Pesona Pantai Bara Yang Bikin Semangat Membara di Tanjung Bira, Bulukumba

JEJAKLANGKAHKU – Ya, semangatku membara dalam sekejap, ketika tiba di Pantai Bara dan disuguhkan pesonanya yang cantik membara, siap menerima kehadiran kami yang sudah gerah kepanasan dan ingin segera nyebur di tepi pantai pasir putihnya yang super bening. Pantai Bara di Tanjung Bira Bulukumba pun menjadi satu-satunya pantai terindah yang melekat dalam benakku setelah 6 kali gagal menjumpai pantai cantik serupa disekitarnya akibat cuaca angin timur yang mengguncang beberapa lokasi pantai di sekitar Tanjung Bira Bulukumba saat itu.

Welcome to Pantai Bara, Tanjung Bira, Bulukumba

Jadi, jika akan berkunjung ke pantai-pantai cantik di seputaran Tanjung Bira, Bulukumba, ada baiknya kita memastikan kondisi cuaca dan angin dulu ya bro sis. Karena dari pengalaman 3 kali saya berkunjung ke lokasi ini, baru kali ini mungkin yang benar-benar tepat momentnya, di bulan Juli saat dimana kondisi cuaca dan angin di Pantai Bara ini sangatlah bagus. Tidak ada angin sama sekali, cuaca panas terik dan kondisi pantainya tenang teduh nyaris tanpa gelombang.

Berenang di Tepi Pantai Bara, berasa di Kolam Renang

Nah dimana tepatnya lokasi Pantai Bara ini? yang pasti, tempatnya bersebelahan dengan Pantai Bira di Tanjung Bira, Bulukumba, berada dalam satu garis pantai yang sama dan hanya dipisahkan oleh bukit-bukit disekitarnya. Menurut info guide kami, dalam kondisi air laut sedang surut, maka sebenarnya kita bisa berjalan kaki menyusuri tepi Pantai Bira dan dalam beberapa menit sudah bisa sampai di Pantai Bara. Hmmm namanya aja rada mirip gitu ya, kaya sodara aja Bira dan Bara hehehe. Info detail lokasinya bisa dibaca diartikel saya sebelumnya, bisa klik disini.

Hamparan Pasir Putih dan Bebatuan di Tepi Pantai Bara, Bulukumba

Trus apa menariknya pantai ini ? yang jelas, saat melihat pantai ini dari sisi atas bukit, semua ponakan gue langsung teriak bahagia, itu tuh bagaikan ngeliat kolam renang bening yang super duper luas tanpa batas. Waaaa, berlarianlah mereka semua langsung menuju tepi pantainya, buka baju, dan byurrrrr gak pake ijin, langsung nyebur. Jadi, kondisi tepi pantainya yang berpasir putih dengan kondisi pasir yang padat serta hamparan pasirnya yang lumayan luas kala air laut sedang surut, membuat sangat pas sebagai tempat bermain anak-anak.

Berikut video singkat berenang di Pantai Bara, Bulukumba :

Air lautnya juga sangat bersih dan bening, dengan warna biru muda dan menampakkan semua yang ada di dasar lautnya, bersih, tidak ada satupun batu atau karang di dasar lautnya. Jadi aman banget buat kamu berenang, anggap aja lagi berenang di kolam renang, gak ada bedanya, rasanya sama, dengan bonus gelombang ombak saja hehe. Tapi tetap harus waspada ya gaes, karena semakin jauh ke arah lautan lepas, maka kedalaman pantainya juga semakin tinggi, ditandai dengan warna air lautnya yang semakin membiru tua.

Tepi Pantai Bara, Pasir Putih cocok untuk berenang santai

Oiya, fasilitas di sekitar pantai ini juga sudah lumayan lengkap sekarang ini, selain terdapat saung-saung buat duduk santai (disewakan dengan tarif tertentu), juga sudah tersedia warung-warung kecil dimana kita bisa membeli minuman dan makanan ringan. Juga sudah tersedia kamar mandi dan kamar ganti untuk bilas setelah bermain air laut. Jadi, mendingan sesekali berenang di laut kan ? bisa sehat sembari puas menikmati keindahan alam sekitarnya.

Welcome to Pantai Bara, Bulukumba

– Pantai Bara, Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan – Juli 2017

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *