Snorkeling di Gili Bidara Lombok Timur, Underwaternya WoW !

underwater-gili-bidara-lombok-0

JEJAKLANGKAHKU – Dalam rangkaian hopping island (jelajah pulau / gili) di Lombok Timur, maka Gili Bidara merupakan Gili ke-3 tempat kami berkunjung, setelah sebelumnya mampir di Gili Petagan dan Gili Kapal, dimana lokasi Gili ini tepat berhadap-hadapan dengan Gili Kondo. Yup ke-4 Gili ini menjadi destinasi menarik hopping island di Lombok Timur dimana Gili Bidara menyajikan pemandangan bawah laut yang super duper WoW dan sangat menawan yang bisa bikin kamu betah berlama-lama di underwaternya.

underwater-gili-bidara-lombok-0

Underwater Gili Bidara Lombok Timur

Seperti halnya dengan Gili Kapal dan Gili Kondo, maka Gili Bidara ini juga merupakan Gili tanpa penghuni. Luas Gilinya pun tidak terlampau besar dan jika kita berjalan masuk ke arah dalam pulaunya, maka akan tampak semak-semak belukar yang banyak berkeliaran tumbuh di Gili ini. Pada beberapa lokasi juga terdapat tanaman ubi yang memang sengaja ditanam para nelayan sekitar dan terkadang jika kita datangnya ditemani nelayan atau guide setempat, merekapun bisa membakar ubi tersebut di tepi pantai sebagai camilan siang atau sore hari, yummmzzz.

gili-bidara-lombok-timur

Selamat Datang di Gili Bidara Lombok Timur

Sepintas suasana di Gili ini mirip dengan beberapa gili-gili cantik lainnya yang banyak bertebaran di pulau Lombok ini. Gili dengan hamparan pasir putih nan halus hampir di semua sisi pantainya, ditambah dengan air laut tepi pantainya yang sangat bersih dan jernih, membuat semua yang ada di dasar lautnya bisa tampak dengan jelas dari atas kapal saat akan merapat ke tepi pantainya. Ini dia yang bikin gue gak sabaran untuk nyebur dan mengintip alam bawah lautnya, karena ternyata setelah sempat menjelajah bagian dalam pulau, terpampang sebuah papan bertuliskan Transplantasi Terumbu Karang yang dilaksanakan dan dilindungi oleh Karang Taruna setempat. Wow, ternyata ada proyek pengembangan terumbu karang nih gaes, dijamin pasti sangat cantik dan menarik terumbu karangnya. Jadi, ayok kita langsung cebur aja !

underwater-gili-bidara-lombok-1

Terumbu Karang di Bawah Laut Gili Bidara Lombok Timur

Spot snorkelingnya pun tidak jauh dari sisi tepi pantainya, tepatnya berada di sebelah kiri dari sebuah dermaga kecil. Meski nampak seperti dermaga tapi sepertinya tidak terawat dengan baik, bahkan kapal kamipun tidak merapat di dermaga tersebut, melainkan langsung berhenti di tepi pantai. Jadi, mulailah berenang dari tepian pantainya tersebut dan jangan lupa memakai peralatan snorkeling yang lengkap, baik snorkel maupun fin (kaki kataknya), karena arus di sekitarnya yang cukup deras maka usahakan menggunakan fin ya gaes biar lebih mudah berenangnya.

underwater-gili-bidara-lombok-2

Terumbu Karang di Bawah Laut Gili Bidara Lombok Timur

Dan, seperti yang sudah kuduga, bener kan, bawah lautnya indah banget. Sepanjang tepi pantai di kedalaman 1 hingga 3 meter ini, terpampang hamparan terumbu karang dan coral berwarna warni dengan ikan-ikan berbagai macam jenis dan warna berenang di antara terumbu karang tersebut. Sesekali nampak bintang laut biru yang sepertinya jumlahnya cukup banyak dan sangat mudah kita temui, muncul disela-sela terumbu karang dan coral tersebut. Wah pemandangan terindah di underwater Gili Lombok yang pernah kulihat, kalah deh dibanding pemandangan underwater Gili lainnya. Mungkin karena Gili Bidara ini masih terbilang sangat alami dan belum banyak dikenal wisatawan, makanya terumbu karang dan koralnya masih tampak utuh dan terawat dengan baik.

underwater-gili-bidara-lombok-4

Terumbu Karang di Bawah Laut Gili Bidara Lombok Timur

Pada beberapa titik juga bisa kita jumpai meja-meja tempat pengembangbiakan terumbu karangnya yang tertata rapi berwarna-warni di atas meja tersebut, Hmmm…jadi mirip rumah di dasar laut yang penuh dengan meja-meja terumbu karang. Silahkan diintip ya bro sis, tapi ingat, jangan sesekali dipegang, disentuh, apalagi sampai terkena kaki dan merusak terumbu tersebut karena diperlukan waktu yang sangat lama untuk mereka bisa berkembang biak dengan normal. Cukup dipandang aja dari atas permukaan laut, atau jika kamu bisa free diving, maka silahkan melihatnya dengan lebih dekat tanpa menyentuh dan mengganggunya. Dan, jangan lupa abadikan dengan kamera underwatermu karena jarang-jarang nih keindahan bawah laut yang WoW begini bisa kamu temukan di tempat lain.

Selamat berfoto underwater di Gili Bidara !

underwater-gili-bidara-lombok-3

Terumbu Karang di Bawah Laut Gili Bidara Lombok Timur

– Lombok Timur – Juni 2015 –

– My Trip My Happiness –

Comments (2)

  1. pesona lombok emang gaada habisnya!!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    http://www.whateverbackpacker.com

    • Iya gak pernah bosan bolak balik ke Lombok

Add Comment