Sea Canoe di Hong Island, Krabi Thailand : Ayam Aja Bisa Bertahan Hidup, Wew !

sea canoing hong island phuket 7

Para guide sea canoe siap menjemput turis dari atas speed boat untuk jelajah Hong Island

JEJAKLANGKAHKU (Solo Traveler, Day 10) – Cerita perjalanan kali ini merupakan pengalaman Solo Traveling saya menjejakkan kaki ke 6 kota di 2 negara, dan saya mengawali cerita kali ini dengan satu pengalaman yang menurut saya sangat exciting yaitu trip Sea Canoe pada hari ke-10 di Phuket, Thailand (jadi mohon maaf ceritanya langsung ke hari-10 dan tidak diawali dari hari-1, soale mood nya sedang berpihak pada trip yang satu ini…hehe).

sea canoing hong island phuket 3

Sea Canoe di Hong Island, Krabi Thailand

Karena perjalanan saya ini merupakan solo traveling atau dengan kata lain : sorangan dewe (sendiri aje) maka untuk amannya, dalam salah satu trip yang sangat terkenal di Phuket ini yaitu James Bond trip (trip hopping island, yang salah satunya akan mampir di Pulau yang sangat terkenal karena pernah menjadi lokasi shooting film James Bond), sayapun memilih untuk ikut trip gabungan dengan beberapa turis lainnya dalam satu paket tur tersebut. Oiya, untuk memesan paket tur ini sebenarnya bisa dengan cara booking online via agen travel yang ada di Phuket, namun berhubung info dari temen yang sudah pernah ke Phuket ini (thanks to sis Betti) bahwa tidak perlu membooking paket tur secara online karena agen-agen tur sangat banyak bertebaran di sepanjang area di Phuket ini, maka sayapun mengikuti saran temen tersebut dan membeli paket tur James Bond ini saat sudah berada di Phuket. Cara memesan paketnya mudah aja, tipsnya adalah cek terlebih dahulu beberapa agen tur yang ada di pinggir jalan sekitar Patong Beach (berhubung saya nginepnya di area Patong Beach, tapi di area Phuket lainnya pun banyak agen tur tersebut), kemudian bandingkan harganya. Biasanya selisih harga antar agen tur tidak terlalu jauh berbeda, berkisar 100 s.d 200 baht per trip, sehingga jika sudah menemukan paket trip termurah dengan terlebih dahulu memastikan detail itinery nya, maka dicoba nego lagi, tawar lagi ya bro sis, biasanya masih bisa kurang 100 s.d 150 baht lagi (maklum emak-emak biasanya kudu wajib nawar wkwkwkwkw). Oiya, satu lagi tipsnya adalah, harga yang tertera di brosur yang dipajang oleh agen tur adalah harga pajangan doang, karena mereka pasti akan diskon bisa sampe 40% dari harga tersebut. Contoh, untuk paket tur James Bond ini, yang tertera di brosur agen tur adalah sekitar 2800 baht per orang, daaannn…setelah nego ternyata mereka hanya memberikan harga 1600 baht per orang (hmmmm…jauh kali pun selisihnya !!!). Semakin banyak seat yang kita beli, maka harganya pun semakin murah (bisa di nego lagi).

sea canoing hong island phuket 4

Sea Canoe di Hong Island, Krabi Thailand

Ok langsung aja ke trip nya ya bro sis, proses perjalanannya nanti saya ceritakan detail di artikel lainnya. Intinya adalah trip sea canoe ini merupakan aktivitas ke-4 dari rangkaian tur James Bond ini setelah sebelumnya mampir di beberapa spot dan pulau lainnya. Saat speed boat kami sudah berada di Koh Hong (Pulau Hong) dalam jarak sekitar 200 meter dari bukit-bukit karang yang sangat indah menghiasi dan mengelilingi pulau Hong ini, maka speed boat kemudian berhenti di tengah lautan sekitar pulau Hong tersebut dan mendadak berdatanganlah para pendayung sea canoe tersebut. Takjub juga tiba-tiba melihat mereka muncul dalam jumlah yang sangat banyak (berkaos warna pink) dan langsung mengambil posisi disekitar speed boat kami. Sepertinya mereka memang sudah disiapkan untuk menjemput para turis yang ada di speed boat maupun kapal lainnya yang juga berada disekitar kami. Setelah itu, guide kamipun memanggil turis satu persatu sesuai nomor urut masing-masing yang memang sudah ditetapkan sejak awal (jadi setiap orang akan diberikan stiker bertuliskan nomor tertentu dan ditempel di baju masing-masing), dan kemudian naik ke kano masing-masing. Berhubung saya sendirian, maka dalam 1 (satu) kano tersebut hanya saya sendirilah penumpangnya (bersama dengan guide tukang dayungnya saja). Jadi deh, setiap kali bertemu kano lainnya pada bersorak : wow… VIP VIP VIP…wkwkwkw….padahal bayarnya sama kaleeee !!!

sea canoing hong island phuket 5

Selfie di tengah gua…teteup ya !

Nah tiba saatnya kami mengitari sekitar pulau Hong ini dimana awalnya saya tidak merasa ada sesuatu yang unik di tempat ini, namun ternyata setelah beberapa menit barulah nampak bahwa ternyata pulau Hong ini sangatlah indah. Bagaimana tidak, hamparan pulau-pulau kecil berbentuk tebing-tebing tinggi berwarna kehijauan (karena ditumbuhi pepohonan disisi bagian luarnya), berjejer dengan rapi mengelilingi sisi lautan disekitar pulau Hong ini, membuat keadaan dibeberapa sisi pulau ini menjadi sangat teduh karena tebing tinggi ini mampu menahan sinar matahari. Rasanya fantastik sekali bisa duduk santai di atas kano yang hanya beberapa centimeter dari permukaan air laut, sembari memandang keindahan pulau Hong ini. Tidak hanya itu, ternyata saat kano kami dibawa masuk lebih dalam menyusuri tebing-tebing karang ini, terdapat beberapa gua-gua kecil yang pada beberapa titik bisa kami lewati (karena air laut sedang surut), namun juga terdapat beberapa gua yang tidak bisa lagi kami masuki dengan kano ini karena air laut sudah menutupi hampir tiga perempat dari ketinggian guanya sehingga tidak dapat dilalui kano lagi.

sea canoing hong island phuket 6

Menyusuri sisi gua-gua di sekitar tebing Pulau Hong

Pemandangan indah ini tidak hanya nampak dari sisi bagian luar saja, namun jika kita telusuri dinding-dinding tebing di bagian dalam pulau ini, maka akan nampak lekukan-lekukan dan ukiran-ukiran cantik di setiap sisi tebingnya yang turut menambah eksotis pulau Hong ini. Pada beberapa titik, kano saya sempat dihentikan oleh guidenya sembari menunjukkan lekukan-lekukan di dinding tebing yang menyerupai bentuk-bentuk tertentu, seperti bentuk anjing yang tergantung, serta bentuk-bentuk makhluk lainnya. Sepertinya ada cerita tertentu yang membuat guide saya sangat serius menunjukkan hal tersebut kepada saya, namun berhubung dia tidak fasih berbahasa Inggris, maka dia pun tidak bisa menjelaskan dengan detail saat saya bertanya. Hmmmm…it’s ok….nanti kita tanya mr Google hehehe. Oh iya, di salah satu sudut pulau Hong ini juga terdapat spot tebing pulau yang sangat mirip bentuknya dengan tebing yang ada di Pulau James Bond, mereka menamai tebing pulau ini sebagai Little James Bond Island…hehehe…ada-ada saja.

sea canoing hong island phuket 1

Latar Belakang adalah Little James Bond Island

Nah satu hal unik yang sempat membuat saya berpikir keras adalah adanya 2 (dua) ekor ayam (ayam hidup loh ya…) yang sempat nongol dan bertengger di salah satu tebing batu pulau ini. Wow, gimana caranya bertahan hidup ya, secara tebing batu pulau ini sangat terjal dan tinggi sekali untuk dapat mencapai puncaknya. Bahkan saya tidak melihat satu area daratan yang bisa menjadi tempat hidup ayam-ayam ini. Belum lagi jika air sedang pasang, kemana mereka akan berteduh ya ? phewww….salut deh dengan makhluk hidup darat yang bisa bertahan hidup disekitar sini.

sea canoing hong island phuket 8

Penampakan 2 (dua) ekor ayam di tebing Pulau Hong

Intinya, banyak hal yang bisa kita amati, nikmati dan lihat dalam trip sea canoe ini, jadi sangat recommended ya bro sis jika sedang trip ke Phuket, jangan lupa memilih trip yang ada sea canoing-nya meskipun warna air lautnya tidak sejernih dan sebening yang bisa ditemui di Lombok ataupun Bali, tapi keunikan dari bentuk pulau-pulaunya yang bertebing ini pasti bisa membuat kita serasa berada di Raja Ampat…hehehe. Happy Holidei & Selamat Tahun Baru…

– Hong Island, Krabi – Thailand – Desember 2015 –

– Solo Traveler, Day 10 –

– My Trip My Happiness –