Sekilas Info Perjalanan Menuju Halong Bay “Raja Ampatnya” Vietnam

halong-bay-vietnam-0

JEJAKLANGKAHKU – Kalau bukan karena keindahan Halong Bay (Teluk Halong) yang sudah mendapat pengakuan dari UNESCO dan masuk menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia versi New 7 Wonders Foundation, mungkin perjalanan saya ke Vietnam tidak pernah terwujud. Halong Bay bisa dibilang “Raja Ampatnya” Vietnam (meski sebenarnya sayapun belum pernah ke Raja Ampat) tapi penampakan dan penampilannya yang menyerupai Raja Ampat semakin membuat saya penasaran untuk menjelajahinya.

halong-bay-vietnam-0

Halong Bay – Vietnam

Nah bagaimana caranya menikmati keindahan Halong Bay yang terletak kurang lebih 170 km atau sekitar 3,5 jam perjalanan menggunakan mobil dari kota Hanoi ? Pada umumnya turis yang akan berkunjung biasanya mengambil starting point dari kota Hanoi meskipun kita juga bisa menginap di kota Halong dan kemudian start menyebrang ke teluk Halongnya. Berhubung saat itu saya memang tidak berencana untuk menjelajah kota Halong, maka paket tur ke Halong Bay ini mengambil start dari kota Hanoi tempat saya menginap. Terdapat beberapa jenis paket turnya ya gaes, diantaranya one day trip (trip mengitari teluk Halong dalam satu hari perjalanan pulang pergi), 2 days trip (menginap 1 malam 2 hari di cruise/kapal) ataupun 3 days trip (menginap 2 malam 3 hari di kapal/cruise). Dengan perhitungan lama waktu perjalanan yang harus ditempuh dari Hanoi ke Halong pulang pergi sekitar 7 jam perjalanan, maka jika hanya mengambil paket one day trip, sudah pasti tidak bakalan puas bro sis. Bayangkan saja, berangkat pagi dari kota Hanoi sekitar jam 8, tiba di dermaga penyebrangan sekitar jam 11.30 siang kemudian menyebrang, makan siang di kapal dan jelajah spot wisata di teluk Halong Bay nya hingga sore hari, dimana waktunya sangat amat terbatas dan sudah harus menyebrang balik ke dermaga kemudian melanjutkan perjalanan darat pulang ke kota Hanoi dan tiba malam di Hanoi, cape deh ! Makanya biar puas maka saya putuskan mengambil paket 2 days trip, sekalian nyoba menginap di atas cruise (kenapa gak 3 days trip sekalian ? gak sanggup kaleeee…muahaaalllll rek ! wkwkwkw). Oiya, meski lama waktu tripnya sama, tapi harga tripnya bisa aja berbeda karena jenis kapalnya pun ada kelasnya, bintang satu, bintang dua, bintang 3, bintang 4 gitu deh …. kaya hotel aja hehehe. Dan, kalo kamu perginya sendirian aja kaya gue, ada tambahan biaya lagi bro sis, karena satu kamar gue pake sendiri aja dan gak bisa disharing, hiksss, yasud tabungan ngalir aja semua !

halong-bay-pier-vietnam-1

Suasana di mobil travel Golden Lotus & pemandangan bukit karst di dermaga penyebrangan ke Halong Bay Vietnam

Oiya, paket tour ini sudah saya beli sejak masih di Jakarta melalui agen travel yang cukup terkenal di Vietnam yaitu the Sinhtourist dengan cara beli online. Bisa cek di website resminya ya bro sis disini : www.thesinhtourist.vn semua paket tournya sudah lengkap di web ini tinggal sesuaikan dengan waktu dan budget kalian masing-masing. Cara pembayarannya biasanya mereka akan kirim link pembayarannya via email kita dan selanjutnya bisa kita bayar menggunakan kartu kredit. Kemudian, saat sudah tiba di Vietnam, tinggal datang ke kantor travelnya untuk konfirmasi keberangkatan dan akan diberikan bukti tanda terima paket turnya sebagai tiket saat akan dijemput oleh guide yang akan mengantar kita ke Halong Bay, mudah bukan ?

toko-souvenir-halong-bay-vietnam

Toko souvenir dalam perjalanan menuju Halong Bay, Vietnam

Untuk paket 2 days trip, maka sama dengan paket 1 day trip, start dari Hanoi menuju Halong sekitar jam 8 pagi, setelah acara jemput menjemput semua peserta tour yang berjumlah sekitar 18 orang selesai dilakukan mulai jam 7 pagi menggunakan mobil sejenis minibus dengan brand Golden Lotus, karena kebetulan paket tur yang saya beli menggunakan Cruise Golden Lotus. Perjalanan menuju kota Halong akan berhenti di tempat peristirahatan yang lengkap dengan toko souvenir dan cafenya, jadi bisa sembari belanja oleh-oleh, camilan atau ngupi-ngupi sejenak. Hanya saja sepertinya harga barang-barang souvenir di toko ini lumayan mahal dueh, mungkin karena beberapa souvenir diantaranya adalah hasil karya orang-orang cacat yang bisa kita jumpai di dalam tokonya sedang membuat barang-barang tertentu, jadi gak pa pa juga jika memang ingin menyumbang buat mereka, maka belilah barang hasil karyanya. Tapi kalau dibandingkan dengan harga disamping hotel gue yang kebetulan gelar Pasar Malam saat weekend hihihi (jadi tau deh harga dompet, gantungan kunci, baju kaos, tas, dan pernak pernik lainnya), memang lebih murah dibandingkan harga di toko ini. Jadinya cuma beli kopi ama es krim aja disini, selebihnya cuci mata aja dah !

Nah setelah mampir sekitar 20 menit di tempat peristirahatan ini maka perjalanan dilanjutkan menuju ke kota Halong dan langsung ke lokasi dermaga penyebrangannya. Saat akan memasuki dermaga inilah, sudah nampak dengan jelas bukit-bukit karst terhampar luas di sisi pantainya, wew, pemandangan yang belum pernah gue liat sebelumnya, cantik dan mempesona !

halong-bay-pier-vietnam-2

Dermaga penyebrangan & toko souvenir di Halong Bay Vietnam

Dermaga penyebrangan ke Teluk Halong ini sangatlah modern, tampilan bangunan, toko-toko dan penataan perahu, boat dan kapal-kapalnya nampak dengan jelas tertata dengan teratur dan rapi. Sepertinya pariwisata di tempat ini memang sangat mendapat perhatian penuh dari pemerintah setempat, jadi tidak heran kalau tempat ini penuh sesak dengan turis-turis asing dari berbagai belahan dunia, cuma gue aja yang tampang Asia disini, mayoritas bule semua wkwkwk (hmmm bakalan puas cuci mata dong). Oiya, jika kamu pengen beli oleh-oleh souvenir bertuliskan Halong Bay, maka saran gue belilah di toko-toko yang banyak bertebaran di dermaga ini, karena dijamin gak sempat lagi belanja saat sudah berada di Teluk Halongnya, karena memang jarang ada penjual souvenir disana. Selanjutnya, kamipun harus berkumpul di depan salah satu kapal kecil yang sudah bersandar di dermaga ini untuk menuju ke kapal Cruise yang akan kami tempati. Jadi, tidak langsung naik ke Cruisenya ya bro sis, karena semua Cruisenya tidak parkir di pinggir dermaga, melainkan di bagian sisi laut yang lebih dalam, jadi semua turis harus naik boat kecilnya dulu untuk dapat sampai ke kapal Cruise masing-masing, hanya dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk sampai ke Cruisenya. Oiya, jangan kawatir dengan bagasi, banyak koq yang bawa koper besar dan pasti dibantu sama kru kapal untuk proses naik turunnya. Klo gue sih cuma bawa 1 tas tengteng kecil, yang setengah isinya hanyalah coat wkwkwk, maklum sampe ke Halong ini saja masih dinginnya minta ampun, jadi coat dan sweater tipis masih tetap dibawa, yang ternyata sangat bermanfaat saat sudah di kapal karena anginnya juga lumayan kenceng dan dingin.

halong-bay-pier-vietnam-3

Suasana di dermaga penyebrangan Halong Bay Vietnam

Aktivitas selanjutnya adalah berlayar sodara-sodara, mari kita naik ke lantai 3 kapal Cruise ini dan menikmati perjalanan kurang lebih 30 s.d 45 menit menuju Teluk Halong Bay sembari menyaksikan keindahan panorama alamnya yang sangat mempesona.

golden-lotus-cruise-halong-bay-vietnam

Gambar atas : Golden Lotus Cruise, Halong Bay Vietnam. Gambar bawah : pemandangan sepanjang perjalanan di Halong Bay, Vietnam

– Solo Traveling (day 3) – Halong Bay, Vietnam – Nov 2016 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment