Tempat Belanja Oleh-Oleh Souvenir Khas Rusia di Izmailovo Market, Moskow

JEJAKLANGKAHKU – Meski di berbagai sudut pusat turis kota Moskow banyak ditemukan aneka souvenir dan pernak pernik khas Rusia yang bisa menjadi pilihanmu berbelanja saat jalan-jalan ke Moskow Rusia, tapi kalo kamu mau puas belanja dan bisa dapat harga yang lumayan miring, maka Pasar Izmailovo yang berlokasi di timur kota Moskow bisa menjadi andalan tempat berbelanjamu.

 

Untuk dapat sampai ke Pasar Izmailovo ini maka cara paling gampang dan murah adalah menggunakan transportasi Metro Subway, tepatnya berada di jalur berwarna biru tua (bisa lihat gambar map metro subway di bawah ini). Jadi, dari manapun lokasimu berada di Moskow, carilah rute subway yang berwarna biru tua ini dan turunlah di Stasiun Partizanskaya (liat map, kotak warna pink). Selanjutnya, keluarlah dari stasiun dan berjalanlah sekitar 10 menit melintasi jalan aspal dengan disuguhi pemandangan bangunan-bangunan unik khas Rusia, hingga akhirnya, diujung jalan beraspal ini kamu akan menemukan pintu gerbang masuk (yang menurut gue lebih menyerupai theme park bermain ketimbang pasar), dimana di dalamnya sudah berderet lapak-lapak tenda yang menjajakan aneka souvenir dan pernak-pernik khas Rusia. Jadi umumnya tempat jualannya ya berbentuk lapak-lapak gitu deh gaes, mirip pasar senggol, tapi sangat bersih dan rapi.

Stasiun terdekat ke Pasar Izmailovo adalah Stasiun Partizanskaya (kotak pink), jalur biru tua
Welcome to Izmailovo Market, Moskow Rusia

Pasar Izmailovo ini buka mulai dari pagi hingga sore sekitar jam 5 sore, jadi memang kudu siangan belanjanya dan gak bisa memanfaatkan waktu malam hari. Tipsnya belanja disini adalah, cobalah untuk menawar ya bro sis, apalagi jika kalian perginya rame-rame dan akan beli souvenir yang sama dalam jumlah yang lumayan banyak, misal beli 1 (satu) macam souvenir berjumlah 3, 4 atau 6 pcs bahkan ada yang sampe mborong 1 lusin wkwkw, nah itu mah mesti nego dong, karena mereka pasti akan bisa memberikanmu diskon yang lumayan gede. Jadi tawarlah terlebih dahulu di kisaran 2/3 atau 1/2 harga, nanti mereka akan kasi harga mentoknya yang udah kaga bisa kurang lagi. Yang jelas, harga barang-barang disini jauh lebih murah dibanding yang dijual di toko-toko area turis lainnya di pusat kota.

Suasana di Pasar Izmailovo Moskow Rusia (lagi mborong Kaos Rusia)

Satu tips lagi saat belanja di pasar ini adalah, waspada copet nya ya gaes, karena gue pun sempat diwanti-wanti ama temen untuk hati-hati saat belanja di sini. Kalo bisa kalian jalannya barengan aja, jangan sampai berpisah, dan waspada sama orang-orang tua yang nampaknya ingin belanja juga, karena bisa saja mereka juga ternyata bukan turis. Saat belanja lalu gue sempat sih mengamat-ngamati orang-orang yang mencurigakan, dan memang kenyataannya ada aja yang mendekati rombongan kami, tapi trus gak belanja, nah loh, ngapain coba, memang mencurigakan, untungnya karena kami sudah tahu gelagat ini sebelumnya, jadi bisa saling memperingatkan satu dengan lainnya jika ada hal-hal yang mencurigakan di sekeliling kami. So, be waspada ya !

Aneka Souvenir di Pasar Izmailovo Moskow Rusia

Nah apa saja yang di jual di Pasar Izmailovo ini? waaaa banyak banget, mulai dari aneka pajangan boneka Matryoskha dengan berbagai bentuk rupa wajah yang tidak hanya wajah wanita tapi bahkan wajah para pemain bola dan presiden juga ada dijual di pasar ini. Selain itu, aneka souvenir lainnya seperti cermin lipat, gantungan kunci, magnet kulkas, topi bulu khas Rusia Ushanka dari berbagai jenis bahan, kain-kain syal dengan desain Rusia, aneka baju kaos desain Rusia, kerajinan, tote bag dan bahkan jika kunjunganmu saat musim dingin maka kamu bakal puas memilih topi-topi bulu, coat dan syal bulu dari bulu asli hewan maupun dari bahan sintetis, yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk pilihan topi dari bulu asli hewan tertentu, wew ! Sedangkan untuk topi atau syal bulu dari bahan sintetis harganya masih di bawah 1 jutaan, dengan kisaran sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu rupiah, bergantung pinter-pinternya nawar ya gaes. Yang jelas, umumnya penampakan para penjualnya tanpa senyum dan terkesan serius, beda banget sama orang kita. Kecuali saat kami rombongan cewe-cewe mencoba nawar baju kaos yang dijual bapak-bapak Rusia ini, eh kita malah ngebahas si bapake di depan dia, ganteng ya, coba liat matanya… biru coy, eh alisnya warna pirang bla bla bla bla, si bapake bingung sambil senyam senyum, untung aja kita jadi beli kaosnya, coba gak jadi, digebukin kali wkwkwk.

Aneka Souvenir di Pasar Izmailovo Moskow Rusia

– Izmailovo Market, Moscow Rusia – September 2018 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.