Berselimutkan Emas di Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar

JEJAKLANGKAHKU – Istana Emas Kanbawzathadi adalah sebuah istana yang berada di kota Bago, Myanmar yang saat ini merupakan rekonstruksi istana asli Kerajaan pada paruh kedua di abad ke-16. Istana emas dengan nuansa sangat indah kemilau emas ini menunjukkan kemegahan dan kekayaan kekaisaran Burma yang kedua.

Sumber Wikipedia mengungkapkan bahwa Istana ini dibangun kembali mengikuti desain aslinya berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari penggalian gambar asli bangunan. Istana aslinya dibangun untuk Raja Bayinnaung dari Dinasti Taungoo (sebuah kerajaan besar yang mencakup sebagian besar Burma, Thailand dan beberapa bagian dari Tiongkok saat ini) pada tahun 1556 yang terdiri dari 76 apartemen dan aula. Istana ini kemudian dibakar pada tahun 1599 selama konflik bersenjata. Jasad Raja ditinggalkan dan istana tidak dibangun kembali sampai akhir abad ke-20. Pekerjaan penggalian kemudian dimulai pada tahun 1990. Enam gundukan digali, mengungkapkan fondasi batu bata dari beberapa bangunan istana. Beberapa ratus pilar jati asli yang digunakan untuk pembangunan istana pada abad ke-16 ditemukan dan kebanyakan bertuliskan bahasa Mon beserta sebanyak kurang lebih 2.000 gambar Buddha.

Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar
Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar

Bayinnaung adalah salah satu penguasa terbesar Burma, Raja perkasa yang memiliki banyak gajah putih sebagai pertanda kekayaan dan kekuasaan pada waktu itu. Sang Raja bahkan mendapatkan relik gigi suci dari Sri Lanka yang telah ia pasang di Pagoda Mahazedi.

Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar
Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar

Bayinnaung membangun ibukota baru kekaisaran Burma kedua, sebuah kota besar bernama Hanthawadi (sekarang Bago) yang dikelilingi oleh tembok dengan 20 gerbang. Istana ini dibangun di atas tanah seluas 70 hektar yang terletak di pusat kota.

Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar
Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar

Nah begitulah kira-kira sejarah dari Istana Emas nan elok ini, yang menurut gue wajib kalian datangi saat berkunjung ke Bago. Istana ini sangat luas ya gaes, terdiri dari beberapa buah bangunan di samping bangunan utamanya dengan penampilan yang sangat kemilau karena nyaris di semua sudut bangunannya berlapiskan warna keemasan. Bahkan kalian bakal bisa merasakan berada di dalam rumah berlapiskan emas, hingga ke dinding-dinding dan plafon ruangannya pun berlapiskan warna keemasan, silau deh pokoke hehehe.

Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar
Kambawzathadi Golden Palace, Bago Myanmar bersama temen baru dari Yangon : Bhikkhu Panninda (kacamata)

Tidak jauh dari bagunan Istana Emas ini kalian juga bisa mengunjungi Museum nya yang memamerkan beberapa peninggalan sejarah sejak saat pertama kali tempat ini mulai direnovasi pada tahun 1990.

Kambawzathadi Palace Site Teak-Posts Museum, Bago Myanmar

– Bago, Myanmar – Desember 2017 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.