Dari Terminal Bus TBS ke Stasiun KL Sentral Kualalumpur Naik Kereta KTM Komuter

JEJAKLANGKAHKU – Jika perjalananmu mengelilingi kota-kota di sebelah selatan Semenanjung Malaysia, seperti dalam salah satu perjalanan saya dari kota Melaka menuju Kualalumpur dan menggunakan moda transportasi bus, maka terminal bus kedatangan di kota Kualalumpur adalah di Terminal Bus TBS (Terminal Bersepadu Selatan), sedangkan jika tujuan kita ke dan dari kota-kota di bagian utaranya, maka terminal bus yang digunakan adalah Terminal Pudu Raya. Nah dalam perjalanan saya dari kota Melaka menuju Kualalumpur menggunakan bus, saat sudah tiba di terminal bus TBS, bagaimanakah caranya untuk dapat sampai ke pusat kota Kualalumpur ? moda transportasi apakah yang bisa dengan mudah kita gunakan ?

dari tbs ke kl sentral 1
Stasiun Kereta KTM Komuter di TBS Kualalumpur

Saat sudah menginjakkan kaki di terminal kedatangan TBS ini sebenarnya saya blas gak ngerti gimana caranya untuk dapat sampai ke pusat kota Kualalumpur khususnya ke hotel tempat saya akan menginap nantinya. Untungnya, hotel yang saya booking sudah sengaja diupayakan dekat dengan stasiun kereta di Kualalumpur, jadi selanjutnya tinggal mencari tahu gimana caranya naik kereta dari terminal TBS ini menuju stasiun KL Sentral (salah satu stasiun besar di Kualalumpur), karena hotel saya tepat berada di depan jalan raya stasiun KL Sentral. So, pandai-pandailah memilih hotel atau penginapan ya gaes, biar transportasinya juga mudah.

dari tbs ke kl sentral 3
Tempat kedatangan bus di terminal TBS Kualalumpur

Ketika turun dari bus di terminal TBS ini, rasa-rasanya koq saya belum sampai ke terminal bus ya, karena tampilan terminalnya tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya seperti terminal bus di Indonesia pada umumnya. Ini sih bukan terminal bus kali, salah jurusan kali gue qiqiqiiqiq…. karena tampilan terminalnya lebih mirip Bandar Udara ketimbang terminal bus, sangat modern dan tertata dengan rapi dan bersih. Saat turun dari bus maka kita berada disisi bagian bawah terminal dan untuk masuk ke dalam ruangan terminalnya maka harus naik escalator, untung ada escalator, gak kebayang aja bawa koper segede gini trus harus naik tangga. Tiba di lantai atas, kita akan masuk ke lobby utama terminal yang bentuknya sangat modern dan sangat ramai dengan pengunjung saat itu (maklum lagi akhir tahun). Sesaat saya berhenti sejenak di tengah lobby dan memandang sekeliling….hmmm…memang mirip bandara, tampilan informasi perjalanannya aja dibuat persis kaya di bandara, serba elektronik dan digital, terpajang besar di dinding terminalnya, lengkap dengan semua informasi perjalanan bus. Ok, cukup sudah terkagum-kagum dengan terminal ini, sekarang saatnya mencari counter informasi dan….tarra…ketemu deh di balik lobby utama, ada tourist informationnya, dan semua permasalahan berakhir disini, karena sesuai infonya, maka untuk menuju ke stasiun KL Sentral, saya harus menumpang kereta KTM Komuter yang letak stasiunnya berada tepat di seberang terminal bus TBS ini. Jadi seblah-seblahan gitu deh gaes, hanya dipisahkan dengan jalan lorong penghubung yang tepat berada di atas jalan raya yang memisahkan terminal bus ini dengan stasiun kereta tersebut.

dari tbs ke kl sentral 2
Selamat Datang di Terminal Bus TBS, Kualalumpur

Ok, selanjutnya tinggal memperhatikan arah panah dan papan informasi yang akan menuntun kita menuju stasiun KTM Komuter. Sebelumnya, jangan lupa mampir ke loket pembelian tiket keretanya ya bro sis. Loket tiket ini secara otomatis akan kita lewati saat berjalan menuju stasiun KTM Komuternya, ada tulisannya gede gitu. Nah tinggal milih, mau beli tiket untuk sekali perjalanan atau bisa juga menggunakan kartu isi ulang tertentu yang bisa dipakai selanjutnya ke berbagai tujuan sesuai jumlah saldo yang kita isi. Berhubung saat itu saya sedang males mencari info tentang kartu-kartu tersebut, maka cara cepat adalah ikutan antri di loket dan membeli tiket sekali jalan. Setelah dapat tiketnya seharga RM 2,4 dan melewati gerbang masuk menuju stasiun keretanya, maka kita akan melewati jalan lorong penghubung tadi dan saat tiba di ujung jalan akan ketemu escalator dan tangga turun ataupun bisa menggunakan lift untuk turun menuju peron keretanya. Jangan lupa perhatikan nomor peron kereta kita agar tidak salah arah naik keretanya.

dari tbs ke kl sentral 4
Suasana di terminal bus TBS, Kualalumpur

Oiya, nama stasiun kereta ini adalah Stasiun Bandar Tasik Selatan, sehingga jika kita akan menuju ke stasiun KL Sentral, harap diperhatikan peta rute kereta KTM nya bro sis. Peta rute nya terpampang di dinding peron tempat kita menunggu kereta, kalo perlu difoto aja biar bisa diamati sambil jalan di dalam kereta nantinya (meskipun di dalam kereta juga ada sih). Untuk menuju stasiun KL Sentral maka cukup melewati 4 (empat) stasiun saja dan sudah tiba di stasiun tujuan.

dari tbs ke kl sentral 5
Letak stasiun kereta bersebelahan dengan terminal bus TBS

Jadinya murah banget nih gaes, gue dah bisa sampe ke Stasiun KL Sentral kemudian berjalan sedikit beberapa ratus meter (sambil narik-narik koper tentunya) dan sudah bisa sampai tepat di depan hotel tercinta (Hotel Westree) hanya dengan RM 2,4 atau sekitar Rp 7.900 …. waaaaa murah banget yaaaa !!! Cepat, Aman, Mudah, Murah, Nyaman, Praktis…

dari tbs ke kl sentral 6
Suasana di stasiun kereta KTM Komuter, Kualalumpur

– Solo Traveling (day 2) – Kualalumpur, Malaysia – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

12 Replies to “Dari Terminal Bus TBS ke Stasiun KL Sentral Kualalumpur Naik Kereta KTM Komuter”

  1. Ka 2017 masih ada gak bus yg dr melaka ke pudu raya?
    soal nya aku baca2 thn2 skrg ini cuma bs ke tbs aja dr melaka. Makasih kaka tolong dijawab..

  2. Wah matur nuwun penjelasannya jelas bgt mba
    Oiya kalo muter2 KL mending beli touch n go atau beli tiket gitu si? Sama beli touch n go nya ada dimana ya mba?
    Makasiii

    1. all rapidkl station sell touch n go card under its own brand, but can be used at all transit network…its just like normal touch n go card

    2. klo mo muter2 KL sih gak bisa semuanya pake touch n go krn beberapa kereta harus pake kartu lain atau kudu bayar cash beli tiketnya. Kartunya saya beli kemaren di stasiun KL Sentral di salah satu mini marketnya, bisa tanya petugas disana…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.