Transportasi Bus Greyhound dari Gold Coast Menuju Brisbane, Australia

JEJAKLANGKAHKU – Karena jaraknya yang cukup dekat, sekitar 80 km, maka perjalanan dari kota Gold Coast ke kota Brisbane atau sebaliknya dapat dengan mudah ditempuh menggunakan transportasi darat, baik dengan mobil pribadi, bus antar kota ataupun kereta api disamping moda transportasi udara lainnya.

Saat kunjungan ke Gold Coast awal tahun 2019 lalu, gue sempat nyoba moda transportasi bus antar kotanya, yaitu menggunakan Bus Greyhound, salah satu public bus yang cukup ternama di Australia yang melayani rute antar kotanya.

Jika starting pointmu dari kota Gold Coast, maka kamu cukup datang ke stasiun tempat bus ini ngetemp, yaitu di area pusat kota Gold Coast di Surfers Paradise tepatnya beralamat di Transit Centre 10 Beach Road, Bays 8 & 9 (at back of the building). Nah kebetulan banget gue tuh nginepnya di Hostel di samping stasiun bus ini, jadinya gampang banget tinggal ngedorong koper ke gedung sebelah yang kalo diliat dari luar gak nampak nuansa stasiun bus nya tapi lebih menyerupai sebuah mall kecil. Awalnya juga ragu, hah, ini stasiun busnya? sepi amat ya, karena memang stasiunnya gak besar, hanya stasiun kecil aja yang dikelilingi café dan beberapa toko-toko kecil, ato mungkin juga karena namanya transit center jadinya memang gak terlampau besar.

Tiket Bus Greyhound dari Gold Coast ke Brisbane, Australia

Nah yang membuat gue memilih moda transportasi Bus Greyhound ini dibanding naik kereta adalah karena lebih mudah mencapai stasiun bus nya dibanding jika kamu naik kereta api, karena kamu terlebih dahulu harus pergi ke stasiun keretanya yang berada cukup jauh dari pusat kota, sehingga kalo penginapanmu berada di tengah kota, maka kamu harus naik tram dulu ke stasiun keretanya. Nah setelah naik tram dan tiba di stasiun kereta Helensvale barulah kamu berganti moda transportasi ke kereta dan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta antar kota tersebut yang akan berhenti di beberapa stasiun antara kota Gold Coast dan Brisbane, dan kamupun bisa memilih akan turun di stasiun kereta mana saat sudah tiba di Brisbane. Dari sisi harga tiketnya, hampir sama aja, harga tiket Bus Greyhound adalah 21 AUD sedangkan jika menggunakan kereta harga tiketnya juga sekitar 21 AUD, tapi ya itu kudu transfer 2x (pake Tram kemudian lanjut Kereta) dan kalo bawa koper besar ya rada repot naik turun tangga, keluar masuk stasiun, dibanding hanya satu kali ke stasiun bus. Oiya, cara beli tiket keretanya pake mesin Vending ya bro sis, gue sempat coba dan diajarin sama petugas keretanya saat sempat mampir di Stasiun Kereta Helensvale, petugas keretanya ramah dan baik banget sampe mau bela-bela’in tunjuk’in cara beli tiketnya langsung di Vending Machine hehe. Jadi untuk satu tiket menuju Brisbane dari Gold Coast ini adalah sudah termasuk tiket untuk pindah ke Tram nya, atau dari moda transportasi Tram pindah ke Kereta nya, satu tiket untuk 2 (dua) rangkaian transportasi yang sambung-menyambung ini.

Suasana di counter Bus Greyhound di Brisbane Coach Terminal Australia

Bus Greyhound punya jadwal jam-jam’an ya gaes, jadi nyaris hampir tiap jam ada jadwal keberangkatannya. Kamu bisa langsung datang ke stasiun bus nya saat on the spot dan mengecek serta membeli tiket bus nya langsung disana (bayar cash). Selain itu kamupun bisa membelinya secara online jika jadwal keberangkatanmu sudah bisa direncanakan sebelumnya. Waktu itu gue sih gak punya jadwal yang jelas, jadinya gue dateng aja sekitar 15 menit sebelum jam 2 siang, dan langsung beli tiketnya on the spot untuk keberangkatan jam 2 siang. Harga tiketnya 21 AUD dan sepertinya tanpa nomor kursi, jadi gue bisa milih yang sederet kursinya kosong, sehingga bisa duduk sendirian sa deret hehe.

Ada colokan USB nya di dalam Bus Greyhound Australia

Tampilan interior bus nya bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini. Sederet ada 4 kursi, 2 di kiri dan 2 di kanan, fasilitasnya full AC dan ada colokan USBnya di bagian kaki, jadi bisa buat nge-charge HP kita. Untuk bagasi, kita dikasi jatah 1 tas bagasi dengan berat maksimum 20 kg yang disimpan di bagian bawah bus (tempat bagasi khusus) dan jatah 1 tas tengteng yang bisa di bawa naik ke dalam bus. Bus ini gak akan berhenti selama perjalanan ya bro sis, karena mungkin perjalanannya yang tidak terlampau lama hanya berkisar 1 (satu) jam dan kita sudah tiba di stasiun bus Brisbane Coach Terminal di kota Brisbane, dan selanjutnya dari stasiun bus Brisbane Coach Terminal ini kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju penginapanmu di kota Brisbane, baik dengan menggunakan moda transportasi taksi (naik taksi ke arah pusat kota Brisbane di Upper Edward street sekitar 6,7 dollar lokasi hotel gue), lanjut dengan bus kota, ataupun pindah ke moda transportas tram/kereta yang lokasinya sebelahan dengan stasiun bus ini. Awalnya sih gue pengen lanjut naik kereta ke hotel gue tapi karena males pindah platform, jadinya gue terpaksa naik taksi dan ternyata beruntung banget gue naik taksi karena lokasi hotel gue yang berada di puncak bukit jalan rayanya jadi lebih mudah jika kita bawa koper besar. Bayangkan aja kalo gue tetep lanjut naik kereta, secara Stasiun Kereta Central yang berada deket dengan Queen street (pusat kota), lokasinya tuh berada di bagian bawah jalan, jadi kudu dorong koper menanjak untuk sampe ke jalan Upper Edward, kebayang dong gue bisa ngos-ngos’an tuh dorong-dorong koper di jalan yang menanjak wkwkw.

Welcome to Brisbane, Australia (Brisbane Coach Terminal) dan Stasiun Helensvale Gold Coast

Oiya, saat sudah tiba di Brisbane Coach Terminal maka kamu juga bisa langsung membeli tiket di counter Bus Greyhound untuk arah sebaliknya dari Brisbane ke Gold Coast jika kamu merencanakan untuk kembali lagi ke Gold Coast. Selain itu di terminal ini juga ada counter yang menjual tiket Shuttle Bus untuk menuju ke Airport Brisbane jika kamu merencanakan perjalanan selanjutnya menggunakan pesawat dari kota Brisbane, jadi kamu bisa langsung dijemput sama Shuttle Bus ini tepat di depan hotelmu menginap dan langsung diantar ke airport Brisbane. Jadwal penjemputannya pun hampir tiap jam ada, dengan harga tiket 20 dollar Australia per orang, mudah bukan ?

Welcome to Brisbane, Australia

– Gold Coast, Australia – Januari 2019 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.