Ada Apa Aja Sih di Legoland Johor Bahru, Malaysia ? (part 1)

legoland malaysia 4

JEJAKLANGKAHKU – Jika anda penggemar mainan lego dan ingin mengeksplore lebih jauh segala sesuatu terkait mainan lego, maka ada 2 (dua) cara menikmatinya, yaitu berkunjung ke Legoland Discovery Center atau ke theme park Legoland yang lokasi terdekatnya di Asia berada di kota Johor Bahru, Malaysia. Trus apa bedanya Legoland Discovery Center dengan theme park Legoland ? Wah bedanya jauh ya gaes,  pertama Legoland Dicovery Center letaknya di dalam ruangan (indoor) sedangkan Legoland theme park di luar ruangan (outdoor). Selain itu, discovery center lebih cocok untuk anak-anak usia 3 s.d 10 tahun karena lebih fokus pada pengenalan sejarah Lego, proses pembuatan Lego, atraksi bioskop 4D, serta atraksi bermain lainnya yang lebih sederhana dibandingkan dengan theme park Legoland yang bisa dinikmati hingga kalangan dewasa dengan berbagai atraksi permainan yang lebih seru dan menantang.

legoland malaysia 4

Welcome to Legoland Malaysia

legoland malaysia 1

Hotel Legoland di Legoland Malaysia

Namun, jika anda memang bukan penggemar mainan lego tapi juga suka bermain-main di area Theme Park, ya gak perlu susah-susah ke Legoland Malaysia sih, mendingan ke Dufan atau Ancol saja gaes, atau kalau mau yang lebih seru dan menatang ya mendingan ke Universal Studio, Disneyland, Disneysea, Lotte World atau Everland yang bisa dijumpai di beberapa negara terdekat. Karena dari hasil kunjungan saya ke beberapa theme park lainnya tersebut, jika kita mengandalkan keseruan dan tantangan dalam bermain di wahana-wahana atraksinya, maka atraksi bermain yang menguji adrenalin dan paling menantang di Legoland Malaysia ini bisa dikatakan biasa saja, atau levelnya masih di bawah theme park lainnya. Tapi, yang membuat Legoland ini menjadi unik adalah banyaknya ornamen-ornamen yang semuanya terbuat dari mainan lego yang disusun sedemikian rupa hingga menyerupai orang, kartun, perabotan, dan lain sebagainya, yang semuanya ini hanya bisa kita jumpai di theme park Legoland. Nah itulah kira-kira perbedaan theme park Legoland dibandingkan dengan theme park sejenis yang ada di berbagai negara.

Print

Legoland Map (sumber : legoland.com.my)

Nah, ada apa aja sih di dalam area Legoland Malaysia ini? Sebelum berkunjung ataupun masuk ke area Legoland ini, ada baiknya kita sudah paham terlebih dahulu apa saja yang ingin kita lakukan selama berada di dalam theme park ini, karena jika melihat dari peta area bermain Legoland ini, maka memang lokasinya sangatlah luas bro sis, dimana secara umum terbagi menjadi 2 (dua) area besar bermain, yaitu di Theme Park Legolandnya sendiri maupun di Water Parknya. Bagi saya, waktu bermain-main 1 (satu) hari tidaklah cukup jika ingin mengunjungi kedua area bermain tersebut, karena untuk bisa puas bermain di theme parknya saja sudah menghabiskan waktu seharian, sehingga jika juga ingin berkunjung ke Water Parknya, maka ada baiknya mengambil paket tour 2 (dua) hari.

legoland malaysia 2

Legoland Map (sumber : legoland.com.my)

Berikut hal-hal menarik yang bisa kita lakukan di Theme Park Legoland Malaysia sesuai panduan dari peta area lokasi dan bermainnya (sumber : legoland.com.my), sebagai berikut :

  1. Lego Technic : In LEGO® TECHNIC everything is action-packed. Discover the high speed rides for the brave and the exciting LEGO® workshops for the young. Terdiri dari beberapa wahana bermain diantaranya roller coaster, seru dah !
  2. Lego Kingdom : Transport yourself to the age of myth and legend in LEGO® KINGDOMS. Cross the drawbridge into the royal castle, but get ready for the Dragon to give you a wild ride. Di area bermain ini juga ada roller coaster kecil, tapi lumayan seru sih.
  3. Lego Imagination : Designed for LEGO® fans of all ages, IMAGINATION is where creativity knows no bounds. Inventors big and small can bring their imaginings to life, while young children will marvel at the life size DUPLO® Express. Di area ini kita bisa bermain menyusun lego, menikmati bioskop 4D, naik ke atas Observation Tower dan sebagainya.
  4. Land of Adventure : Journey into the forgotten worlds of Pharoahs and dinosaurs. But watch out! You never know what lies ahead. Salah satu mainannya yang cukup seru adalah naik roller coaster yang berjalan diatas sungai kecil, siap-siap basah ya gaes !
  5. Lego City : is where the children take the controls. Where else can a kid captain a boat or drive a car? Area ini lebih cocok untuk anak-anak kecil, seperti bermain mobil-mobilan, dll.
  6. Miniland : See the world in an amazing new way in MINILAND, the centrepiece of every LEGOLAND® Park. It took three years and more than 30 million LEGO® bricks to recreate some of Asia’s best known landmarks in detailed miniature.Stroll through famous scenes from 17 Asian countries, including the Petronas Twin Towers, the Merlion Statue and the Taj Mahal.The whole of MINILAND is animated, and guests – big and small – can bring the models to life at the touch of a button. Wah, ini dia spot paling favorit saya di Legoland, bayangkan saja, berbagai keindahan dunia dipajang dalam bentuk dan ukuran mini dan semuanya terbuat dari mainan lego sodara-sodara. Cantik dan kreatif banget !
  7. Water Sport : area bermain air dengan berbagai desain kolam renang serta kolam-kolam air lainnya dengan pernak-pernik mainan Lego.
  8. Hotel Legoland : nah buat kamu yang benar-benar ingin puas bermain di Legoland ini, maka jika memiliki budget lebih, ada baiknya sekalian aja menginap di Hotel Legolandnya yang berlokasi tepat di depan pintu masuk ke theme park Legoland. Desain hotelnya sangat menarik gaes, penuh dengan warna warni, dan di depan pintu hotel pun kita bisa melihat patung-patung karakter Lego. Nah gak kebayang tuh gimana desain di dalam kamarnya ya? seru kali, tempat tidurnya mungkin juga terbuat dari Lego….hehehe.
  9. Shopping : kalo kamu bukan tipe traveler yang suka bermain-main di theme park, maka sambil menunggu yang lainnya pada bermain-main, bisa sekalian shopping berbagai pernak-pernik, souvenir dan bahkan membeli mainan legonya yang tersedia di beberapa toko yang ada di dalam area bermain Legoland ini.
  10. Wisata Kuliner : jangan takut kelaparan atau kehausan di area bermain ini, karena di dalam Legoland tersebar beberapa cafe dan restoran hingga kios-kios kecil yang menjual berbagai jenis snack, makanan dan minuman-minuman dingin, Bahkan juga bisa sekalian mencoba aneka snack ataupun makanan khas Malaysia di tempat ini.
legoland malaysia 6

Sewa Loker, Toko di Legoland & Kuliner di Legoland

Nah itulah kira-kira gambaran aktivitas yang bisa kamu lakukan di Legoland ini. Oiya, satu tips lagi agar bisa menghemat waktu dan tenaga saat berkunjung kesini adalah, usahakan mengitari area lokasi ini dengan teratur ya gaes. Saran saya sih saat masuk di pintu utamanya, berjalanlah berputar searah jarum jam sembari menikmati semua wahana bermainnya, karena jika kita bolak-balik dari sisi bagian pinggir menuju ke arah tengah yang adalah miniland, maka akan sedikit membingungkan, karena bagian tengah dari area Legoland ini adalah area Minilandnya yang sangat luas dan pastinya kamu akan bolak-balik disini karena penasaran mau melihat semua minilandnya. Padahal disisi bagian pinggiran Legoland ini adalah lokasi wahana-wahana bermainnya, sehingga biar tidak bolak-balik dan menghabiskan waktu mencari jalan ke tempat-tempat bermainnya, maka ada baiknya diputuskan terlebih dahulu, apakah akan bermain-main dahulu ataukah ke area Miniland nya dahulu, sehingga bisa lebih hemat waktu dan tenaga tanpa perlu bolak balik.

Dan, jangan lupa bawa topi atau payung ya gaes, karena panasnya super super menyengat tubuh …wkwkwk…

legoland malaysia 3

Bonus Kupon & Voucher Legoland, Malaysia

Oiya, berhubung saat kunjungan waktu itu kami membeli tiketnya dalam satu paket tur, info guide kami harganya menjadi lebih murah karena mendapat tambahan bonus 2 kupon, yaitu pertama adalah kupon untuk makan di food courtnya senilai RM 10 dan kedua adalah voucher untuk pembelian foto senilai RM 20…hmmm..lumayanlah dapet diskon. Jadi ada baiknya mengecek terlebih dahulu promo-promo ataupun diskon harga tiketnya ya gaes, sebelum memutuskan untuk membeli di loketnya ataupun melalui media promosi lainnya (seperti yang ada di web resminya saat ini).

legoland malaysia 5

Gambar atas : di depan Hotel Legoland Malaysia

Btw, jika kamu membawa barang banyak yang cukup menganggu saat akan bermain-main di wahananya, maka di Legoland ini juga disediakan loker untuk menyimpan barang bawaan dengan tarif sebesar RM 20 (untuk sewa loker seharian), RM 10 (sewa loker 3 jam) dan RM 5 (sewa loker 1 jam). Jadi jangan bayangkan seperti di Dufan yang bisa taro dan titip barang bawaan di tengah-tengah lantai di sekitar wahana atraksi saat kita mau menikmati wahana atraksi tertentu ya gaes, di Legoland tidak bisa demikian, sehingga jika kita hanya sendirian atau semua teman akan bermain dan tidak ada orang yang bisa kamu titipkan barang bawaanmu, maka ada baiknya menitipkannya di loker yang telah disediakan tersebut.

Nah bagaimana serunya bermain di setiap area atraksinya ? Nantikan ulasan detailnya di artikel selanjutnya !

– Legoland, Johor Bahru – Malaysia – Agustus 2015 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment