Spot Berenang di Pantai-Pantai Cantik Pulau Phi-Phi, Krabi Thailand

JEJAKLANGKAHKU – Jika perjalanan wisatamu ke Pulau Phi Phi di Krabi Thailand cukup lama dan sempat menginap di pulau kecil nan cantik ini, maka kamu bisa memanfaatkan waktu luang selama berada di pulau ini dengan berenang ataupun sekedar berendam di tepi pantainya yang pasti bikin kamu ngiler untuk nyebur.

phi phi beach thailand 0
Tepi Pantai di Pulau Phi-Phi, Krabi Thailand

Secara umum, gambaran suasana dan kondisi tepi pantai di pulau Phi Phi ini mirip-miriplah dengan pantai-pantai pasir putih yang juga banyak bertebaran di pelosok Indonesia. Yang cukup membedakan adalah adanya tebing-tebing bukit batu yang banyak mengitari pantai-pantainya. Bahkan jika sempat mengeksplore pulau-pulau kecil yang berada di sekitar pulau Phi Phi ini, kamupun akan takjub saat menemukan pantai-pantai yang nyempil di antara bukit-bukit batu bagaikan telaga atau kolam bening di tengah lautan lepas. Hmmmm, benar-benar amazing !

phi phi beach thailand 1
Tepi Pantai di Ton Sai Bay, Phi-Phi Krabi Thailand

Nah berada dimana saja sih pantai-pantai yang bisa menjadi pilihanmu berenang saat berada di pulau Phi-Phi ? Kita mulai start dari dermaga tempat kedatangan kapal ferry ataupun speedboat, ya gaes, lokasinya berada di area Ton Sai Bay, karena sebenarnya ada beberapa dermaga di pulau Phi Phi ini, namun yang paling banyak digunakan dan paling ramai tempatnya adalah yang berlokasi di Ton Sai Bay.

phi phi beach thailand 2
Tepi Pantai di Ton Sai Bay, Phi-Phi Krabi Thailand
  1. Ton Sai Bay. Lokasi pantai di Ton Sai Bay berada tepat di sebelah kiri dermaga kedatangan kapal ferry. Posisinya di sebelah kiri dari arah kedatangan kapal yang merapat ke dermaga ini. Di sepanjang pantai di area Ton Sai Bay ini sebenarnya juga banyak hotel-hotel yang bertebaran, mulai dari hotel budget hingga berbintang 4, lengkap berjejeran di tepi pantainya. Saat melintasi area ini sayapun sempat mampir di salah satu hotel yang bentuk kamarnya bungalow dan mirip dengan bungalow yang ada di Bali ataupun Lombok, dan ternyata harganya gak mahal-mahal amat bro, kalo gak salah ingat hanya berkisar Rp 350 s.d 400 ribu per malamnya. Nah lumayan kan, lokasinya tepat berhadapan dengan pantai nan biru dan bisa langsung terjun berenang tepat di depan kamar hotel. Selain itu pula masih banyak lagi hotel-hotel lainnya hingga mentok ke lokasi bukit batu yang tepat berada di ujung teluk Ton Sai ini. Nah, saat berenang, agar diperhatikan rambu-rambunya ya, ada pembatas tali yang sudah dipatok di lokasi pantainya dimana kamu bisa berenang dan jangan melewati batas-batas tali tersebut kalo gak mau tabrakan ama kapal ataupun speedboat yang banyak lalu lalang disekitarnya. Jadi meskipun tampak pantainya berpasir putih dengan air laut yang biru nan jernih, sebenarnya tidak begitu nyaman sih karena terkadang ada genangan minyak bensin atau oli dari kapal yang lalu lalang. So, pandai-pandailah mencari spot berenang di air yang lebih bersih dan jernih, dan tentunya di tempat yang aman juga ya.

    phi phi beach thailand 3
    Ton Sai Bay, Phi-Phi Krabi Thailand
  2. Sisi sebelah kanan dermaga kedatangan di Ton Sai Bay. Jadi dari arah kedatangan kapal atau speedboad, berjalanlah ke arah kanan dermaga, lurus menyusuri tepi pantainya, dan kamu akan tiba di satu area pantai yang bersih, berpasir putih juga dan tentunya dikhususkan memang sebagai area untuk berenang, karena di sekitar sini juga banyak kapal atau speedboat yang lalu lalang, jadi kudu perhatikan rambu-rambu di pantainya. Di area tepi pantai ini banyak bertebaran café dan restoran-restoran sea food, jadi bisa sekalian kuliner juga.

    phi phi beach thailand 4
    Loh Dalum Bay, Phi-Phi Krabi Thailand
  3. Loh Dalum Bay. Lokasi tepi pantai di Pulau Phi-Phi ini berada di bagian belakang pulau. Jadi dari dermaga kedatangan di Ton Sai Bay, berjalanlah menyusuri jalan setapak dengan arah tegak lurus ke dalam pulaunya hingga tembus ke sisi pulau sebelah belakangnya. Jangan takut sepi atau gak ada jalannya, karena ternyata saat treeking lalu, jalannya pun sudah dibuat beraspal dan kondisi di sekitarnya juga sudah ramai, banyak rumah penduduk ataupun toko-toko kecil dan café-café kecil di sekitarnya. Jadi kalaupun kamu jalan sendirian, dijamin aman tentram dan damai hehehe. Nah yang unik dari pantai di Loh Dalum Bay ini adalah, meskipun berpasir putih halus juga, namun sebagian dasar pantainya bertaburkan batu-batu karang. Jadi kudu hati-hati ya gaes, kalo bisa mendingan pake alas kaki deh (sepatu khusus pantai) biar aman dari luka kena karang. Pantai disinipun cenderung surut saat siang hingga sore hari, jadi mungkin lebih baik dikunjungi pada pagi hari. Suasana di sekitarnya juga lebih sepi dibanding dua pantai sebelumnya, jadi akan sangat cocok buat kamu yang suka dengan keheningan dan ketenangan. Pantai Loh Dalum ini juga dikelilingi dengan bukit-bukit berbatu, membuat lokasi disini menjadi cukup teduh saat siang hari.
phi phi beach thailand 5
Loh Dalum Bay Beach, Phi-Phi Krabi Thailand

Itulah sekilas pantai-pantai yang bisa menghabiskan waktumu menikmati keindahan Pulau Phi Phi.

– Phi-Phi Island, Krabi Thailand – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *