Cukup bayar 4 RM untuk semangkuk Es Cendol Durian Jam Besar (Clock Tower) di Melaka

cendol jam besar melaka 3

JEJAKLANGKAHKU – Apa bedanya coba, makan es cendol durian di Indonesia (di Jakarta atau Bandung misalnya) dengan makan es cendol duriannya di Melaka, Malaysia? Sebenarnya kan sama saja, ya sama-sama es cendol durian gitu loh, tapi bagi saya, hanya ada 2 (dua) jenis cendol yang paling enak di dunia ini, pertama adalah cendol buatan almarhum oma saya dan ke dua adalah cendol Elisabeth yang banyak dijual di Bandung. Trus ngapain juga gue makan es cendolnya sampe ke Melaka ? Jawabnya adalah karena saya haus dan kepanasan siang bolong bolak balik jalan kaki di sekitar Bangunan Merah Melaka dan mendadak ngiler setelah melihat antrian turis membeli jajanan yang satu ini.

cendol jam besar melaka 0

Kios Cendol Jam Besar (Clock Tower) di Melaka, Malaysia

Lokasi penjual jajanan Es Cendol ini yang sangat strategis karena berada tepat berhadap-hadapan dengan Bangunan Merah dan berdampingan dengan sungai Melaka, membuat Es Cendol yang terkenal dengan sebutan Es Cendol Jam Besar (Clock Tower) di kota Melaka ini menjadi sangat terkenal dikalangan para turis. Tapi tidak bagi saya, karena terus terang, saya gak updated soal kuliner yang satu ini saat akan berkunjung ke Melaka. Hanya karena kebetulan haus dan kepanasan aja tuh, trus mampir dan mencoba semangkuk es cendol favorit saya yaitu es cendol durian.

cendol jam besar melaka 3

Semangkuk Es Cendol Durian Jam Besar, Melaka

Jadi, kalau kamu memang penggemar kuliner cendol, gak ada salahnya juga mencoba menikmati kuliner es cendol ini bro sis. Selain menu es cendolnya yang ada sebanyak 12 menu yang bisa menjadi alternatif pilihanmu menikmati es cendol dengan beragam toppingnya, mulai dari durian, kacang, jagung, es krim dan sebagainya, menikmatinya pun bisa sembari kongkow di tepi Sungai Melaka dengan pemandangan Bangunan Merah yang bersejarah serta keramaian kapal-kapal yang lalu lalang di Sungai Melaka.

cendol jam besar melaka 2

Lokasi Es Cendol Jam Besar di tepi Sungai Melaka

Soal harga, menurut saya sih standar-standar aja ya, berkisar mulai dari 2 RM (Ringgit Malaysia) hingga yang paling mahal seharga 5 RM, tentunya sesuai dengan kualitas toppingnya ya gaes. Silahkan melihat gambar di bawah ini yang menunjukkan ke-12 jenis es cendol beserta harganya tersebut. Kalo kurs Rupiahnya sekitar Rp 3500 per 1 RM, maka kisaran harganya mulai dari sekitar Rp 7.000 hingga Rp 17.500 per mangkuknya. Hmmm…gak mahal-mahal amatlah, dibandingkan dengan porsi yang sama tapi makannya di Mall besar di Jakarta, malah bisa sampe Rp 30.000 an per mangkuk kalo pake topping durian.

cendol jam besar melaka 1

Daftar Aneka Es Cendol Jam Besar, Melaka

Nah kalo soal rasanya, ya itu tadi gaes, secara umum campuran es dan kuahnya sih standar aja, pas lah menurut saya, baik aroma maupun manisnya sudah pas banget. Tambahan duriannya pun sangat enak, buah duriannya manis dan lembut dilidah. Hanya saja, rasa cendolnya yang biasa menurut saya, enakan cendol Elisabeth Bandung yang lebih berasa gurih dan nikmat. Tapi berhubung sudah sangat haus dan ngiler, ya akhirnya habis juga semangkuk es cendolnya hanya dalam hitungan 3 menit wkwkkwkw.

– Melaka, Malaysia – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment