Pake eMoney, belanja minuman, snack, buah-buahan hingga koran via Vending Machine, kala Travelling (part 2)

vending11
Vending Machine Newspaper (Koran) di Tokyo, Jepang

JEJAKLANGKAHKU – Setelah sukses mengoleksi berbagai bentuk dan tipe device eMoney (electronic money = uang elektronik) dalam setiap jejak langkah travellingku, maka hal penting selanjutnya adalah membuat perencanaan yang matang terkait besaran saldo uang elektronik yang akan digunakan selama jangka waktu melaksanakan traveling dengan tujuan agar bisa optimal digunakan dan tidak meninggalkan sisa saldo yang mubasir. Prioritas utama penggunaan kartu atau device eMoney tersebut tentu saja jatuh pada pembayaran moda transportasi (train, subway, bus, taxi, etc) namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai alat bayar transaksi lainnya, seperti belanja di convience store, beli minuman di vending machine, beli tiket pertunjukan, dan lain sebagainya.

vending machine 1-1
Vending Machine Snack

Meskipun tidak semua tempat bisa menerima pembayaran menggunakan smard card / device eMoney tersebut, namun pada umumnya dapat kita gunakan sebagai alat pembayaran kebutuhan sehari-hari yang erat hubungannya dalam melakukan travelling. Jika berkunjung ke negara-negara berkembang seperti Korea, Jepang, Hongkong, Singapura, dan lain sebagainya, belanja secara mandiri melalui vending machine (mesin elektronik) sudah menjadi kebiasaan warganya. Produk yang dijual pun tidak terbatas hanya minuman, coklat, permen, dan snack lainnya, tapi juga sudah berkembang ke produk-produk non makanan lainnya.

vending machine 2-1
Vending Machine Ice Cream & Minuman Botol

Nah berikut ini adalah beberapa produk kebutuhan sehari-hari yang bisa kita peroleh melalui Vending Machine di beberapa negara, dimana transaksi belanja secara mandiri melalui mesin ini dapat dilakukan dengan cara pembayaran menggunakan uang cash (uang kertas dan coin), maupun menggunakan alat bayar eMoney (smart card dan device eMoney lainnya, lihat ulasan artikel part 1).

vending machine 3-1
Vending Machine Susu Botolan & Makanan Ringan

 

  1. Minuman : ada 2 tipe mesin yang menjual minuman :
    • Vending machine yang berisi minuman dalam bentuk instant, sudah dikemas dalam botol, bisa berupa minuman dingin (yang bertanda tombol biru) maupun minuman panas (yang bertanda tombol merah)
    • Vending machine yang berisi minuman racikan, sesuai dengan pilihan menu minumannya. Bentuk minumannya berupa gelas terbuka yang akan diisi dengan cairan minuman sesuai pilihan kita (tidak dikemas dalam botol)
  2. Coklat / Permen : vending machine yang berisi pilihan berbagai jenis coklat dan permen
  3. Snack : vending machine yang berisi pilihan berbagai snack, seperti biskuit, wafer, kacang, dll
  4. Ice Cream : vending machine yang berisi pilihan ice cream dengan berbagai rasa
  5. Menu breakfast / lunch : vending machine yang berisi pilihan makanan ringan, seperti french fries, roti, humburger, dst
  6. Buah-Buahan : vending machine yang berisi pilihan berbagai buah-buahan, baik dalam bentuk utuh maupun sudah dikupas, seperti : pisang, apel, jeruk, dst
  7. Susu : vending machine yang khusus jualan susu/milk
  8. SIM Card : nah ini juga unik, beli SIM Card mobile phone bisa lewat mesin juga boo !
  9. Koran/ Majalah : wah yang ini juga unik, jarang banget saya temukan selama travelling kecuali nongol kemaren di salah satu stasiun subway di Tokyo (saingan loper koran nih…)
  10. Kebutuhan pribadi lainnya : nah kalo ini ada yg jualan kebutuhan sehari-hari selain makanan, salah satunya yang saya temukan deket kampus di Seoul, isi vending machinenya diantaranya ada kondom…. wkwkwwwkkw, semoga gak salah liat deh gue.
vending machine 4-1
Vending Machine Sim Card & Buah-Buahan

Nah jadi temen-temen, jangan pernah panik kalo sedang travelling dan bakal kehausan atau kelaparan, karena vending machine ini hampir nongol disetiap sudut jalanan dan tempat yang kita lalui. Tinggal siapkan coin-coin sisa, atau kalo gak mau repot dan mau sedikit canggih, ya gunakan eMoney sembari mencoba teknologi maju di negara-negara berkembang. Selamat Mencoba !!!

vending machine 5-1
Vending Machine Buah-Buahan & Kebutuhan Sehari-Hari

– Korea Selatan & Tokyo, 2014 –

– My Trip My Happiness –

Artikel terkait lainnya :

Pake eMoney, Solusi Mudah Cegah Tumpukan Uang Recehan saat Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.