Dua Jam Jelajah Sungai dan Gua di Trang An, Ninh Binh Vietnam

ben-thuyen-vietnam-0

JEJAKLANGKAHKU – Menyusuri sungai Ngo Dong yang berada di propinsi Ninh Binh Vietnam selatan, rasa-rasanya seperti sedang menjelajah sisi sungai Pute di Rammang-Rammang Makassar. Bedanya adalah, suhu udaranya yang lebih dingin mencekam ditambah desiran angin yang tidak hanya cukup kencang tapi juga dingin, serta area sungainya yang sangat panjang dan luas hingga pada beberapa sisi yang kami lewati nampak tidak lagi menyerupai sungai melainkan mirip dengan danau karena ukuran dan luasnya yang semakin melebar.

ben-thuyen-vietnam-0

Trang Na – Boat Tour Vietnam

Wisata dengan tema Eco-Tourism di sebelah selatan Vietnam ini, tepatnya berjarak 125 km dari kota Hanoi dengan waktu tempuh berkisar 2,5 jam menggunakan mobil dari kota Hanoi, bisa menjadi pilihan wisatamu saat berkunjung ke Hanoi, Vietnam. Meski lokasinya cukup jauh dan pastinya akan menghabiskan waktu seharian penuh untuk berkeliling di sekitar area ini, tapi sangat recommendedlah, apalagi buat kamu pecinta alam dan tantangan, karena panorama alamnya sungguh sangat cantik, hingga akhirnya dikenal dengan julukan “a Ha Long on Land of Ninh Binh” (Ha Long merupakan salah satu kota terindah di Vietnam selatan dengan panorama pegunungan karstnya yang menyebar di Teluk Ha Long – Ha Long Bay).

Berada dalam kawasan yang dikenal dengan nama Trang An, sebuah area yang sangat terkenal dengan boat cave tournya dan telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu World Heritage Site, maka perjalanan menyusuri gua-gua yang berada disepanjang aliran sungai Ngo Dong dilakukan menggunakan sebuah boat dengan kapasitas maksimal hingga 5 (lima) orang termasuk satu orang wanita Vietnam yang akan menjadi juru dayungnya. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam (pulang pergi) dan akan total melewati sekitar 8 (delapan) buah gua di pegunungan karst-nya (diantaranya Sang Cave, Toi Cave, Ba Giot Cave, Nau Ruou, dan sebagainya), dari sekitar puluhan gua lainnya, wew banyak amat ya gua nya.

ben-thuyen-vietnam-1

Jelajah gua-gua pegunungan karst di Sungai Ngo Dong Vietnam

Karena perahunya yang tanpa mesin dan harus didayung, maka sepanjang perjalanan terasa sangat kyusuk gaes, hening sepi, hanya ditemani desiran arus sungai dan sesekali bunyi burung-burung dan binatang disepanjang aliran sungai. Enak deh, bikin pikiran rileks dan hati tenang tentram, apalagi sembari menikmati keindahan alamnya, karena sepanjang jalan, terpampang pegunungan karst dengan lekukan-lekukan vertikalnya menyerupai bukit-bukit di Raja Ampat tapi hamparannya berada tidak di sisi lautan melainkan di tepi sungai, hmmm sangat unik memang, belum pernah lihat panorama seperti ini di Indonesia.

ben-thuyen-vietnam-2

Jejalah gua-gua pegunungan karst di Sungai Ngo Dong Vietnam

Saat perahunya menyusuri dan masuk ke dalam gua, maka siap-siap menundukkan kepala ya bro sis, karena beberapa gua nya memiliki langit-langit yang sangat rendah, jadi rawan terkena benturan kepala jika tidak hati-hati. Tukang dayungnya pun pasti akan teriak saat masuk ke dalam gua, mengingatkan kita untuk tetap waspada menundukkan kepala. Di dalam gua, pastinya akan cukup gelap, apalagi jika memang guanya cukup panjang, meski sebenarnya dalam kegelapan itulah banyak ukiran-ukiran indah berupa stalagmit dan stalagnit dengan aneka bentuk dan rupanya.

ben-thuyen-vietnam-3

Gua-Gua di pegunungan karst Sungai Ngo Dong Vietnam

Keindahan alamnya tidak hanya itu ternyata, karena sungainya sendiri memiliki warna air yang sangat jernih, bening dan bersih. Mungkin karena saat itu tidak sedang musim hujan, sehingga kita bisa melihat dengan jelas hingga ke dasar sungainya yang ternyata dipenuhi dengan aneka tanaman, dan waaaa baru kali ini melihat tanaman aneh-aneh gini, warnanya hijau-hijau memanjang ke atas sungai, gimana rasanya ya kalo sempat turun dan berenang wkwkkw… geli-geli dingin kali hehehe.

ben-thuyen-vietnam-4

Underwater sungai Ngo Dong yang jernih, penuh tanaman unik

Oiya, untuk satu hari tour ke tempat ini dan ke Pagoda terbesar di Vietman – Bai Dinh Temple (setengah hari di Pagoda dan setengah hari di sungai), biaya tournya adalah 649.000 dong dengan starting point dari area Old Quarter Hanoi.

ben-thuyen-vietnam-5

Am I look like a Vietnamese ?

– Solo Traveling (day 2) – Hanoi, Vietnam – Nov 2016 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment