Transportasi Speedboat dari Batam ke Pulau Bintan melalui Pelabuhan Telaga Punggur

JEJAKLANGKAHKU – Saking penasarannya pengen melihat kolam renang yang katanya terbesar di Asia Tenggara dan berlokasi di Pulau Bintan, maka saat sedang berada di Batam, segala info dicari agar dapat sampai minimal 1 (satu) hari trip saja ke Pulau Bintan, dan pada akhirnya saya mendapatkan info cara cepat menuju Pulau Bintan yaitu menggunakan transportasi speedboat dari Pelabuhan Telaga Punggur, Batam.

speedboat-ke-tanjung-uban-1
Speedboat di Dermaga Telaga Punggur Batam menuju Tanjung Uban Pulau Bintan

Lokasi pelabuhan Telaga Punggur lumayan jauh dari area Sekupang di Batam, karena saat itu hotel gue berada di Sekupang maka starting pointnya adalah dari Sekupang dan menempuh perjalanan sekitar 45 menit menggunakan taksi hingga bisa tiba di dermaga pelabuhan ini. Oiya, sepertinya transportasi publik lainnya mungkin ada juga yang menuju ke pelabuhan ini, tapi berhubung saat itu saya cuma punya waktu 1 (satu) hari trip saja ke Pulau Bintan, maka sayapun memilih transportasi yang private dan cepat untuk dapat sampai ke pelabuhan Telaga Punggur. Tarif taksinya lumayan mahal gaes, sekitar Rp 150 rb sekali jalan, tapi bisa sharing cost kalo perginya rame-rame. Dan jika merencanakan trip hanya 1 (satu) hari saja, maka usahakan bisa berangkat pagi-pagi banget agar dapat mengejar jadwal speedboat pertama paling pagi, yang akan menyebrang ke Pulau Bintan, kalau gak salah waktu itu sekitar jam 7.30 pagi waktu setempat.

Nah saat tiba di pelabuhan Telaga Punggur, maka mayoritas counter tiketnya belum pada buka, kalau ada juga yang buka biasanya menjual tiket kapal untuk tujuan ke Tanjung Pinang, jadi beda destinasi ya gaes, jangan sampai salah naik kapal, karena setelah saya amati ternyata ada 2 (dua) tujuan utama kapal-kapal dari dermaga pelabuhan ini yaitu ke dermaga Tanjung Uban dan ke kota Tanjung Pinang. Keduanya sama-sama berlokasi di Pulau Bintan, hanya saja jika tujuanmu adalah akan berwisata di sekitar Lagoi (kawasan wisata kolam renang terbesar di Asia Tenggara), maka pilihkah kapal atau speedboat yang menuju ke Tanjung Uban, sedangkan jika tujuanmu adalah ke ibukota Kepulauan Riau (KEPRI) di Tanjung Pinang, maka pilihlah kapal atau speedboat dengan tujuan Tanjung Pinang, kedua dermaga pelabuhan tersebut berada di pulau yang sama, Pulau Bintan.

pelabuhan-telaga-punggur-batam-1
Suasana di dalam Pelabuhan Telaga Punggur, Batam

Karena tujuan saya akan menggunakan speedboat dengan jadwal paling pagi, dimana counter tiket-tiketnya belum pada buka, maka petugas pelabuhan langsung mengarahkan saya menuju dermaga tempat kapalnya bersandar dan menyuruh untuk langsung naik aja ke speedboatnya jika sudah siap. Lha trus beli tiketnya dimana gaes? ternyata belinya tuh pas udah di atas speedboat, pas lagi baru jalan speedboatnya, maka akan ada petugas kernet yang akan menagihmu untuk membayar tiket. Oiya, harga tiketnya Rp 40 ribu untuk sekali jalan dan tanpa diberikan berkas tiketnya ya bro sis, jadi kita gak pegang bukti tiket sama sekali, yang penting duduk manis di kursi sofa speedboatnya, kemudian bayar jika ditagih. Hmmm… itulah kebingungan pertama, kebingungan kedua adalah tidak dikasi pelampung juga bo…hahahha…mungkin karena jarak tempuhnya yang lumayan singkat, padat dan cepat ya, hanya berkisar 10 s.d 15 menit sih udah sampe di dermaga Tanjung Uban, tapi kan kudu memenuhi standar keselamatan penumpang ya gaes. Untung aja cuaca sangat bersahabat, cerah, awan biru dan ombak tenang, sehingga perjalanannya lancar dan bisa tiba dengan selamat di dermaga Tanjung Uban, Pulau Bintan.

lagoi-express-speedboat
Speedboat Lagoi Express di Dermaga Telaga Punggur, Batam

Oiya, menurut infonya, kapal-kapal dari dermaga Teluk Punggur ini berangkat setiap setengah jam sekali. Jadi sepertinya kapanpun kita ingin menyebrang ke Pulau Bintan dan sebaliknya, sangatlah dimungkinkan, tanpa perlu booking atau beli tiket kapalnya jauh-jauh hari sebelumnya. Yang perlu dicatat adalah jadwal akhir penyebrangannya saat sore atau malam hari agar bisa tetap kembali ke tempat asal dan tidak ketinggalan kapal paling akhir. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya saat kembali dari dermaga Tanjung Uban di Pulau Bintan ke dermaga Telaga Punggur di Batam, maka biasanya langsung naik ke speedboat dan membayar tiketnya saat sudah dalam perjalanan di dalam speedboat.

perlabuhan-tanjung-uban-bintan
Gambar atas : Suasana di dalam speedboat menuju Tanjung Uban. Gambar bawah : Dermaga Tanjung Uban Pulau Bintan

Let’s expore Lagoi Pulau Bintan.

– Pulau Bintan, KEPRI – November 2016 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.