Ruins of St.Paul, sepenggal sisa keindahan bangunan bersejarah di Macau

ruins st paul macau 1

Ruins of St Paul, Macau

JEJAKLANGKAHKU – Ruins of St.Paul’s Macau adalah salah satu peninggalan Gereja Katedral terbesar di Asia pada masanya dahulu dan saat ini merupakan salah satu icon wisata di Macau. Eksotisme dari Ruins of St.Paul’s ini adalah bentuk peninggalan bangunan gerejanya yang hanya meninggalkan sisi dinding bagian depan dari bangunan gereja.

ruins st paul macau 2

Ruins of St Paul, Macau

Menurut penjelasan guide yang mengantar kami, konon Gereja Katedral ini mengalami kebakaran pada tahun 1595 dan 1601, dan kemudian dibangun kembali. Setelah bangunan gereja berdiri kembali, terjadi kebakaran lagi pada tahun 1835. Setelah beberapa kali terbakar, amazingnya, hanya bagian depan bangunan yang tersisa tidak terbakar, yang selanjutnya dijadikan salah satu icon wisata religi di Macau ini…wew. Bagian depan gereja ini dihiasi dengan ukiran yang berkaitan dengan kisah Gereja Katolik di Asia  dengan gambar-gambar naga dan kapal layar. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan Ruins of St.Paul ini sebagai warisan dunia, itu sebabnya bangunan bersejarah ini selanjutnya dijaga dan dipelihara keabadiannya oleh otoritas setempat.

ruins st paul macau 3

Suasana di sekitar Ruins of St Paul, Macau

Sejujurnya, menurut gue, nuansa dan suasana di sekitar Ruins of St.Paul ini cukup membuat bulu kuduk berdiri, apalagi kalo sempat jalan-jalan disekitar Museum dan toko-tokonya yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang seakan-akan menyimpan duka mendalam atas korban jiwa para martir Jepang dan Vietnam yang meninggal pada jaman dahulu, karena ternyata di sekitar sini juga terdapat makam mereka.

ruins st paul macau 4

Ruins of St Paul, Macau

– Macau – Desember 2014 –

– My Trip My Happiness –

Artikel Terkait :

1. The Venetian Macau, Perpaduan Casino & Keindahan Arsitektur ala Eropa

Add Comment