Naik Kereta KLIA Express dari Stasiun KL Sentral menuju Bandara KLIA2 Kualalumpur : Cepat, Aman, Nyaman, Praktis !

KLIA express KL Sentral 4
Tiket Kereta KLIA Express menuju Bandara KLIA2 Kualalumpur

JEJAKLANGKAHKU РCara cepat, aman, nyaman dan praktis menuju ke Bandara KLIA2 Kualalumpur jika sedang berada di kota Kualalumpur Malaysia adalah dengan menggunakan transportasi kereta api yang tersedia dari stasiun kereta KL Sentral. Stasiun kereta KL Sentral merupakan salah satu stasiun kereta besar di Kualalumpur yang menjadi pusat dari beberapa rangkaian tujuan kereta maupun bus ke daerah ataupun area-area publik penting lainnya. Nah, salah satunya adalah sebagai starting point kereta cepat (express) yang menuju ke Bandara KLIA dan KLIA2 Kualalumpur.

Berhubung saat sedang trip ke Kualalumpur ini saya memilih lokasi hotel yang sangat dekat dengan stasiun kereta KL Sentral (memang sudah direncanakan untuk nginap di sekitar stasiun ini, biar gampang kemana-mana), maka meskipun barang bawaan cukup banyak dan berat, namun sangat mudah untuk mencapai stasiun KL Sentral ini, karena fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap disini, mulai dari akses naik turun tangga untuk menuju ke stasiun KL Sentral ini yang sudah dilengkapi dengan escalator dan lift, hingga fasilitas lainnya seperti area food court, toko-toko, ATM, tempat penitipan barang, dan lain sebagainya, hampir semuanya tersedia disini.

KLIA express KL Sentral 1
Lokasi Peron Kereta Api KLIA Express di lantai ground KL Sentral

Untuk menuju ke area kereta KLIA Express ini, maka jika sudah berada di lobby utama stasiun KL Sentral, perhatikanlah rambu-rambu petunjuk di setiap sisi stasiun, karena informasinya sebenarnya sudah sangat jelas. Ikutilah arah panah yang mengarah ke loket pembelian tiket KLIA Express ini (lokasinya berada disisi sebelah kiri pintu masuk utama KL Sentral), kurang lebih berjalan kaki 50 meter, dan akhirnya kita akan tiba di area KLIA Express dimana terdapat loket pembelian tiket, counter informasi serta area untuk check in. Jadi untuk beberapa penerbangan tertentu, dimungkinkan untuk melakukan check in di stasiun KL Sentral ini. Bisa dicek dulu ya bro sis apakah pesawat yang kita tumpangi bisa melakukan check in disini, sehingga tentunya akan menjadi lebih mudah tanpa harus perlu  membawa bagasi hingga ke bandara KLIA2 karena bagasi kita pun bisa langsung di drop disini.

KLIA express KL Sentral 2
Suasana di dalam Kereta KLIA Express

Harga tiket KLIA Express saat ini adalah 35 RM (sekitar Rp 3100 x 35, nah brapa tuh) dimana tiket yang akan kita terima adalah berupa kartu (lihat gambar paling atas) yang akan di tap di reader (alat pembaca) yang ada di pintu gerbang masuk (di stasiun KL Sentral) untuk menuju ke peron kereta apinya yang terletak satu lantai di bawah (ada escalator untuk turun ke bawah). Setelah sampai ke peron, tinggal menunggu kedatangan kereta tersebut, karena sepertinya jadwal kedatangannya cukup banyak, hanya perlu menunggu beberapa menit dan kereta KLIA Express pun tiba. Naiklah dan carilah tempat duduk yang kosong, karena di kereta ini tidak ada nomor kursinya, jadi bebas duduk dimana saja. Tempat untuk bagasi juga tersedia khusus sehingga kita bisa meletakkan bagasi agar tidak terlempar ke kiri dan kanan jika kereta sudah berjalan dengan cepat. Namun, jika tempat bagasi sudah penuh, juga bisa meletakkan bagasi di samping kursi atau tempat kita berdiri sambil tetap memegang atau menahan bagasi agar tidak bergeser tempatnya dan menganggu penumpang lain.

Lama perjalanan hingga sampai ke Bandara KLIA2 berkisar 30 s.d 35 menit. Kereta ini akan berhenti sebanyak 2 (dua) kali saja (lihat gambar rute di gambar kartu paling atas), dimana pemberhentian pertama adalah di Bandara KLIA (bandara untuk penerbangan dengan pesawat tertentu, biasanya untuk pesawat non low cost carrier) dan pemberhentian ke-2 adalah di Bandara KLIA2 (bandara untuk pesawat low cost carrier, seperti Air Asia, Lion Air, dll), jadi usahakan mengecek terminal bandara yang akan kita tuju dan berhentilah di pemberhentian yang sesuai, jangan sampai kelewatan atau kecepetan turunnya ya bro sis.

KLIA express KL Sentral 3
Suasana saat tiba di Bandara KLIA2 Kualalumpur (Gate/Gerbang Tiket untuk masuk ke Bandara)

Saat tiba di terminal Bandara, maka untuk masuk ke area Bandara kita akan melewati gate masuk dimana tiket kereta (kartu) harus kita masukkan ke lubang kartu yang ada di gate nya dan kartu akan masuk ke dalam mesin gate dan palang pintu besi nya akan terbuka sehingga kita bisa masuk ke area Bandara KLIA2. Jadi tiket kartunya akan tertelan oleh mesin dan gak bisa dibawa pulang ya gaes (padahal lumayan ya buat kenang-kenangan hehe). Sangat mudah kan ya, bener-bener transportasi modern yang cepat, aman, nyaman dan sangat praktis. I loved it !

– Solo Traveler, Day 5 – Kualalumpur, Malaysia – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –