Tempat Belanja Oleh-Oleh Camilan Kala Wisata ke Lombok

toko oleh oleh phoenix lombok 1-1
Oleh-Oleh Camilan Khas Lombok

JEJAKLANGKAHKU – Sebagai traveler sejati yang sangat mencintai keindahan pantai dan laut Indonesia, maka dalam setiap aktivitas jalan-jalan saya tidak hanya sekedar menikmati panoramanya, tapi juga selalu menyempatkan diri untuk merasakan cita rasa makanan hasil olahannya. Salah satu diantaranya adalah snack rumput laut yang banyak dijual di Lombok, dan yang paling terkenal adalah Dodol Rumput Laut produksi Phoenix Food Lombok. Dodol rumput laut ini dijual dalam berbagai rasa dan kemasan, mulai dari rasa original, nangka, pisang, tomat, durian, semangka, nanas, jagung, sirsak hingga rasa jahe dan lain sebagainya dengan kemasan standar (mulai 180 gram) hingga dalam bentuk paket (dengan berbagai rasa dalam 1 paket/kemasan). Dodol ini terbuat dari adonan rumput laut (tepung rumput laut) yang dicampur dengan berbagai macam buah untuk medapatkan rasa dan aroma khas, dan selanjutnya diproses secara modern dan higienis hingga menjadi dodol. Untuk 1 (satu) dus dodol rumput laut dalam kemasan 180 gram (berisi kurang lebih 20 potong dodol dalam kemasan plastik kecil-kecil) harganya dipatok mulai dari Rp 15.000 s.d Rp 23.000 bergantung jenis dan rasanya. Sebenarnya dodol rumput laut yang dijual di toko oleh-oleh di Lombok sangat banyak dan beragam merknya, hanya saja dari berbagai sumber kuliner yang saya peroleh, dodol rumput laut merk Phoenix inilah yang paling populer di Lombok sehingga sayapun membelinya, mencobanya dan ternyata memang enak. Selain itu pula, dodol rumput laut produksi Phoenix ini juga sudah mendapatkan penghargaan Piagam Bintang Keamanan Pangan dari Badan POM ditahun 2006 lalu (bukan promosi, tapi kenyataannya memang enak sih !). Oiya Toko Phoenix ini ada beberapa cabang dan yang saya kunjungi adalah Cabang 2 yang berlokasi di Jl. A.A Gede Ngurah Mataram, Lombok.

toko oleh oleh phoenix lombok-1
Toko Oleh-Oleh Dodol Rumpu Laut, Phoenix Lombok
toko oleh oleh lombok 2-1
Dodol Rumput Laut Aneka Rasa di Toko Phoenix Mataram Lombok
dodol rumput laut lombok 3-1
Dodol Rumput Rasa Durian di Toko Phoenix Mataram Lombok

Camilan olahan rumput laut ini tidak hanya dalam bentuk dodol tapi juga ada yang berupa manisan. Bedanya dodol dan manisan adalah dari bahan dan cita rasanya. Dodol jika dimakan akan terasa kenyal-kenyal dilidah sesuai dengan aromanya, sedangkan manisan tidak berasa kenyal tapi lebih menonjol rasa manisnya. Kalau saya sih lebih suka yang tipe dodol karena lebih enak dan unik rasanya. Dari segi harga, manisan rumput laut tidak jauh berbeda harganya dengan dodol rumput laut dengan selisih harga sekitar Rp 5.000 s.d Rp 6.000 lebih murah daripada dodol rumput laut.

manisan rumput laut lombok 1
Manisan Rumput Laut Phoenix Khas Mataram, Lombok
dodol rumput laut lombok 2-1
Dodol Rumput di Toko Phoenix Mataram Lombok
dodol rumput laut lombok 5-1
Tampilan Isi Dodol Rumput Laut Phoenix Mataram Lombok
toko oleh oleh lombok-1
Dodol Rumput Laut Aneka Rasa di Toko Phoenix Mataram Lombok

Oiya, bagi yang kurang suka dengan camilan manis, ada satu lagi camilan khas Lombok yang super uenak, yaitu Peyek Kangkung Rumput Laut. Ya iyalah, secara kangkung Lombok kualitas dan rasanya sangatlah super dan enak serta sudah terkenal hingga ke seluruh dunia, jadi wajarlah kalau olahannya pun bisa menjadi camilan gurih dan oleh-oleh bagi wisatawan. Bayangkan, sayuran kangkung dicampur dengan rumput laut, jadinya super sehat deh, secara komponen seratnya pasti sangat tinggi (abaikan minyak gorengnya ya bro sis, hehehe). Mau tau seperti apa rasanya ? Yup, rasanya sangaaaaaat gurih, belum pernah saya mencicipi jenis peyek kangkung rumput laut seperti ini, apalagi bahan dasarnya yang terbuat dari sayur kangkung dan rumput laut tersebut, dipadu dengan pedasnya cabe rawit hingga bisa berlinang air mata kala menikmatinya hahahaha. Jadi selain menikmati kangkung Lombok dalam bentuk plecing kangkung, sekarang juga bisa langsung membawa pulang oleh-oleh Peyek Kangkung-nya. Harga Peyek Kangkung ini dipatok Rp 25.000 per bungkus dengan ukuran bungkusnya seperti yang nampak di foto.

peyek kangkung lombok 2-1
Peyek Kangkung Rumput Laut khas Lombok
peyek kangkung lombok 3-1
Peyek Kangkung Rumput Laut khas Lombok
peyek kangkung lombok 4-1
Peyek Kangkung Rumput Laut khas Lombok

Peyek Kangkung Rumput Laut ini bisa dibeli di Toko Oleh-Oleh UD Amalia yang berlokasi di jalan Saleh Sungkar Ruko Graha Kebon Talo Bintaro Ampenan, Lombok.

toko amelia lombok 1-1
Toko Oleh-Oleh Peyek Kangung Amelia, Mataram Lombok
toko amelia lombok-1
Berburu Oleh-Oleh Khas Mataram Lombok di Toko Amelia

Selamat berburu camilan khas Lombok, dapet Wisatanya, dapet Kulinernya !

 

– Mataram Lombok – Juni 2015 –

– Visit Indonesia –

4 thoughts on “Tempat Belanja Oleh-Oleh Camilan Kala Wisata ke Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.