Menyepi di Pantai Mawun Lombok

mawun-beack-lombok-1

JEJAKLANGKAHKU – Jika kamu adalah pecinta pantai, maka kunjungan ke Lombok bisa kamu habiskan dengan jelajah pantai-pantai cantik yang berlokasi di Lombok Tengah, karena di lokasi inilah terdapat beberapa pantai cantik dan eksotik yang letaknya berdekatan satu dengan lainnya dan bisa menjadi pilihan wisatamu dalam satu rangkaian perjalanan.

mawun-beack-lombok-1

Tepi Pantai Mawun Lombok

Salah satu pantai yang lokasinya tidak terlampau jauh dari Pantai Kuta (yang terkenal dengan pasir mericanya), adalah Pantai Mawun, terletak sekitar 60 km dari kota Mataram dan bisa ditempuh menggunakan mobil atau motor dengan lama perjalanan berkisar 1,5 jam. Pantai Mawun memiliki bentuk dan kontur pantai yang cukup unik, dimana garis pantainya berbentu mirip dengan tapal kuda, sedikit menjorok dari arah laut lepas karena lokasinya yang memang berada di sebuah teluk yang dibatasi dengan 2 (dua) buah bukit di sisi timur dan barat pantainya.

Karena letaknya yang berada dalam sebuah teluk, maka ombak di pantai Mawun ini sebenarnya cenderung tenang, jadi sangat aman buat kamu untuk berenang ataupun sekedar bermain-main di tepian pantainya. Namun ternyata, menurut info penduduk setempat, sisi bagian tengah dari pantai ini relatif memiliki kedalaman laut yang lebih tinggi dibanding sisi sebelah kiri dan kanannya disamping ombaknya juga yang lumayan lebih besar karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Jadi memang sangat disarankan jika ingin berenang-renang santai, maka pilihlah bagian pantai disisi sebelah timur atau barat di dekat bukitnya, karena selain ombaknya lebih tenang karena terhalang oleh bukit-bukit disekitarnya, dasar laut pantainya juga dipenuhi pasir pantai yang putih dan halus, kecuali di sisi pantai bagian barat cenderung dasar lautnya lebih berkarang karena banyaknya batu-batu karang di tepi pantai. So, waspada kakinya ya bro sis, ada baiknya menggunakan sepatu pantai khusus biar tidak luka terkena karang.

pantai-mawun-lombok-2

Pantai Mawun Lombok

Oiya, jangan lupa jika memang ingin santai, menyepi dan berlama-lama di pantai ini, usahakan bisa membawa bekal makanan ataupun minuman karena tidak ada warung atau cafe disekitarnya, hanya terdapat beberapa penjual makanan, minuman kecil aja yang kadang mampir disini selain penjual beberapa souvenir Lombok. Suasananya yang relatif sepi inilah yang membuat kesan pantai ini sangat tenang dan teduh, cocok buat kamu yang memang ingin menyepi, bersantai, berjemur, membaca buku, ataupun sekedar menenangkan diri menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sembari mencari inspirasi, wew ! Selain itu hal yang perlu diwaspadai juga adalah tidak adanya penjaga khusus pantai ya gaes, jadi kalo memang pengen berenang atau bermain di lautnya ya kudu waspada deh biar tidak terbawa arus.

pantai-mawun-lombok-3

Suasana di tepi Pantai Mawun Lombok

Satu hal lagi yang bisa kita lakukan disini adalah berjalan menyusuri bukit-bukit yang ada disisi pantainya, karena begitu kamu sampai di atas puncak bukit, maka keindahan panorama alam pantai Lombok Tengah ini akan terpampang indah di hadapanmu dan bisa menjadikan spot berfoto yang paling eksotis.

pantai-mawun-lombok-4

Deburan Ombak di Pantai Mawun Lombok

– Lombok – Juni 2015 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment