Underground House in Nusa Lembongan Bali : Goa Gala-Gala

JEJAKLANGKAHKU – Ternyata ada juga ya orang yang sanggup tinggal dalam rumah di kedalaman 7 meter di bawah permukaan tanah. Yup, Underground House, itulah sebutan untuk sebuah bekas kediaman di bawah tanah yang kini dikenal dengan nama Goa Gala-Gala dan berlokasi di Pulau Nusa Lembongan Bali.

goa gala gala nusa lembongan bali 0
Suasana di dalam Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

Wisata ke Gua Gala-Gala ini bisa menjadi salah satu tujuan spot wisatamu saat sedang berada di Pulau Nusa Lembongan Bali. Untuk menuju ke spot gua ini hanya dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pertama, dengan menyewa motor dan jalan-jalan sendiri mengitari seluruh bagian di pulau ini atau dengan cara ke-2 yaitu ikut tur keliling pulau yang banyak ditawarkan agen tur di pulau ini, karena tidak ada kendaraan umum ya gaes di dalam pulau ini, untuk transportasi ya hanya mengandalkan kedua cara tersebut di atas. Dalam kunjungan kali ini, saya beserta keluarga menggunakan paket tur yang disediakan pihak hotel tempat kami menginap dan membayar Rp 250 ribu untuk menyewa mobil berkeliling pulau Nusa Lembongan. Sedangkan untuk dapat masuk ke Goa Gala-Gala, dikenakan tiket masuk per orang dengan tarif Rp 20.000.

goa gala gala nusa lembongan 1
Selamat datang di Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

Lokasi Goa Gala-Gala berada sekitar 50 meter dari tepi jalan raya di pulau Nusa Lembongan, jadi setelah parkir motor atau mobil, maka kita harus sedikit berjalan masuk ke lokasi goa ini. Dari luar, tidak tampak sama sekali keunikan goa ini karena lokasinya yang memang berada di bawah tanah. Saat memasuki kompleks goa ini maka akan tampak beberapa rumah khas Bali dengan aneka pajangan kain-kain khas Bali, khususnya khas Pulau Nusa Penida Bali, sehingga kitapun bisa dengan santai berbelanja di spot ini.

goa gala gala nusa lembongan 3
Pintu masuk menuju Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

Untuk menuju ke lokasi goa Gala-Gala maka terdapat 3 (tiga) pintu masuk yang bisa kita pilih untuk turun ke bawah menuju goanya. Ketinggian tangga untuk menuju ke pintu masuknya berkisar 2 meter saja dan kita sudah bisa masuk ke pintu utama goa di bawah tanah. Hmmm..gak terlalu tinggi sih, hanya saja ukuran anak tangganya yang lumayan besar dan tinggi ya bro sis, sehingga diperlukan langkah kaki yang cukup jauh untuk dapat meraih anak-anak tangganya. Nah ini dia yang susah, secara tinggi saya cuma semampai, ya butuh effort juga nih gaes karena kaki saya kan pendek, tapi ya enjoy aja lah, sedikit berlompatan jadinya hehehe.

goa gala gala nusa lembongan 2
Pintu masuk menuju Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

Konon kabarnya, Goa Gala-Gala ini dibangun oleh seorang jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa pada tahun 1961 dimana proses pembangunannya berlangsung cukup lama yaitu sekitar 11 tahun, wew. Selain berprofesi sebagai petani, Mangku Byasa juga adalah seorang pertapa, sehingga goa inipun menjadi salah satu tempat pertapaannya. Proses pembangunan goa inipun terbilang cukup unik dan tradisional karena masih menggunakan peralatan tradisional seperti linggis dan dibantu dengan adonan kotoran sapi yang dibakar yang ternyata cukup ampuh melunakkan batu kapur hingga menjadi lebih mudah digali.

goa gala gala nusa lembongan 6
Suasana di dalam Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

Nah gimana sih rasanya berada dalam goa ini? ternyata tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya bahwa kamu bakalan kepanasan dan keringatan di bawah sini, karena saat saya sudah berkeliling di dalam goa yang penuh dengan pintu-pintu dan lobang-lobang ini, udara dan sirkulasi udaranya cukup terasa sejuk dibadan. Artinya bahwa desain goa ini yang dulunya dijadikan sebagai tempat tinggal, adalah sangat tertata dan terdesain dengan baik hingga sirkulasi udara bisa sesegar dan sesejuk ini.

goa gala gala nusa lembongan 4
Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

Pada beberapa spot di dalam goa ini, ketinggian pintu dan atap goanya hanya berkisar 1 s.d 2 meter saja, sehingga kitapun harus merunduk agar terhindar dari benturan dikepala. Terdapat beberapa ruangan yang bisa kita jumpai di dalam goa ini seperti ruangan meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur, sumur serta adanya lampu-lampu di sudut-sudut ruangannya, jadi cukup terang ya gaes. Meski demikian, saran saya jika ingin masuk ke goa ini sebaiknya ditemani guide atau pengurus goa, biar gak nyasar, soalnya meskipun luas goanya tidak terlampau besar, tapi saking banyaknya pintu-pintu dan goa-goa kecil didalamnya, ya pusing juga kali kalo harus muter-muter di dalamnya dan harus nyari sendiri pintu keluarnya dimana….wkwkwkkw.

goa gala gala nusa lembongan 7
Suasana di dalam Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan Bali

– Goa Gala-Gala, Nusa Lembongan – Bali – Mei 2016 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.