Burung Pelikan, Pasir Putih Nan Panjang & Laut Biru, Paduan Mempesona di Pantai Ngurtafur Kei Kecil

JEJAKLANGKAHKU – Kalo biasanya di pulau-pulau pasir atau dikenal juga dengan sebutan pulau gusung atau gosong, yang nampak hanyalah hamparan pasir putih dengan pantai nan biru mengelilinginya, maka salah satu keunikan Pantai Ngurtafur yang merupakan icon Pulau Kei Kecil di Maluku ini adalah, hamparan pasir putihnya yang nongol di atas permukaan laut bisa mencapai panjang hingga 2 km ke arah lautan lepas, alias panjang banget ya gaes, belum pernah gue liat sebelumnya selama mengelilingi berbagai pulau di Indonesia ini, jadi wajarlah kalo gue sampe bisa berdecak kagum tatkala sukses menginjakkan kaki di atas pantai ini setelah sempat terombang-ambing selama kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan perahu kecil dari tepian pantai di Pulau Kei Kecil.

Rombongan Burung Pelikan di Pantai Ngurtafur, Tual Kei Kecil

Trus tidak hanya berhenti sampe di situ aja kekaguman gue gaes, yang katanya bakal beruntung kalo bisa berjumpa dengan kawanan Burung Pelikan dari Australia itu, ternyata gue juga memang sedang sangat beruntung saat itu, karena kedatangan kami ke pantai Ngurtafur ini bagaikan tamu di siang bolong dengan sambutan hangat dari serombongan burung-burung pelikan yang ternyata sudah dari semula beterbangan di atas kami sejak saat kapal kami merapat, hanya saja kami baru sadar beberapa menit setelahnya karena keburu kagum dengan keindahan pantai pasir putihnya yang super duper panjang itu.

Dermaga tempat keberangkatan kapal kami menuju Pantai Ngurtafur

Burung-burung pelikan ini sepertinya terdiri dari berbagai ukuran bro sis, ada yang berbadan besar dan ada pula yang masih kecil-kecil. Ada yang asik beterbangan kesana kemari di atas rombongan kami yang cuma ber6, ada juga yang asik mojok di atas pasir putihnya sambil sesekali secara bersamaan dan berombongan terbang seketika dan menjadikan pemandangan yang sangat unik dan menarik untuk ditonton, karena fenomena seperti ini belum pernah gue liat sebelumnya, lha dimana lagi ada burung Pelikan yang nongol di Indonesia kalo gak dari negara asalnya di Aussie sono wkwkkw.

Pantai Ngurtafur ini menjadi salah satu destinasi favorit saat berwisata ke Pulau Kei Kecil dimana lokasi pantainya berada di Pulau Warbal dan untuk mencapainya maka kita bisa menyewa kapal dari salah satu dermaga di tepi pantai di dekat kota Tual dengan waktu tempuh sekitar 45 menit s.d 1 jam perjalanan laut, bergantung kondisi cuaca dan ombak. Saat kedatangan kami di akhir bulan Februari 2017 lalu dimana kondisinya masih lumayan sering hujan, maka yang kami alami adalah hujan-hujan kecil serta ombak yang lumayan gede saat perjalanan pergi dan pulangnya yang membuat semua yang ada di atas kapal jadi basah kuyup. So, pastikan kamu membawa tas water proof ya gaes biar bisa mengamankan barang-barang elektronik dan berharga lainnya. Oiya, kapal yang kami sewapun tidak terlampau besar, cukuplah untuk kapasitas 6 s.d 8 orang (tanpa atap) dengan harga sewa Rp 700 ribu (pp), lumayan mahal karena lumayan jauh juga jaraknya bro sis.

Pantai Ngurtafur di Tual, Kei Kecil

Trus bisa ngapain aja di pantai nan cantik ini ? Yang pasti, kalo gue wajib mengabadikan keindahannya terlebih dahulu, baik via foto, video maupun video drone (sangat disarankan memakai drone, karena view pantainya yang memanjang ini akan lebih nampak jelas, jika difoto ataupun divideo dari atas tentunya). Sayangnya saat kunjungan lalu, anginnya lumayan kencang sehingga drone gue gak sempat terbang hiksss. Setelah puas berpose ala-ala traveler, kamupun bisa langsung nyebur di tepi pantainya karena pasir putih dan airnya yang sangat bening dan nampak biru muda pasti bikin kamu mupeng untuk terjun hehe.

Pantai Ngurtafur di Tual, Kei Kecil

Nah satu hal yang perlu dicatet sebelum berangkat ke pantai ini adalah, pastikan kondisi air lautnya sedang surut ya gaes, tanyakan ke guide atau petugas pariwisata yang paham dengan kondisi alam disekitarnya sehingga kamu gak akan kecewa dan tentunya bisa menyaksikan keindahan pasir putih nan panjang ini dengan  puas. Kalo kamu perginya ikutan open trip atau tour private maka biasanya semuanya sudah diatur oleh pengelolanya, kecuali jika tripmu adalah backpacker atau semi backpacker kaya gue yang semua-muanya gue yang atur wkwkkw, jadi memang kudu lebih waspada dan terkelola dengan baik.

Inilah rombongan kami bersama Dinas Pariwisata Maluku Tenggara

So, sudah penasaran dengan Pantai Ngurtafur ? terbanglah ke Ambon dan lanjut dari Ambon menuju ke Tual di Pulau Kei Kecil, bisa dengan pesawat Wings Air ataupun Garuda Indonesia, meski semuanya rata-rata adalah pesawat baling-baling, namun dijamin kamu gak akan deg-deg’an dan bosan selama di perjalanan karena pemandangan pantai-pantai nan cantik akan menghiasi perjalananmu.

– Pantai Ngurtafur, Tual, Kei Kecil – Maret 2018 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.