataupun Kintetsu Line dan turun di stasiun Kyoto.

kyoto tower transportation

Peta Lokasi Kyoto Tower

Saat masuk ke lantai satu bangunan Tower ini, maka mata kitapun akan dimanjakan dengan aneka souvenir khas Jepang yang beraneka warna dengan desain unik dan lucu-lucu. Jadilah, waktu paling lama saya habiskan di tempat ini untuk berburu souvenir khas Kyoto Tower. Setelah puas berbelanja, kitapun bisa menikmati kuliner khas Jepang dengan mengunjungi beberapa restoran di lantai atasnya, daaan setelah muter-muter milih restoran, akhirnya pilihan saya jatuh pada salah satu resto yang menyajikan hidangan nasi ikan bakar….hmmm serasa berada di kota asal, puas deh makan sampe kenyang (maklum saya bukanlah tipe pecinta masakan Jepang, jadi nemu ikan bakar itu rasanya gimaanaa gitu !).

kyoto tower japan 3

Wisata Kuliner & Wisata Belanja Elektronik di sekitar Kyoto Tower

Oiya, tidak hanya sampai di wisata kuliner ya gaes, karena ternyata setelah saya keluar dari gedung Kyoto Tower ini, ternyata tepat berada di belakang bangunan Tower ini adalah toko elektronik Yodobashi, sebuah pusat perbelanjaan elektronik lengkap yang cukup terkenal di Jepang. Jadi, jika belum sempat berburu barang elektronik di Tokyo ataupun kota besar lainnya di Jepang, maka kunjungan ke Kyoto Tower ini juga bisa kita manfaatkan untuk berburu barang elektronik ‘made in Japan’ tentunya. So….saatnya berburu Gacha !

– Kyoto, Jepang – Maret 2014 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment