Berendam Air Panas Alami di Kolam Renang atau Sekedar Rendam Kaki di Sari Ater, Ciater (part 1)

kolam renang air panas sari ater 0

Kolam Rendam Air Panas Sari Ater Ciater, Subang

JEJAKLANGKAHKU – Letaknya di ketinggian 1200 dpl, membuat tempat wisata air panas alami di Ciater, Subang ini menjadi sangat sejuk sehingga aktivitas berendam di dalam kolam air panas alami pun menjadi sangat menarik untuk dinikmati. Permandian air panas Sari Ater menyediakan semua fasilitas untuk merasakan percikan air panas alami yang langsung mengalir dari sumber air panasnya menuju ke tempat-tempat penampungan yang sudah didesain sedemikian rupa, sehingga pengunjung bebas memilih dengan cara bagaimana mereka akan menikmati kehangatan air panas tersebut.

kolam rendam sari ater 2

Kolam Rendam Air Panas Sari Ater Ciater, Subang

Lokasi Sari Ater terletak kurang lebih 32 km dari kota Bandung dan bisa dicapai baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (start angkot dari terminal Ledeng, rute Lembang РSubang) dengan waktu tempuh berkisar 30 menit dari Bandung jika dalam kondisi lancar. Manjakan mata anda dengan pemandangan indah sepanjang jalan menuju Ciater ini dimana jejeran hamparan kebun teh hijau serta pepohonan hijau memenuhi bukit-bukit disekitarnya. Jika mempunyai waktu lebih, anda juga bisa sekalian mampir di lokasi wisata Kawah Tangkuban Perahu yang pastinya akan dilewati saat menuju ke Ciater (berjarak sekitar 7 km dari Ciater).

kolam rendam sari ater 1

Kolam Rendam Air Panas Sari Ater Ciater, Subang

Sesuai dengan tema wisatanya, permandian air panas, maka wisata utama disini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan air khususnya air panas alami yang bersumber langsung dari alam disekitarnya. Dari hasil pengamatan saya, terdapat beberapa cara untuk menikmati percikan air panas disini. Pertama, adalah dengan berendam atau berenang di kolam renang yang dibuat khusus layaknya kolam renang biasa. Kedua, berendam atau menikmati percikan air panas di air terjun alam (curug) yang berada dalam kawasan Sari Ater ini (ada beberapa curug di kawasan ini) serta di aliran sungai curugnya. Ketiga, jika tidak kuat berendam seluruh tubuh di air panasnya, juga bisa hanya berendam kaki saja di kolam-kolam yang tersedia khusus untuk rendaman kaki. Nah, mudahkan? pilihlah metode berendamnya sesuai kenyamanan kita.

kolam rendam sari ater 3

Kolam Rendam Air Panas Sari Ater Ciater, Subang

Apa sih kelebihan berendam di air panas alami ini dibanding dengan di kolam renang umumnya? Kandungan zat belerang serta beberapa komposisi zat lainnya dalam air panas ini, memberikan manfaat bagi tubuh kita, diantaranya :

  1. Mengeluarkan Racun : berendam di air panas akan membuka pori-pori tubuh dan membantu mengeluarkan racun/toksin.
  2. Menghilangkan Stress : berendam di air panas sembari menikmati keindahan dan suasana alam sekitarnya konon kabarnya dapat menghilangkan derita stress.
  3. Mengobati penyakit kulit tertentu karena adanya kandungan zat belerang yang berfungsi sebagai antiseptik.
  4. Membantu mengobati Flu dan Sakit Kepala.
  5. Membantu mengobati insomnia (kesulitan tidur).
  6. Memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.
  7. Mengobati jerawat.
  8. Meringankan keluhan penyakit tulang seperti rematik, sakit di pergelangan tangan dan kaki.
  9. Membantu menjaga kesegaran sendi dan otot, meningkatkan vitalitas dan menghilangkan pegal-pegal.

Wiuh banyak sekali ternyata manfaatnya. Coba lokasinya deket rumah, pastinya bisa kesana 3x seminggu hehe.

kolam rendam sari ater 4

Kolam Rendam Kaki Air Panas Sari Ater Ciater, Subang

Sudah terbayang gak bagaimana rasanya berendam di air panas ini? Cara paling mudah adalah di kolam rendam kaki, karena cukup dengan duduk ditepian kolamnya, turunkan kaki ke dalam kolam dan rasakan panas air kolam meresap kedalam kaki kita mulai dari ujung jari kaki menjalar naik hingga ke betis, maknyuss. Sedangkan jika ingin menikmatinya di dalam kolam renang, kudu pelan-pelan ya gaes, biar badan tidak kaget dengan panasnya. Jadi, pertama-tama duduk dulu di tepian kolamnya, turunkan kaki terlebih dahulu, biasakan terlebih dahulu seluruh bagian kaki dengan rasa panas airnya. Kalo kaki sudah bisa menerima rasa panas airnya, baru perlahan-lahan turunkan badan ke dalam kolamnya. Biasanya diawali dengan posisi berdiri dahulu hingga tubuh bisa menerima panas air sampai ke pinggang. Nah bagian yang paling sulit adalah ketika bagian tubuh atas yang akan masuk ke dalam air panasnya, rasanya gimana gitu…apalagi saat punggung yang perlahan-lahan mulai terkena air panasnya…waaaaa…berasa nyut-nyut. Sejauh mata saya memandang, tidak ada seorangpun yang mampu berlama-lama berendam sekujur tubuh di kolam air panas ini, saking panasnya kali. Kisaran suhu air panasnya bervariasi mulai dari sekitar 38 s.d 42 derajat Celcius. Oiya, usahakan baca semua aturan sebelum berendam ke dalam kolamnya, karena hal ini terkait dengan kondisi kesehatan juga. Sesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan anda agar bisa nyaman menikmati air panas alami ini dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

kolam rendam sari ater 5

Kolam Rendam Kaki Air Panas, Sari Ater Ciater, Subang

FYI, harga tiket masuk kala week end per orang Rp 30.000 dan karcis parkir mobilnya Rp 25.000 per mobil. Jika ingin berendam air panas di area kolam renang maka akan dikenakan tiket masuk lagi dengan harga bervarasi sekitar Rp 10.000 s.d Rp 20.000 per orang, tergantung tipe kolam renangnya.

– Sari Ater, Ciater – Subang – April 2015 –

– Visit Indonesia –

Artikel Terkait :

Berendam Air Panas Alami di Curug & Sungai di Sari Ater Ciater

Add Comment