Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Belitung di Tanjung Pandan

oleh oleh belitung 1
Souvenir Khas Belitung

JEJAKLANGKAHKU – Berwisata ke Belitung kurang afdol jika tidak berakhir dengan belanja oleh-oleh khas Belitung. Meskipun beberapa jenis oleh-oleh diantaranya juga bisa kita beli di Jakarta ataupun kota-kota lainnya di Indonesia, anehnya, rasanya koq tetep beda ya kalo belinya di Belitung, apalagi langsung mencicipinya di sana, mungkin karena lebih fresh dan seger bahan-bahan ataupun bumbu yang digunakan (ato malah perasaan gue aja kaleeee !!! hehehe, namanya juga wanita….ya itulah tujuan utama sebenarnya…belanja ! )

oleh oleh belitung 3
Oleh-Oleh Khas Belitung (kerupuk ikan, sirup jeruk kunci, kue sagu)

Nah berhubung kunjungan terakhir saya ke Tanjung Pandan Belitung adalah kunjungan yang ke-3 kalinya, maka sayapun memiliki 3 (tiga) toko favorit untuk berbelanja oleh-oleh di Tanjung Pandan, Belitung. Toko mana sajakah itu ?

oleh oleh belitung 2
Toko BnB Belitung Snack
  1. Toko BnB Snack : Toko ini terletak di jalan Veteran Tanjung Pandan dimana mayoritas yang dijual di toko ini adalah makanan, minuman dan snack khas Belitung, meskipun juga ada beberapa souvenir dan baju kaos bernuansa Belitung tapi pilihannya tidak banyak. Tokonya tidak terlampau besar, tapi setelah saya membeli beberapa snack di toko ini seperti kerupuk ikan, terasi, sirup jeruk kunci, kue sagu, dan ikan asin jambal roti, ternyata kualitas dan rasanya sangat enak. Yang paling favorit bagi saya adalah ikan asin jambal rotinya yang super uenaakk, karena kata penjualnya sih dibuat tanpa bahan pengawet dan fresh from the ocean hehehe. Makanya saran penjualnya agar disimpan ke kulkas biar bisa awet. Oiya, terasi di toko ini juga lumayan enak dan bersih.
  2. Toko Oleh-Oleh Khas Belitung Outlet : kalau gak salah lokasinya berada di jalan Sudirman daerah Tanjung di Tanjung Pandan Belitung. Toko ini lumayan besar, dimana mayoritas yang dijual adalah baju kaos dan souvenir khas Belitung. Jadi kalau kamu ingin mencari kaos-kaos bergambarkan wisata di Belitung, bisa mampir ke outlet ini karena pilihan dan ukurannya sangat banyak dan bervariasi. Saat mampir kesini, selain membeli baju kaos, sayapun langsung berburu magnet kulkas khas Belitung serta souvenir pajangan meja lainnya.
  3. Nah toko yang ke-3 ini bener-bener saya lupa nama tokonya. Yang jelas lokasi toko ini tepat berada di samping Hotel Aston di Tanjung Pandan Belitung dimana tepat di samping hotel ini terdapat ruko-ruko yang saat itu baru dibangun dan salah satunya adalah toko oleh-oleh khas Belitung tersebut. Tokonya lumayan besar juga dimana pada ruangan utama saat masuk dari pintu utamanya, akan kita temui aneka snack khas Belitung seperti kerupuk ikan, terasi, kue sagu, ikan asin, sirup jeruk kunci dan sebagainya. Sedangkan ruangan sebelahnya adalah khusus untuk pajangan baju-baju kaos, topi pantai dan kain-kain pantai dengan beragam desain dan gambar-gambar menarik. Harganya pun tidak terlampau mahal berkisar Rp 50 s.d 75 ribu tergantung desain dan ukurannya.
oleh oleh khas belitung 5
Toko Oleh-Oleh Khas Belitung Outlet

Berikut penampakan dari oleh-oleh khas Belitung yang berhasil dibawa pulang ke Jakarta 😀

oleh oleh belitung 4
Oleh-Oleh Khas Belitung (ikan jambal roti, terasi)
– Tanjung Pandan, Belitung – Mei 2014 –
– Visit Indonesia –
– My Trip My Happiness –