Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Makassar di Toko Cahaya, Makassar

JEJAKLANGKAHKU – Berlokasi di area Pecinan di Jalan Sulawesi No.181 Makassar, Toko Cahaya bisa menjadi alternatif tempat belanja oleh-oleh khas Makassar saat traveling ke Makassar, Sulawesi Selatan. Mengapa toko ini menjadi pilihan saya berbelanja oleh-oleh ? Pertama karena lokasinya yang cukup strategis di tengah kota Makassar dan sangat dekat dengan area wisata kuliner Mie Pangsit, Nyuknyang, Coto Makassar dan sebagainya, yang bisa ditempuh jalan kaki dari lokasi jalan Sulawesi ini. Selain itu, oleh-oleh khas Makassar yang dijual di Toko Cahaya ini termasuk yang cukup lengkap, mulai dari aneka jajanan dan snack, souvenir-souvenir khas Makassar hingga pojokan mini cafe yang bisa menjadi pilihan santai sejenak saat sedang berbelanja.

oleh oleh makassar toko cahaya 0
Oleh-Oleh Kacang Disco khas Makassar

Nah, jenis oleh-oleh apa aja sih yang menjadi favorit traveler saat berkunjung ke Makassar dan bisa didapatkan dengan mudah di Toko Cahaya ini ? berikut beberapa jenis oleh-oleh yang sempat saya beli dan bawa pulang ke Jakarta :

  1. Kacang Disco merk Ayam : snack kacang goreng gurih berbalutkan adonan tepung khas Makassar. Tersedia dalam berbagai ukuran kemasan bungkusan dan dijual dengan harga berkisar Rp 20 ribuan hingga Rp 55.000. Rasanya pun tersedia dalam aneka rasa dan aroma, mulai dari yang original, pedas, dan sebagainya.
  2. Kacang Gula-Gula merk Ayam : snack kacang goreng gurih berbalutkan adonan tepung dengan rasa manis berwarna-warni yang dijual juga dalam berbagai ukuran kemasan bungkusan. Untuk kemasan bungkusan 450 gram harganya Rp 32.000.
  3. Sirup Markisa aneka merk dan rasa. Sirup Markisa menjadi khas minuman segar dari Makassar dimana buah asli markisanya bisa kita peroleh saat berkunjung ke daerah Malino. Nah untuk jenis sirup Markisa ini tersedia banyak banget merk nya ya bro sis, sampe bingung juga mau beli yang merk apa. Harganya pun bervariasi tergantung merk dan ukuran botolnya. Kalau saya sih, paling doyan dengan merk Bintang Dunia dan Tiara.

    oleh oleh makassar toko cahaya 6
    Aneka Kopi, Sirup Markisa & Coklat khas Makassar
  4. Kue Durian : kue kering mirip nastar tapi berisi selai durian asli dengan campuran kenari, wah super duper lezat. Harga per pack nya dengan isi 8 s.d 10 biji kue berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 55.000 / pack, atau bisa juga dibeli satuan, dengan harga Rp 7.000 per biji. Oiya ada juga kue durian yang isinya campuran durian, kelapa dan gula merah, tapi rasanya tidak segurih yang isi selai durian asli sih, harganyapun lebih murah sekitar Rp 4.000 per biji.
  5. Dampo Durian : sebagai salah satu daerah penghasil durian yang terkenal dari Palopo Sulawesi Selatan, maka di Makassar pun snack Dampo Durian (atau lebih dikenal dengan nama Lempok Durian di Medan) bisa menjadi pilihan oleh-0lehmu. Tersedia dalam kemasan dus yang berisi 8 s.d 10 potongan dampo durian yang dijual dengan harga berkisar Rp 75.000 s.d Rp 90.000 / pack.

    oleh oleh makassar toko cahaya 4
    Kue Durian dan Dampo Durian khas Makassar
  6. Manisan buah-buahan kering : buat yang suka sama manisan mangga, pala, jeruk, dan berbagai aneka buah lainnya, bisa dibeli ditoko ini dengan kisaran harga Rp 15.000 s.d Rp 20.000 per bungkusnya.

    oleh oleh makassar toko cahaya 5
    Aneka kacang, manisan buah & gula-gula asam khas Makassar
  7. Oleh-Oleh khas Manado : nah di toko ini juga kita bisa mendapatkan aneka snack khas Manado seperti bagea, halua, manisan pala, dan lain sebagainya. Lumayan kan gak perlu sampe ke Manado tapi juga bisa dibeli disini.
  8. Aneka Kopi khas Sulawesi Selatan : disalah satu counternya bisa kita temukan pajangan berbagai aneka merk dan rasa kopi khas Sulawesi Selatan.
  9. Aneka kue-kue kering khas Makassar : kue Baruasa, dan lain-lain
  10. Aneka Kerupuk khas Makassar
  11. Gula-Gula Asam : permen yang terbuat dari asam jawa dengan taburan gula putih dibagian luarnya. Permennya sederhana sih, harganya Rp 5.000 per bungkus, tapi rasanya…super enaakkk !
  12. Aneka souvenir khas Makassar : baju kaos, gantungan kunci, magnet kulkas, aneka tas & dompet, pajangan meja Kapal Phinisi, aneka boneka pakaian adat Makassar, kain-kain dengan desain khas Makassar dan sebagainya.

    oleh oleh makassar toko cahaya 2
    Aneka Souvenir khas Makassar
  13. Aneka Minyak Gosok khas Makassar : tersedia dalam berbagai ukuran botol, seperti minyak Tawon (Rp 42.500 untuk ukuran botol kecil), minyak Kayu Putih asli (Rp 230.000 untuk ukuran botol 300 ml) dan berbagai jenis minyak gosok lainnya.

    oleh oleh makassar toko cahaya 7
    Aneka Minyak Gosok khas Makassar
  14. Otak-Otak khas Makassar.
  15. Dan masih banyak lagi oleh-oleh lainnya !
oleh oleh makassar toko cahaya 8
It’s Shopping Time….. #withFam&Friends

Nah itulah kira-kira gambaran singkat oleh-oleh yang bisa menjadi pilihanmu saat berkunjung ke Makassar disamping masih banyak lagi jenis oleh-oleh lainnya yang tidak sempat saya tuliskan di artikel ini saking banyaknya hehehe. Oiya, toko ini juga menyediakan jasa packing oleh-oleh sehingga bisa langsung dimasukkan ke dalam dus dan dipacking rapi agar mudah membawanya saat naik pesawat kembali ke kota masing-masing. Selamat Berbelanja !!!

– Makassar – Agustus 2016 –

– My Trip My Happiness –

3 Replies to “Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Makassar di Toko Cahaya, Makassar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.