Mau Wisata Penuh Warna Warni ? di Taman Bunga Nusantara aja !

taman bunga nusantara puncak cipanas
Maskot Taman Bunga Nusantara Puncak

JEJAKLANGKAHKU – Tipsnya adalah, pakailah busana berwarna cerah dan rasakan nuansa menyatu dengan taman penuh bunga-bunga berwarna warni, abadikan foto-foto indahnya dengan berbagai gaya dan pose serta nikmati udara segar pegunungan di Taman Bunga Nusantara. Saking betahnya saya berkunjung ke taman bunga ini, baru kesampean nulis artikel ini setelah kunjungan yang ke-5 kalinya, wew ! Kunjungan pertama dengan temen-temen se-grup jalan-jalan, kunjungan ke-2 dengan keluarga, kunjungan ke-3 dengan temen se-gank (the three musketeers), seru karena bisa berfoto-foto narsis sembari curcol, kunjungan ke-4 dengan keluarga lagi dan terakhir kunjungan ke-5, bela-bela’in musim hujan dan berpayung ria sembari mengelilingi tamannya, dengan seorang sahabat. Lengkap sudah, katam deh ama isi taman bunga yang indah ini …  🙂

cipanas puncak wisata jakarta indonesia
Air Mancur di bagian depan Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah obyek wisata argo yang merupakan aset nasional dengan skala internasional seluas 35 hektar di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Maskot taman bunga nusantara adalah seekor angsa hitam (Cygnus attratus) yang berasal dari Australia dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, mudah beradaptasi dengan lingkungan dan berkembang biak sangat pesat meskipun berada di luar habitat aslinya. Ciri khas tersebut diharapkan dapat diterapkan Taman Bunga Nusantara untuk selalu dapat berinterakasi secara harmonis dengan masyarakat luas serta lingkungannya baik flora maupun fauna.

cipanas puncak wisata jakarta
Taman Air Mancur – Taman Bunga Nusantara

 

cipanas puncak wisata jakarta
Topiari Merak – Taman Bunga Nusantara

Secara umum, taman bunga nusantara yang luas ini dibagi atas beberapa area sesuai dengan tema dan tipe tanamannya, yaitu :

Topiari Merak :

Merupakan topiari terbesar yang ada di Taman Bunga Nusantara dimana diperlukan kurang lebih 25.000 tanaman berbunga untuk mengisi topiarinya Meraknya dan sekitar 60.000 tanaman berbunga untuk display karpetnya. Secara rutin setiap 2 atau 3 bulan sekali, bentuk dan warna bunga yang membentuk pola topiari dan karpetnya selalu diperbaharui dengan nuansa yang berbeda.

puncak cipanas wisata jakarta indonesia
Bersama sahabat – Hani Buntari di Taman Bunga Nusantara

 

cipanas puncak wisata jakarta
Taman Bunga Nusantara Puncak

 

cipanas puncak wisata jakarta
Teratai di Taman Air – Taman Bunga Nusantara

 

Taman Air :

Taman Air berisi beragam tanaman yang hidup di air, seperti Lotus, Teratai Air serta tamanan khas Amerika Selatan yaitu Teratai Raksasa Victoria Amazonica dan tanaman air menyerupai pisang, Giant Arum.

cipanas puncak bogor wisata jakarta
Replika Rumah Gadang (bersama sahabat, Giana Massie) di Taman Bunga Nusantara

 

taman bunga 2
Taman Bunga Nusantara Puncak

 

Taman Amerika :

Desain taman Amerika dibuat menyerupai Country Classic Garden dan Native Garden, dimana Country Garden merupakan replika pedesaan Amerika sedangkan Native adalah replika semak berbunga di Amerika.

cipanas puncak bogor wisata jakarta
Taman Perancis (bersama sahabat, Vinio Jubilee) di Taman Bunga Nusantara

 

Taman Perancis :

Bentuk geometris dan pangasan perdu pendek merupakan ciri khas utama Taman Perancis dimana konon katanya bentuk taman seperti ini mencerminkan penguasaan manusia terhadap alam.

Taman Bunga Nusantara puncak cipanas
Aneka Tanaman di Taman Mediterania

 

Taman Mediterania :

Di Taman Mediterania dapat ditemukan ragam tanaman gurun seperti aneka kaktus, yucca dan succulent. Selain itu, terdapat pula rumah khas Mediterania yang unik serta tatanan taman yang tampak seperti di daerah gurun.

taman bunga nusantara cipanas puncak wisata jakarta
Taman Bali – Taman Bunga Nusantara

 

Taman Bali :

Menampilkan bangunan khas Bali (Gapura), Bale Bengong serta Kul-Kul khas Bali dengan aneka tanaman tropis berbunga dan berdaun indah.

cipanas puncak wisata jakarta
Taman Palem – Taman Bunga Nusantara

 

Taman Palem :

Terdapat lebih dari 100 jenis palem dari seluruh penjuru dunia ada disini seperti : palem botol, palem phoenix, palem washingtonia robusta dan lain-lain.

taman bunga nusantara puncak cipanas wisata jakarta
Taman Jepang – Taman Bunga Nusantara

 

Taman Jepang :

Ciri khas Taman Jepang adalah suasananya yang tenang dan damai, dengan dihiasi tembok tinggi (benteng putih), kolam, pagoda atau gazebo serta tanaman yang dipola dan dipangkas rapi.

cipanas puncak wisata jakarta indonesia
Bersama Bunga Matahari – Taman Bunga Nusantara

 

 

cipanas puncak wisata jakarta
Rumah Kaca – Taman Bunga Nusantara

 

Rumah Kaca :

Rumah Kaca dengan luas 2.000 m2 dibangun oleh tenaga ahi Belanda pada tahun 1994 dengan jumlah panel kaca sebanyak 3.000 unit dan berisi beragam tanaman tropi dan bunga berwarna warni.

cipanas puncak jakarta wisata
Danau Angsa – Taman Bunga Nusantara

 

cipanas puncak wisata jakarta bogor
Tempat Berteduh di Danau Angsa – Taman Bunga Nusantara

 

Danau Angsa :

Danau buatan yang berisi beragam unggas unik seperti Mute Swan (angsa putih), Black Swan (pelambang cinta abadi), Black Necked Swan serta ikan-ikan yang hidup didalamnya.

puncak cipanas jakarta wisata
Selfie di depan Rumah Gadang (teteup ya) – Taman Bunga Nusantara

 

cipanas puncak wisata jakarta indonesia
Taman Labyrinth – Taman Bunga Nusantara

 

Taman Labyrinth :

Taman yang didesain untuk memecahkan masalah misteri jalan tak berujung dengan luas 1 hektar.

cipanas puncak wisata jakarta
Fasilitas Bus & Cafe di Taman Bunga Nusantara

 

Alam Imajinasi :

Wahana bermain keluarga seperti Bom Bom Boat, Super Go-Kart, Kereta Mini, Kolam Pancing, Bom Bom Kart dan sebagainya.

cipanas puncak wisata jakarta
Cafe di Taman Bunga Nusantara

 

cipanas puncak wisata jakarta indonesia
Cafe-Cafe di Taman Bunga Matahari

 

Nah itulah kira-kira gambaran utama area yang ada di Taman Bunga Nusantara ini. Sebelum pulang, kita juga bisa membeli souvenir yang ada dijual di toko souvenirnya dekat dengan pintu masuk, seperti kaos, gantungan kunci, payung serta pernak pernik lainnya. Tipsnya jika berkunjung ke sini diantaranya adalah hindari musim hujan karena tidak bisa menikmati tamannya dengan puas (kondisi tanah becek, berkabut, dst). Jika membawa rombongan dan berencana lunch disini, tersedia cafe-cafe dimana kita dapat memesan makanan, sedangkan membawa bekal untuk digelar tikar dan makan bersama di area taman adalah dilarang dengan pertimbangan area taman bunga nusantara ini haruslah bersih dan bebas dari sampah-sampah. Jika membawa bekal makanan, bisa makan terlebih dahulu sebelum masuk ke taman bunganya. Selain itu, upayakan berangkat pagi-pagi banget, karena biasanya rute menuju taman bunga melalui puncak ini selalu macet apalagi jika berkunjung pada saat weekend, sehingga jika datangnya sudah siang maka tidak akan puas mengelilinginya karena jam operasional taman bunga hanya maksimal paling lama tutup di jam 17.30 WIB (weekend).

cipanas puncak wisata jakarta indonesia
Souvenir Gantungan Kunci Taman Bunga Nusantara

 

“Flowers are like friends, they bring color to your world”

– Puncak, Cipanas – Februari 2015 –

– Visit Indonesia –

Artikel terkait lainnya :

1. Nginep di Puncak, ada Taman Safari Mini nya !

2. Tau Gak Kalau Bisa Trekking di Taman Safari Puncak? Olahraga Biar Sehat

3 thoughts on “Mau Wisata Penuh Warna Warni ? di Taman Bunga Nusantara aja !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.