Aneka Warna Warni Baju Batik Trusmi di Outlet Batik Salma, Cirebon

JEJAKLANGKAHKU – Kampung yang terletak di daerah Plered, sekitar 4 (empat) km sebelah barat kota Cirebon ini menjadi sangat terkenal dengan sebutan Kampung Batik Trusmi karena merupakan salah satu daerah pusat industri batik di Indonesia. Dengan total tenaga kerja yang kini mencapai lebih dari 3000 pengrajin batik, menjadikan kawasan Kampung Batik Trusmi ini ramai dikunjungi para pemburu desain kain batik, baju, kemeja dan berbagai aksesori batik lainnya yang bisa menjadi pilihan wisata belanjamu saat menjejakkan kaki di kota Cirebon.

batik salma trusmi cirebon 0
Toko Batik Salma, Trusmi Cirebon

Konon kabarnya, tradisi membatik di Desa Trusmi ini berawal dari peran Ki Gede Trusmi sebagai salah satu pengikut setia Sunan Gunung Jati yang dulunya mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan Islam. Hingga kini, makam Ki Gede masih terawat dengan baik dimana setiap tahunnya dilakukan upacara untuk menghormati Ki Gede yaitu upacara Ganti Welit (atap rumput) dan upacara Ganti Sirap setiap empat tahun sekali. Batik Cirebon sendiri selain termasuk dalam golongan Batik Pesisir, juga termasuk dalam kelompok Batik Keraton. Hal ini disebabkan Cirebon memiliki dua buah Keraton yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, yang konon berdasarkan sejarah dari dua keraton inilah kemudian muncul beberapa desain batik Cirebonan Klasik yang hingga sekarang masih dipakai oleh sebagian masyarakat desa Trusmi di antaranya desain batik Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, Singa Payung, Singa Barong, dan sebagainya.

batik salma trusmi cirebon 4
Welcome to Batik Trusmi, Cirebon

Nah sebenarnya, saat memasuki kawasan Kampung Batik Trusmi ini, kita akan menemui sebuah outlet besar pusat kerajinan Batik Trusmi yang tidak hanya menjual berbagai produksi dan desain Batik Trusmi, baik berupa kain batik, baju-baju batik dan aneka aksesoris batik lainnya namun juga menjual berbagai oleh-oleh khas Cirebon yang terintegrasi dalam satu toko outlet yang cukup besar, menyerupai sebuah supermarket besar. Namun demikian, kita masih mempunyai pilihan lain untuk menjelajah showroom-showroom batik Trusmi lainnya yang menyebar di sepanjang 1,5 km jalanan utama area Batik Trusmi ini. Setiap showroom batik Trusmi tersebut tentunya mempunyai pengrajin khusus dengan berbagai desain aneka motif batik khusus yang berbeda-beda antara satu showroom dengan showroom lainnya. Harga dan kualitas batiknya pun bervariasi, sehingga kita bisa memilih sesuai selera dan kemampuan budget masing-masing.

batik salma trusmi cirebon 3
Suasana di showroom Batik Salma, Trusmi Cirebon

Salah satu showroom Batik Trusmi yang menjadi pilihan saya untuk mampir berbelanja sesuai rekomendasi temen saat itu adalah Batik Trusmi Salma yang terletak tidak terlampau jauh dari jalan masuk utama di kawasan Batik Trusmi ini, kira-kira sekitar 200 meter dari outlet Batik Trusmi  tersebut di sebelah kanan jalan (dari arah jalan masuk ke kawasan Batik Trusmi). Showroomnya lumayan besar, meski dari luar tampaknya lebih mirip rumah tinggal ketimbang toko batik, namun saat sudah masuk ke dalam tokonya, barulah tampak aneka baju-baju, kain-kain dan asesoris batik yang berlimpah hingga sampai ke sisi ruangan bagian dalam dari showroom ini. Jadi suasana didalamnya pun masih berasa bagaikan di rumah, ada ruangan-ruangan khususnya yang memajang aneka kain dan baju batik dengan desain dan tentunya harga yang bervariasi menyesuaikan kualitas bahan dan desainnya. Semakin masuk ke bagian dalam showroomnya, harganya sepertinya semakin mahal, bahkan ada yang sampai jutaan rupiah, wew, tapi tentunya dengan kualitas dan desain yang memang sangat bagus dan unik.

batik salma trusmi cirebon 2
Aneka Baju Batik Trusmi di Showroom Batik Salma, Cirebon

Berhubung saya bukan penggemar kain batik, tapi lebih suka membeli langsung baju batik yang sudah jadi, maka sayapun betah berada di ruang utama (ruangan paling depan) yang paling banyak memajang koleksi baju batik baik pria maupun wanita, dengan aneka warna warni cerah alias nge-jreng yang memang sedang trend saat ini. Harga baju batik atasan wanita yang sempat saya beli, berkisar antara Rp 100 ribuan hingga Rp 300 ribu, bergantung pada kualitas kain, model dan desainnya. Hmmm…puas deh beli baju batik disini, lumayan bisa menambah koleksi baju batikku untuk siap dipakai di saat yang tepat nanti.

batik salma trusmi cirebon 1
Ini dia koleksi Baju Batik Trusmiku dari Toko Batik Salma, Cirebon

– Trusmi, Cirebon – November 2015 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.