Wisata Kuliner Serba Jamur di Jejamuran Yogyakarta, so yummy !

JEJAKLANGKAHKU – Hebat memang otak manusia ini ya, meski disuguhkan masakan berbentuk lumpia, siomay, sate, karedok, tongseng, bahkan sampe es dawet pun, tetep aja yang muncul dipikiran kita adalah memang makanan dan minuman tersebut dan bukannya nyadar bahwa semuanya itu terbuat dari campuran aneka jamur berbagai jenis, bentuk, warna dan citarasa khas masing-masing. Nah di restoran Jejamuran Yogyakarta inilah, berbagai aneka makanan, minuman bahkan camilan yang semuanya terbuat dari jamur-jamuran bisa menjadi pilihan unik wisata kulinermu saat traveling ke Yogyakarta.

restoran jejamuran yogyakarta 0
Semangkuk Sup Jamur di Jejamuran Yogyakarta

Lokasi restoran Jejamuran ini berada di jalan Pramuka, RT.01 / RW.20, Niron, Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan mulai buka sejak jam 9 pagi hingga 10 malam. Thanks to my boss bro Ery Punta yang sudah merekomendasikan tempat wisata kuliner ini menjadi pilihan lunch tim kami saat kunjungan ke Yogya beberapa waktu yang lalu. Dari sejumlah kurang lebih 12 orang rombongan kami yang menikmati lunch di Jejamuran ini, total biaya yang dikeluarkan hanya berkisar Rp 400 an ribu, atau rata-rata per orang sekitar Rp 35.000 dengan jumlah aneka menu makanan sharing yang lumayan banyak serta minuman buat masing-masing orang. Jadi, kalo dipikir-pikir gak mahal kan ya bro sis, harganya standarlah untuk ukuran masakan vegetarian, pake sehat pula, secara sayur-sayuran gitu loh !

restoran jejamuran yogyakarta 2
Suasana di Restoran Jejamuran Yogyakarta

Nah mau tau menu apa aja yang bisa menjadi pilihan kulinermu ? Ini dia beberapa diantaranya yang sempat kami cicipi beserta harga per porsinya : sate jamur Rp 16.000/porsi, tongseng jamur Rp 14.000/porsi, jamur bakar pedas Rp 16.000/porsi, karedok Rp 12.000/porsi, sop jamur Rp 14.000/porsi, siomay jejamuran Rp 20.000/porsi, martabak jamur Rp 14.000/porsi, es dawet jamur kuping Rp 12.000/gelas, dan sebagainya masih banyak lagi menu jamur-jamuran lainnya, tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing.

restoran jejamuran yogyakarta 1
Masakan Jejamuran : Tongseng, Martabak, Siomay & Sate Jamur

Oiya, suasana resto Jejamuran ini juga sangat nyaman dan asri, terdiri dari ruangan makan indoor (AC) ataupun outdoor (tanpa AC). Kamipun memilih meja makan di luar ruangan karena ingin menikmati sejuknya udara di sekitarnya. Penataan restonya pun terbilang rapi dan kreatif karena terdapat beberapa spot yang memang didesain untuk para tamu berfoto dan selfie ria lengkap dengan ornamen aneka jamur-jamur berbagai bentuk dan warna. Jadi kalo biasanya jalan-jalan fotonya dengan pemandangan alam, maka disini kamu bisa puas berfoto dengan jamur-jamuran hahahhaa, unik kan !

kripik jamur jejamuran yogyakarta
Aneka Kripik Jamur di Restoran Jejamuran Yogyakarta

Kalo sudah puas mencicipi masakan dan minumannya, maka kita juga bisa membeli camilannya yang terbuat dari aneka jamur yang dijual di bagian depan restorannya. Jadi ada counter tempat belanja camilan dan souvenir gitu deh gaes, sampe gantungan kunci dan baju kaos khas Jejamuran juga bisa kamu beli disini. Jenis campilan yang sempat gue beli yaitu camilan aneka kripik jamur goreng tepung yang dikemas dalam toples-toples kecil. Ada 4 (empat) jenis camilan jamurnya yaitu kripik jamur kuping (Rp 17.000/toples), kripik jamur kancing (Rp 30.000/toples), kripik jamur merang (Rp 30.000/toples) dan kripik jamur tiram (Rp 22.000/toples). Dari keempat jenis kripik tersebut, yang paling enak dan gurih rasanya ya tentunya yang harganya paling mahal ya yaitu kripik jamur tiram dan merang (ada harga ada rasa hahahaha).

restoran jejamuran yogyakarta 5
Aneka Jamur di Restoran Jejamuran Yogyakarta

Oiya selain kripik jamur, juga tersedia aneka olahan jamur kaleng, seperti rendang jamur, gulai, opor, sambel goreng, brongkos, garang asem, rendang jengkol, lodeh, botok dan sebagainya, namun berhubung gue cuma suka dan doyan ama kripiknya, jadi olahan jamurnya gak kebeli deh. Tapi buat kamu yang hobi dengan aneka masakan khas Jawa ini bisa sekalian borong sebagai oleh-oleh, karena ternyata restoran ini bekerjasama dengan para petani jamur yang ada di daerah Sleman ini, sehingga jika kita makan ataupun membeli oleh-oleh jejamuran di resto ini, maka sebenarnya kitapun ikut membantu dan mensejahterakan para petani jamurnya.

restoran jejamuran yogyakarta 3
Es Dawetnya pun ada jamurnya, yummy !

– Sleman, Yogyakarta – Januari 2017 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.