Rela Ngantri Demi Si Cantik Bintang Laut di SEA Aquarium, Sentosa Singapore

SEA Aquarium Singapore 0

JEJAKLANGKAHKU – Bagi yang sudah sering traveling ke Singapura, pasti tidak asing lagi dengan area Resort World Sentosa yang kini menjadi sangat terkenal karena adanya theme park Universal Studio. Namun ternyata selain dapat menikmati entertainment di theme park ini, Resort World Sentosa juga bisa menjadi pilihan wisata sembari belajar dan menikmati keindahan serta keanekaragaman makhluk-makhluk laut, termasuk merasakan seakan-akan berada di dasar laut lepas bersama ribuan makhluk laut.

SEA Aquarium Singapore 0

Ikan Warna-Warni dan Coral di dalam SEA Aquarium, Singapore

Spot wisata yang lokasinya hampir berhadapan dengan Universal Studio Singapore ini dikenal dengan nama SEA Aquarium atau merupakan singkatan dari South East Asia Aquarium. SEA Aquarium ini ternyata pernah menjadi akuarium terbesar di dunia yang memiliki jumlah total air di dalam akuariumnya terbesar di dunia. Namun kemudian posisinya tergantikan dengan dibangunnya akuarium di Cina yaitu di Chimelong Ocean Kingdom.

sea aquarium singapore 2

SEA Aquarium, Resort World Sentosa Singapore

Nah apa saja yang bisa kita saksikan di SEA Aquarium ini ? Yang jelas saat memasuki gedung akuarium ini maka kita akan berada di spot Museum Maritim terlebih dahulu, karena SEA Aquarium ini ternyata berada dalam satu gedung yang sama dengan Museum Martimnya. Jadi tiket one day pass yang harus kita beli di pintu masuknya, juga berlaku untuk Museum Maritimnya dengan harga tiket masuk saat ini adalah $32 untuk dewasa, $22 untuk anak-anak (4-12 tahun) juga $22 untuk manula (60 thn keatas).

sea aquarium singapore 4

Tunnel Aquarium di SEA Aquarium, Resorts World Sentosa

Secara umum, seperti jenis dan tipe spot wisata akuarium di berbagai negara pada umumnya (termasuk yang ada di Sea World Ancol Jakarta), maka pajangan ikan-ikan dan makhluk laut lainnya disajikan dalam berbagai jenis dan ukuran akuarium kaca yang disesuaikan dengan habitat masing-masing makhluk laut. Uniknya, di SEA Aquarium ini, jika kita memiliki waktu yang cukup lama untuk berada di tempat ini, maka kita bisa menyaksikan dengan seksama satu per satu dari sekitar 100.000 makhluk laut yang berasal dari 800 jenis spesies yang berbeda yang semuanya berenang dengan santainya di dalam total 45 juta liter air. Hmmm…bisa habis waktu seharian tuh kalau memang serius dan suka mengamati aneka makhluk laut tersebut, saking banyaknya dan bervariasinya makhluk laut yang ada di sini. Gak kebayang juga gimana mengatur perputaran air sebanyak itu ya? untung saja lokasinya berada tepat di tepi laut, jadi mungkin langsung disedot dari lautnya…hehe.

sea aquarium singapore 5

SEA Aquarium Singapore, Resort World Sentosa

Oiya, semua makhluk laut di SEA Aquarium ini dikelompokkan dalam 10 zona yang berbeda dengan total 49 jenis habitat, diantaranya Bay of Bengal, Straits of Malacca & Andaman Sea or Great Lakes of East Africa serta komunitas underwater berupa coral maupun kehidupan bawah air di habitat laut dingin (air dingin), nah bisa ketemu pinguin deh ! Hal menarik lainnya berada di area pusat SEA Aquarium ini dimana kita bisa merasakan seolah-olah berada di dasar lautan lepas dengan adanya akuarium raksasa yang berisi berbagai macam makhluk laut yang hidup di lautan lepas, seperti ikan paus, hiu, ikan pari (manta), lumba-lumba, dan sebagainya. Di depan akuarium kaca raksasa ini pun dibuat semacam panggung tempat duduk pengunjung agar bisa santai menikmatinya. Selain itu pula tersedia area restaurant yang cukup unik juga karena didesain seakan-akan berada di dasar laut dimana sembari makan atau minum maka kita bisa menyaksikan makhluk-makhluk laut tersebut berkeliaran di sekeliling kita karena desain restorannya yang dikelilingi akuarium raksasa hingga ke bagian atap restorannya.

SEA Aquarium Singapore 1

Akuarium Raksasa di SEA Aquarium Singapore

Satu hal yang cukup mengagetkan saya adalah adanya antrian pengunjung yang sangat panjang pada salah satu area akuariumnya. Hmm…penasaran juga nih saat melihat dari kejauhan, ada apa ya? koq pada ngantri kaya gini? Dannn…ternyata sodara-sodara, setelah saya mendekat dan sedikit memaksa untuk masuk di antara antrian dan melihat lebih dekat, apa sih yang dilihat mereka? ternyata antrian tersebut adalah untuk melihat kecantikan dan keunikan salah satu makhluk laut, yang bagi saya makhluk laut tersebut sangat banyak dan sangat mudah di temui di negara kita Indonesia tercinta. Mau tau makhluk apakah itu? yup…. Bintang Laut sodara-sodara ! Omaigat, sampai segitunya ya mereka begitu antusias dan bela-bela’in antri hanya demi untuk melihat dan menyentuh makhluk laut nan cantik itu, padahal di Indonesia, di Bali, Lombok, Pulau Seribu dan pulau-pulau cantik lainnya, bintang laut bertebaran dengan bebas, leluasa dan dalam jumlah yang sangat banyak dan mudah ditemui dimana-mana. Makanya kita harus bangga sebagai bangsa yang memiliki kekayaan laut yang sangat besar dan indah, wew ! So, ayok liburan ke pulau-pulau di Indonesia, dijamin keindahannya tak terkalahkan !

sea aquarium singapore 6

Antrian pengunjung untuk melihat dan memegang bintang laut

– Singapura – Desember 2014 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment