Muhraqa, Saksi Sejarah Nabi Elia di Gunung Karmel Israel

gunung-karmel-israel-0

JEJAKLANGKAHKU – Sebuah situs sejarah yang kini menjadi tempat suci umat Kristiani di Gunung Karmel Israel adalah Muhraqa, tempat dimana dahulu Nabi Elia menantang sekitar 400-an nabi-nabi Baal untuk membuktikan siapakah Allah yang sesungguhnya bagi bangsa Israel. Situs Muhraqa ini berada tepat di puncak Gunung Karmel pada ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut dan menjadi satu rangkaian kunjungan wisata rohani holyland setelah sebelumnya mampir di situs Caesarea Maritima dan Haifa Garden yang juga masih berada dalam satu lokasi yang berdekatan.

gunung-karmel-israel-0

Gereja di Muhraqa, Gunung Karmel Israel

Jika menyimak kisah Nabi Elia dalam 1 Raja-Raja 18 (Perjanjian Lama Alkitab), diceritakan bagaimana kekuasaan Allah membuktikan diriNya melalui Nabi Elia yang saat itu menantang nabi-nabi Baal untuk mempersembahkan korban sembelihan kepada allahnya dengan cara menyuruh mereka berdoa ataupun memuja allah mereka agar mau menurunkan api ke atas korban sembelihan mereka. Namun meskipun sudah sampai berdarah-darah memohon pada allahnya, kobaran api tak kunjung datang hingga akhirnya doa dari Nabi Elia lah yang mendapat jawaban dari Allah dan menurunkan kobaran api ke korban sembelihan Nabi Elia serta membakar dan mengeringkan air maupun tempat korban sembelihan tersebut. Disinilah Allah menunjukkan kepada seluruh bangsa Israel bahwa Dialah Allah yang sesungguhnya bagi mereka.

gunung-karmel-israel-1

Muhraqa Gunung Karmel, Israel

Nah bagaimanakan suasana di sekitar Muhraqa ini ? Sekilas tempat suci ini tampak menyerupai sebuah gereja karena memang di dalam kompleks Muhraqa ini telah dibangun sebuah gereja. Halaman lokasi ini dipenuhi dengan tanaman-tanaman yang membentuk taman kecil dengan beberapa patung-patung di sekitarnya. Tampak pula meja-meja dan tempat-tempat duduk yang berbuat dari bebatuan dimana kita bisa berkumpul sembari beribadah ataupun menaikkan puji-pujian. Di sisi bagian tengah halamannya, tampak sebuah patung yang cukup besar dan tinggi yang ternyata adalah patung replika dari Nabi Elia dengan tampilan sedang menyembelih nabi-nabi baal.

gunung-karmel-israel-5

Replika Patung Nabi Elia di Muhraqa, Gunung Karmel Israel

Jika kita berjalan ke arah bagian atas melalui sebuah tangga di dekat Toko Souvenirnya, maka kitapun dapat menyaksikan keindahan Gunung Karmel dari puncak Muhraqa ini. Sepanjang mata memandang yang tampak adalah hamparan bukit-bukit nan hijau dengan sebaran rumah-rumah penduduk diantaranya. Udara di bagian puncak bangunan ini pun terasa sangat sejuk dengan hembusan anginnya yang sepoi-sepoi, menjadikan kita betah berada disini sembari berfoto-foto panorama nan indah.

gunung-karmel-israel-3

View dari atas Gunung Karmel, Israel

Oiya, satu hal yang menjadi tujuan wisata rohani kami kesini adalah beribadah dan mendengarkan Firman Tuhan yang disampaikan Pendeta Gilbert Lumoindong dari Gereja kami di GBI Glow Fellowship yang dalam rangkaian ibadah kali di Gereja di Gunung Karmel ini, sharing tentang Karakter-Karakter Seorang Kristiani, dimana Karakter ke-3 yang harus dimiliki seorang Kristiani adalah “Iman”.

gunung-karmel-israel-2

Ibadah di Gunung Karmel bersama Pdt.Gilbert Lumoindong

Nah hal terakhir yang bisa kamu lakukan disini adalah belanja aneka souvenir khas Gunung Karmel ini yang tersedia di sebuah Toko Souvenirnya yang tepat berada di samping bangunan Gerejanya. Berbagai souvenir mulai dari replika salib, magnet kulkas, baju kaos, aneka patung-patung, pajangan lilin, mug, gambar-gambar dinding dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan oleh-olehmu. Oiya, harga yang tertera kebanyakan adalah dalam US Dollar, sehingga lebih direkomendasikan membawa uang US Dollar dibanding harus menukarnya dengan mata uang Israel (Syekel). Meskipun beberapa souvenir yang sama bisa kamu dapatkan di toko-toko souvenir di Yerusalem dengan harga yang lebih murah, tapi beberapa souvenir khususnya yang bertuliskan Muhraqa atau bergambar patung Nabi Elia, hanya bisa didapatkan di tempat ini, jadi jangan sampai ketinggalan lupa membelinya ya gaes.

gunung-karmel-israel-4

Taman & Toko Souvenir di Muhraqa, Gunung Karmel Israel

Semoga kunjungan ke Muhraqa ini dapat menumbuhkan kekuatan Iman kami dan menjadikannya bagian dari karakter kami sebagai seorang Kristiani, amin.

– Holyland, Israel – Juni 2016 –

– Promiseland Journey, GBI Glow FC –

Add Comment