Lirikan Mata Patung Pengawal Kaisar di Khai Dinh Tomb, Hue Vietnam

JEJAKLANGKAHKU – Sempat kaget juga saat melihat dengan seksama foto deretan patung pasukan pengawal di Khai Dinh Tomb, sebuah makam Kaisar di kota Hue Vietnam. Kalo diperhatikan koq ya matanya rada melirik ke arah gue ya? padahal kan aslinya semua patung pasukan pengawal tersebut menghadap dan menatap ke arah depan, lah koq yang satu ini bisa melihatnya ke samping gini ya? entah karena efek cahaya atau efek kamera, yang jelas, penampakan lirikan mata di foto ini masih bikin saya penasaran hingga saat ini.

Lirikan mata patung pengawal di Khai Dinh Tomb, Hue Vietnam

Saat berkunjung ke salah satu kota kecil di Vietnam, yaitu kota Hue, maka wisata ke bangunan-bangunan sejarah kekaisaran masa lalu di Vietnam bisa menjadi pilihan alternatif jalan-jalanmu. Terdapat beberapa makam raja-raja yang lokasinya tidak terlampau jauh satu dengan lainnya dimana kita bisa membeli tiket masuknya secara paket, dengan harga yang pastinya lebih murah dibandingkan membeli secara satuan. Jadi ceritanya wisata ke kuburan neh ? wakksss !

Khai Dinh Tomb, Hue Vietnam

Untuk mencapai lokasi makam Raja-Raja ini sepertinya agak susah jika akan menggunakan kendaraan umum, karena memang lokasinya yang agak jauh dari pusat kota dan sepertinya rada terpencil. Karena gue saat itu perginya sendirian maka sebenarnya ada 3 jenis transportasi yang paling mudah, pertama kita bisa sewa ojek seharian atau setengah harian dengan harga tertentu (biasa nya tarifnya tawar menawar ya gaes, jadi pastikan kamu bikin itinerary terlebih dahulu biar jelas arah tujuannya dan gampang nawar harganya), ataupun bisa menggunakan taksi argo (tapi di beberapa lokasi jarang yang ngetemp, jadi gampang datengnya tapi rada susah saat baliknya karena harus nunggu cukup lama), atau cara paling nyaman adalah sewa mobil private (bisa sharing cost jika rame-rame).

Khai Dinh Tomb, Hue Vietnam

Salah satu makam Kaisar yang sangat terkenal di kota Hue ini adalah Khai Dinh yang merupakan Kaisar ke XII dalam Dinasti Nguyen dimana masa pemerintahannya sangatlah singkat dari tahun 1916 s.d 1925. Kabarnya, Kaisar Khai Dinh dulunya tidak terlampau disukai rakyatnya karena ia bersekutu dengan pihak penjajah Perancis, ditambah lagi dengan kebijakannya menaikkan pajak yang uangnya digunakan untuk membangun makamnya.

Desain Interior Khai Dinh Tomb

Memasuki Khai Dinh Tomb ini maka kita akan menjumpai tangga-tangga yang akan mengantar kita ke bagian dalam makamnya dengan diawali hamparan barisan patung-patung pengawal Kaisar yang berdiri rapi di sisi kiri dan kanan, seakan-akan menyambut kedatanganmu. Lokasi makam yang berada di atas bukit ini, membuat udara disekitarnya sangat sejuk, apalagi sempat hujan deras saat bulan November lalu, jadi rasanya lumayan dingin disini. Tapi gak masalah, meski hujan melanda, kita tetep foto ya gaes, buka payung dan tongsispun beraksi hahaha.

Semakin naik ke arah atas bangunannya, kita akan menjumpai sebuah bangunan yang bagian dalamnya didesain dengan cukup rumit karena merupakan perpaduan dari berbagai gaya arsitekur. Berbagai hiasan yang terbuat dari kaca dan porselen yang dirancang dengan cukup rumit bisa kita lihat di dinding-dindingnya.Begitu pula dengan bagian langit-langit istananya yang juga dihiasi dengan sembilan naga yang rumit. Sedangkan ruang belakang istana adalah rumah bagi sebuah kuil yang berisi makam Khai Dinh, sebuah mezbah baginya dan juga sebuah patung dirinya khusus dibangun di tempat ini.

– Hue, Vietnam – Desember 2016 –

– My Trip My Happiness –

One Reply to “Lirikan Mata Patung Pengawal Kaisar di Khai Dinh Tomb, Hue Vietnam”

  1. Waaahh, gak sempat kesini waktu ke Vietnam. Huhu seru juga ya wisata kuburan raja-raja. Mungkin lebih terasa sensasinya kalo ada wisata malam hari nya ya kak…, thank you for sharing. Tinggalin jejak di blog saya juga ya kak. Maacihh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.