Garden Tomb Yerusalem Israel : “He is not here, for He is risen”

JEJAKLANGKAHKU – Walaupun secara tradisi, tempat penyaliban dan makam Yesus berada di lingkungan Gereja Makam Kudus (Church of the Holy Sepulchre, yang berlokasi di Kota Tua Yerusalem), namun versi lain dari lokasi makam Yesus yang kini menjadi salah satu destinasi ziarah di Yerusalem adalah pada sebuah Taman Makam (Garden Tomb) yang berlokasi di Nablous Road Yerusalem.

Pada saat kunjungan gue ke tempat ini di bulan Juni 2016 lalu, ternyata lokasi Taman Makam Yesus ini juga berada satu kompleks dengan tempat di mana diakui sebagai lokasi penyaliban Yesus yang dikenal dengan nama Bukit Golgota atau Bukit Kalvari atau Bukit Tengkorak (karena penampakan bukit Golgota ini yang memang menyerupai bentuk tengkorak manusia). Di lokasi bukit inilah dulunya diklaim sebagai tempat dimana Yesus disalibkan. Untuk melihat Bukit Golgota ini, pengunjung tidak dapat berada dekat dengan lokasi bukitnya, namun kita hanya bisa melihatnya dari kejauhan sembari mendengarkan penjelasan singkat dari petugas yang berada di lokasi tersebut.

Welcome to Garden Tomb Jerusalem, Israel
Bukit Golgota, Yerusalem Israel
Bukit Golgota, Yerusalem Israel

Setelah diawali dengan proses pengenalan akan sejarah Bukit Golgota, maka kamipun diajak menyusuri Taman Makam Yesus ini untuk menuju ke spot kubur Yesus berupa sebuah pintu kecil di tebing bebatuan yang bertuliskan “He is not here for He is risen”. Nah di dalam pintu kecil inilah kita dapat masuk secara bergantian (karena ruangan di dalamnya memang cukup kecil, sehingga untuk dapat masuk ke spot kubur Yesus ini harus dilakukan secara bergantian) dan kalian bisa melihat 2 (dua) buah liang kubur batu kosong di dalamnya.

Makam Kubur Batu di Garden Tomb, Yerusalem Israel
Makam Kubur Batu di Garden Tomb, Yerusalem Israel
Makam Kubur Batu di Garden Tomb, Yerusalem Israel

Sebagai layaknya sebuah taman, maka Taman Makam ini pun sudah dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi sangat indah dengan berbagai tanaman-tanaman anggur yang ada di sekitarnya serta juga telah disediakan kursi-kursi di dalam taman tempat dimana para pengunjung bisa beristirahat sembari menikmati dan merasakan nuansa berada di sekitar Makam Yesus. Pada beberapa sudut taman juga disiapkan tempat-tempat khusus untuk beribadah sekaligus melaksanakan Perjamuan Kudus, yang mana pada kunjungan ziarah pada umumnya, ibadah singkat diiringi puji-pujian dan diakhiri dengan Perjamuan Kudus di tanah perjanjian ini, pastinya menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan.

Suasana di Taman Makam Yerusalem Israel
Suasana di Taman Makam Yerusalem Israel
Perjamuan Kudus di Garden Tomb, Yerusalem Israel
Tempat khusus pelaksanaan Ibadah & Perjamuan Kudus di Garden Tomb, Yerusalem Israel

– Yerusalem, Israel – Juni 2016 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.