Kala Senja di Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah

pantai-selong-belanak-lombok-0

JEJAKLANGKAHKU – Masih seputar pantai-pantai cantik di Lombok Tengah, Pantai Selong Belanak adalah salah satu diantaranya dan berlokasi dekat dengan Pantai Mawun, berjarak sekitar 3 km. Jadi, dalam rangkaian mengunjungi pantai-pantai eksotik tersebut, tidak ada salahnya kita mampir di Pantai Selong Belanak dan mengintip keunikan pantainya.

pantai-selong-belanak-lombok-0

Tepi Pantai Selong Belanak Lombok

Untuk dapat sampai ke spot pantai ini maka diperlukan perjalanan menggunakan mobil atau motor sekitar 49 km dari kota Mataram atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Meskipun jalanan saat sudah dekat dengan area pantai ini sudah cukup bagus, beraspal, namun tidaklah terlampau lebar sehingga kudu hati-hati dalam berkendaraan. Medan perjalanan yang ditempuh juga cukup berkelok-kelok dan naik turun bukit, karena lokasi pantai ini yang memang dikelilingi oleh perbukitan. Pada beberapa titik dalam perjalanan ke pantai ini, kita bisa berhenti sebentar di atas bukit sembari mengambil gambar panorama pemandangan pantainya yang memberikan landscape yang sangat menarik dan pasti membuatmu tergoda untuk memotretnya.

 

pantai-selong-belanak-lombok-1

Pasir Putih dan Suasana Santai di Tepi Pantai Selong Belanak Lombok

Bentuk pantai Selong Belanak yang terpampang sepanjang 1 km dan melengkung seperti bulan sabit karena berada dalam sebuah teluk, Teluk Selong Belanak yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, membuat ombak di salah satu sisi pantai ini cukuplah besar. Kedahsyatan ombak tersebut kemudian membuat pantai ini sering dijadikan area untuk olahraga surfing. Jadi di tepian pantainya banyak operator surfing yang menyewakan peralatan maupun pelatih surfing, lumayan kan bisa sekalian belajar surfing ataupun kalau kamu memang sudah ahli bermain surfing maka bisa dicoba rasa dan suasananya bersurfing ria di pantai Lombok Tengah ini. Sedangkan bagian sisi pantai lainnya dengan ombak relatif tenang, bisa menjadi pilihanmu untuk berenang ataupun hanya sekedar bermain-main air di tepian pantainya.

pantai-selong-belanak-lombok-3

Bisa Surfing di Pantai Selong Belanak Lombok

Sedikit berbeda dengan Pantai Mawun yang lokasinya cukup dekat dari pantai ini (sekitar 3 km jaraknya), pantai Selong Belanak relatif sedikit lebih ramai dibanding Pantai Mawun. Di sepanjang pantai ini sudah terdapat banyak warung-warung makan dan cafe-cafe kecil dimana kita bisa bersantai sembari menikmati aneka makanan dan minuman, diantaranya sate ikan yang banyak dijual disini, fresh from the ocean, yummy. Selain itu pula, karena lokasinya yang berdekatan dengan perkampungan penduduk, maka aktivitas penduduk sekitarnya yang sebagian besar adalah nelayan, dapat kita lihat disisi selatan pantai ini. Kitapun bisa menyewa perahu nelayan untuk sekedar memancing atau jalan-jalan mengitari pantai sekitarnya. Dan jika kamu memang menyukai suasana pantainya yang tenang dan damai, dan ingin berlama-lama di pantai ini, maka kamupun bisa mencari penginapan atau vila yang sudah banyak tersebar di sekitar pantai ini. Selamat menikmati pantai nan indah dan damai di Lombok Tengah !

pantai-selong-belanak-lombok-2

Tepi Pantai Selong Belanak, Lombok

– Lombok – Juni 2015 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment