Wisata Religi ke Patung Budha Terbesar di Phuket Thailand, The Big Budha

JEJAKLANGKAHKU – Sejauh mata memandang, saat sedang menjelajah wilayah Phuket Thailand, maka pasti ada satu moment dimana kita bisa melihat sosok Sang Budha berwarna putih yang nampak megah dan kokoh berdiri di puncak bukit Nakkerd. Patung Budha yang dikenal dengan nama Big Budha ini merupakan patung Budha terbesar di bagian selatan Thailand dengan ketinggian mencapai 45 meter dan lebar sekitar 23 meter, dan kini menjadi salah satu spot wisata religi sekaligus tempat beribadah para penganut Budha baik yang berada di sekitar Thailand maupun pengunjung yang memang khusus datang beribadah ataupun memohon berkah dari Biksu yang berada dalam wihara di tempat ini.

big budha phuket thailand 0
Salah satu spot Patung-Patung di Big Budha, Phuket Thailand

Karena lokasinya yang berada di puncak bukit, maka untuk menuju ke tempat ini, selain menyewa mobil ataupun motor dengan cara mengikuti petunjuk arah yang sudah sangat jelas di setiap sudut jalannya, maka cara lainnya adalah dengan mengikuti paket tour yang banyak ditawarkan agen tour dan travel yang tersebar disemua area kota Phuket. Biasanya wisata ke Big Budha ini merupakan salah satu destinasi yang akan dikunjungi dalam satu paket wisata full day, selain ke tempat-tempat wisata lainnya di Phuket. Jadi, jika mengambil paket tour, maka biasanya mampir ke Big Budha ini sangat dibatasi waktunya ya gaes, gak bisa berlama-lama, kalo gak salah waktu kunjungan lalu saya hanya diberikan waktu sekitar 30 menit untuk menjelajah spot Big Budha ini, yang menurut saya sangat amat tidak cukup waktunya, dan seperti biasa, saya menjadi orang terakhir yang dicari-cari tour guide karena nyaris ketinggalan mobil travelnya wkwkwkw.

big budha phuket thailand 1
Patung Big Budha di puncak bukit, Phuket Thailand

Kenapa waktu 30 menit gak cukup? karena area Big Budha ini sangatlah luas bro sis. Bayangkan, saat mobil parkir dan kita turun serta mulai memasuki area Big Budha ini, maka dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke spot patung Big Budha nya yang berada di puncak bukitnya. Sebelum sampai ke puncak bukit, maka kita akan melewati wihara dimana beberapa pengunjung bisa beribadah atau berdoa ataupun sekedar memohon berkah dari Bisku yang biasanya ada di tempat itu. Belum lagi di sisi bagian bawah patung Big Budha ini, juga terdapat beberapa patung-patung Budha serta aneka souvenir yang bisa kita beli sekaligus berdonasi untuk pembangunan dan pemugaran area Big Budha ini. Ya pastinya mampir dong gaes, foto-foto ataupun sekedar berdonasi dan belajar segala sesuatunya terkait histori maupun info-info religi lainnya, dan sudah pasti waktunya habis beberapa menit di tempat ini.

big budha phuket thailand 3
Tempat beribadah di Big Budha Phuket Thailand

Setelah melewati sisi bagian bawah patung Big Budha ini, barulah kita menemukan tangga yang akan membawa kita ke sisi bagian paling puncak dari bukit ini dimana patung Big Budha berada. Jadi kudu naik anak tangga ya bro sis, lumayan tinggi juga nih, mungkin sekitar seratus anak tangga deh, sekalian olahraga hehe. Tapi jangan kuatir, saat sudah berada di puncak bukitnya, ada 2 keindahan utama yang bisa kamu dapatkan. Pertama adalah keindahan patung Sang Budha yang berwarna putih dan nampak berkilau saat terkena cahaya matahari, dan yang kedua adalah keindahan view pemandangan alam Phuket dari atas puncak bukit, dimana bisa nampak dengan jelas teluk-teluk yang mengitari kota Phuket seperti Chalong Bay, Phang Nga Bay, dan Kata Bay. Selain itu, spot puncak bukit ini juga menjadi incaran para penikmat sunset untuk mengambil foto-foto terindah mereka.

big budha phuket thailand 2
Big Budha, Phuket Thailand

Silahkan mengitari Big Budha ini untuk menikmati semua sisi keindahannya, karena sekeliling Big Budha ini juga dipenuhi dengan patung-patung dan ornamen-ornamen yang pastinya memiliki makna dan arti tersendiri. Bagian dasar Big Budha ini merupakan sebuah ruangan dimana kita bisa masuk ke dalamnya dan terdapat spot juga untuk beribadah bagi pemeluk agama Budha. Selain itu, juga banyak terdapat kotak-kotak donasi dimana kita bisa memberikan sumbangan berupa uang tunai yang langsung dimasukkan ke dalam kotak-kotak tersebut. Oiya, untuk bisa sampai ke spot Big Budha ini maka kita harus berpakaian yang sopan ya gaes, usahakan berpakaian tertutup, tidak memakai celana pendek seperti yang saya kenakan saat datang lalu dan langsung ditegur sama petugasnya dan diwajibkan memakai sarung (mirip seperti wisata di Bali atau ke candi-candi di Jawa Tengah).

big budha phuket thailand 4
View Teluk dari Puncak Bukit Big Budha

Untuk masuk ke tempat wisata ini, tidak dikenakan biaya, jadi sebenarnya biaya yang kita keluarkan adalah biaya transport atau biaya paket wisata untuk tour ke Big Budha ini. Dan satu lagi, karena letaknya di puncak bukit, maka saat kunjungan siang hari, udaranya lumayan puanasss, jadi usahakan bawa topi atau payung biar gak gosong hehe. Selamat menjelajah Big Budha, Phuket Thailand.

big budha phuket thailand 5
Di Puncak Bukit Big Budha, Phuket Thailand

– Phuket, Thailand – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.