Jelajah Gua Terbesar di Sung Sot Cave, Amazing Cave Halong Bay Vietnam

Amazing Cave di Halong Bay Vietnam

JEJAKLANGKAHKU – Sung Sot Cave atau juga dikenal dengan nama Surprised atau Amazing Cave, merupakan salah satu dari puluhan gua-gua unik yang berada di lokasi UNESCO World Heritage di Halong Bay Vietnam, tepatnya di pulau Bo Hon. Lokasi gua ini sebenarnya sangat dekat dengan tempat kapal-kapal pesiar bersandar saat menginap di Teluk Halong Bay ini, dan bisa nampak dengan jelas pulau berbukitnya dari kejauhan di atas kapal.

Nah saat wisata ke Halong Bay lalu, gua ini menjadi salah satu spot trekking kami beberapa saat setelah kapal kami melepas jangkar untuk persiapan menginap satu malam. Karena kapal pesiar tidak bisa mendekat ke arah pulau tempat gua ini berada disebabkan perairannya yang mulai dangkal, maka untuk menuju ke Amazing Cave ini kamipun mengandalkan kapal kecil yang memang sudah disiapkan dibelakang kapal pesiar kami untuk mengantarkan para tamu jalan-jalan mengitari sekitar kepulauan di Halong Bay ini.

Suasana di dalam Amazing Cave, Halong Bay Vietnam

Sung Sot atau Amazing Cave ini merupakan gua terbesar yang berada di lokasi UNESCO World Heritage di Halong Bay Vietnam. Luasnya berkisar kurang lebih 10.000 meter persegi dengan tinggi gua mencapai 30 meter. Lokasi guanya sendiri berada di puncak bukit sehingga saat kapal kecil kami merapat di pulau ini, maka siapkan tenaga dan nafas ya gaes, karena kamu akan menikmati trekking naik ratusan tangga hingga mencapai pintu masuk menuju gua tersebut…. dhuarrr cape deee !

Suasana di dalam Amazing Cave, Halong Bay Vietnam

Nah yang bikin gue kagum dengan gua ini adalah, selama gue berkunjung ke gua-gua sebelumnya, belum pernah melihat dan merasakan nuansa eksotisme berada di gua yang super duper besar dan luas. Waaa bagaikan masuk dalam sebuah ruangan theater dengan suasana cahaya redup-redup dan dikelilingi dinding-dinding batu berukiran aneka rupa serta pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menjulang tinggi dari atas dan dari dasar gua. Ini dia yang membedakan dengan gua-gua pada umumnya. Belum lagi panorama redup-redup ini yang diselingi dengan cahaya-cahaya aneka warna, wah lampu apaan tuh ? ternyata itu semua bukan lampu warna-warni sodara-sodara, tapi memang beneran hasil pantulan cahaya matahari yang masuk dari sisi atas gua melalui celah-celah bebatuan dan kemudian menimbulkan efek pantulan cahaya yang berwarna-warni, membuat area di dalam guanya semakin cantik. Awalnya sih gak percaya ya, kira’in memang sengaja ditaro lampu warna-warni, lha trus listriknya dari mana ya? daannn ternyata memang bukan buatan, tapi itu adalah cahaya asli fenomena pantulan sinar matahari, cantik dueh !

Suasana di dalam Amazing Cave, Halong Bay Vietnam

Satu lagi yang menarik dari gua ini adalah, bebatuan di dalamnya banyak yang menyerupai bentuk dan rupa-rupa hewan ataupun manusia. Hampir disetiap sudut guanya, sang guide pasti menjelaskan bahwa batu yang itu berbentuk mirip harimau, batu yang ini berbentuk menyerupai putri, ada juga yang mirip kura-kura, mirip mammoth, dan sebagainya. Kebayang deh kalo pas lagi jalannya sendirian, waaa serem juga kali ya, mendadak melihat binatang-binatang aneh di dalam gua ini padahal sebenarnya cuma bebatuan atau stalaknit dan stalagmit yang bentuknya mirip.

Suasana di dalam Amazing Cave, Halong Bay Vietnam

Oiya, terdapat satu spot berfoto yang menarik saat trekking mengitari gua ini ya bro sis, tepatnya spot yang berada disisi luar guanya dan mengarah ke pemandangan pulau-pulau yang ada di sekitar teluk Halong Bay. Waaaa, indah sekali view panoramanya gaes, jangan sampai kelewatan berfoto di tempat ini, meski pastinya antrinya minta ampyun dah ! kudu sabar ya, gantian fotonya ama turis-turis yang laen wkwkkw. Nah pemandangannya tuh sekilas mirip banget dengan view atol-atol yang ada di Raja Ampat, bahkan saking miripnya, mayoritas temen gue yang lihat foto gue disini, dikiranya gue lagi berada di Raja Ampat, makanya gue langsung kasi judul di fotonya “bukan Raja Ampat” hahaha.

View Halong Bay dari puncak Amazing Cave

Nah di ujung pintu keluar gua ini sebelum sampai ke kapal yang akan menjemput kita, pemandangannya juga sangat indah, dimana terdapat jembatan yang cukup panjang di tepian pulaunya, dikelilingi dengan bukit-bukit batu di sekitarnya dan ada satu counter jualan disini gaes, bisa sekalian belanja souvenir (teteup emak-emak mah, shopping jalan terus ! hahaha) dan gue sukses membeli sebuah baju kaos bertuliskan Halong Bay…. horeeee !

Tangga & Jembatan di pintu keluar Amazing Cave Vietnam

– Amazing Cave, Halong Bay – Vietnam – Desember 2016 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.