Kandas, Terdampar di Gili Kapal Lombok Timur

gili-kapal-lombok-0

JEJAKLANGKAHKU – Gili kecil yang timbul tenggelam di tengah laut Lombok bagian Timur ini, dulu kabarnya sering membuat kapal-kapal kandas saat melintasinya ketika air laut sedang pasang, karena tonjolan bukit pasirnya yang tertutup air laut tersebut membuat tidak tampak mata sama sekali. Itulah mengapa gili kecil ini kemudian dikenal dengan nama Gili Kapal, jadi bukan karena bentuknya yang menyerupai kapal, tapi karena sering membuat kapal-kapal kandas.

gili-kapal-lombok-0

Gili Kapal Lombok Timur, ada yang lagi foto pre wedding…. wew !

Berkunjung ke Lombok bagian timur khususnya dalam rangkaian hopping island (tur ke pulau-pulau atau gili) di beberapa gili cantik yang ada di timur Lombok ini, diantaranya Gili Bidara, Gili Kondo (klik disini), dan Gili Petagan, maka Gili Kapal bisa menjadi salah satu tempat persinggahanmu. Starting point terdekat untuk menuju ke Gili Kapal ini adalah dari Dermaga penyebrangan di daerah Gili Lampu dimana kita harus menyewa perahu motor penduduk setempat dengan kisaran Rp 300 rb s.d Rp 500 rb, bergantung lamanya waktu kunjungan serta ramai atau tidaknya pengunjung saat itu, jadi harganya memang kudu tawar menawar ya gaes, tidak ada harga yang pasti, semuanya harus dinego dan bergantung juga dengan jumlah penumpang yang akan ikut. Jarak tempuh dengan perahu motor dari dermaga tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 15 s.d 20 menit dan kita sudah bisa sampai di Gili-Gili cantik yang ada di sekitarnya.

gili-kapal-lombok-2

View Tepi Pantai Gili Kapal Lombok Timur

Oiya, karena dari tampilannya yang sunyi sepi gitu gaes, maka dipastikan tidak ada warung atau cafe di setiap gili yang akan dikunjungi (termasuk juga di Gili Bidara, Gili Kondo (klik disini)  dan Gili Petagan). Jadi saran saya, spot Gili Kapal ini sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat sejenak sembari menikmati santap siang (jangan lupa membawa sendiri makan siang, snack, camilan dan minuman ya gaes). Dan pastinya, sangat pas banget sebagai spot untuk berfoto-foto ria, seperti yang dilakukan salah satu pengunjung saat itu, ya mereka niat banget membawa berbagai peralatan lengkap untuk foto pre wedding…wewww ! #mupeng.com wkwkkw

gili-kapal-lombok-3

Kapal kami sedang merapat di Gili Kapal Lombok Timur

Nah bisa ngapain aja di Gili Kapal ini ? kalo liat dari bentuknya yang super duper imoet itu bagaikan sebuah lapangan kecil di tengah laut, maka yang pasti bisa kita lakukan selain foto-foto tadi, adalah berenangggggg ! Yup, tepian gili nya yang berpasir putih halus dengan air bening bersih berwarna biru, pasti membuat siapapun pengen langsung nyebur. Dibeberapa sisinya yang mengarah ke bagian lautnya yang agak dalam sepertinya nampak bertebaran karang-karang dan coral yang juga bisa menjadi spot untuk snorkeling, hanya saja saat itu kami tidak sempat bersnorkeling ria disebabkan waktu yang sudah mepet menjelang sore dan masih harus berkunjung ke 2 (dua) buah Gili lainnya.

gili-kapal-lombok-4

Tepi Pantai Berpasir Putih di Gili Kapal Lombok Timur

Berdiri di tengah Gili Kapal ini sembari berputar 360 derajat, akan menyuguhkan pemandangan panorama pulau Lombok yang sangat indah, dengan view Gunung Rinjani di salah satu sisinya dan view Pulau Sumbawa di sisi lainnya. Apalagi saat itu ditambah dengan penampakan gumpalan awan hitam yang menyimpan air hujan yang nyaris turun saat kami sedang asik-asiknya menikmati keindahan Gili Kapal ini, ditambah dentuman guntur dimana-mana…. waaa rasanya gimaaana gitu, di tengah laut, di tengah gili kecil, di kelilingi lautan lepas, berasa tak berdaya, berasa kecil banget di alam raya ini, pasrah dengan kemegahan, kebesaran dan kedahsyatan alam raya ciptaanNya !

gili-kapal-lombok-1

View Gili Kapal Lombok Timur

So, ayok main ke Gili-Gili indah di belahan Lombok bagian timur, dan temukan keindahan alam lainnya, tidak hanya di sisi daratan gilinya tapi juga di bawah lautnya. Indonesia Keren !

– Lombok – Juni 2015 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment