Mau berkunjung ke Stonehenge di Indonesia ? Mampirlah ke Yogyakarta !

JEJAKLANGKAHKU – Gak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk bisa merasakan suasana berada di antara bongkahan-bongkahan batu raksasa setinggi 4 meter yang berbentuk melingkar di lahan seluas 200 meter persegi, karena salah satu situs wisata sejarah tersebut sudah ada duplikatnya di Indonesia, tepatnya berdekatan dengan area Gunung Merapi di Kaliurang, Yogyakarta.

Welcome to Stonehenge, Yogyakarta

Di negara asal situs bersejarah ini, Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman perunggu dan Neolitikum. Lokasi bangunan aslinya terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire Inggris, dan berada sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Stonehenge merupakan lingkaran batu-batu tegak yang berada dalam lingkup tembok tanah. Konon kabarnya terdapat pertikaian diantara para arkeolog mengenai berapakah usia sebenarnya dari lingkaran batu tersebut. Namun demikian kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa bangunan tersebut didirikan antara tahun 3000 Sebelum Masehi hingga 2000 Sebelum Masehi (sumber : Wikipedia).

Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge berarti lingkaran. Arkeolog mendefinisikan henge sebagai tembok tanah yang berbentuk melingkar dan terdapat parit di dalamnya.

Stongehenge Yogyakarta

Nah kalo Stonehenge yang ada di Yogyakarta ini gak perlu diperdebatkan usianya deh, karena sebenarnya situs bangunan bebatuan ini memang sengaja dibangun atau dibuat menyerupai bentuk aslinya di Inggris tadi, menjadi sebuah tempat wisata yang diharapkan dapat menghidupkan dan memberdayakan Desa Kepuharjo di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta yang saat sekarang ini sudah tidak dapat ditinggali warganya lagi karena lokasi desa tersebut berada di kawasan rawan bencana meletusnya Gunung Merapi.

Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge di Yogya ini bisa menjadi spot yang menarik untuk kamu bersantai sembari merasakan suasana berada di zaman batu kali ya, dan pastinya tempat ini sangat eksotik sebagai spot foto-foto. Kamu bisa berkreasi mengambil spot foto dari berbagai sudut, karena bentuk bebatuannya yang unik dan cukup beragam bisa memberikan berbagai hasil potret yang unik bahkan bisa bikin kamu tampaknya seperti benar-benar berada di Stonehenge di negara Inggris, wew !

Stongehenge Yogyakarta

Untuk masuk ke kawasan Stonehenge ini dikenakan tarif karcis masuk seharga Rp 10 ribu per orang serta ongkos parkir kendaraan.

– Stonehenge, Sleman Yogyakarta – September 2017 –

– My Trip My Happiness –

One Reply to “Mau berkunjung ke Stonehenge di Indonesia ? Mampirlah ke Yogyakarta !”

  1. ngomong ngomong apa ga papa membuat replikanya kak ? takut nya nanti di komplain.

    emang bener sih di satu sisi bisa menghidupkan perekonomian rakyat. semoga saja bisa berjalan lancar dan masyarakat bisa merasakan nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.