Sekolah dengan Sejuta Cerita & Kenangan, SD Laskar Pelangi – Belitung Timur

sd laskar pelangi belitung 8

SD Laskar Pelangi, Belitung Timur

JEJAKLANGKAHKU – Sebuah sekolah dasar dengan sejuta cerita dan kenangan didalamnya, menjadi sangat terkenal di desa Gantung Belitung Timur dan bahkan hingga kini mampu menarik banyak wisatawan untuk datang dan mengenang cerita Laskar Pelangi dibalik semua itu. Yup, SD Laskar Pelangi inilah yang merupakan replika dari SD Muhammadiyah yang sebenarnya merupakan sekolah dasar yang diceritakan dalam kisah Laskar Pelangi.

SD Laskar Pelangi ini khusus dibangun disuatu lokasi tertentu untuk mengenang cerita Laskar Pelangi tersebut, karena jika ditelusuri tempat keberadaan SD Muhammadiyah yang sebenarnya adalah berada di tempat yang berbeda, yang menurut informasi setempat, lokasi sebenarnya berada di tepi pantai. Namun demikian, meskipun replikas SD Muhammadiyah ini tidak berada di tepi pantai, melainkan berada sedikit menjorok ke atas bukit, namun dikelilingi dengan pasir putih yang mirip dengan pasir pantai, jadi serasa di pantai deh.

sd laskar pelangi belitung a

Tampak depan & ruangan kelas SD Laskar Pelangi Belitung

Secara umum, tampilan SD Laskar Pelangi ini tidak ada bedanya dengan sekolah-sekolah dasar pada umumnya, khususnya sekolah dasar yang berada di pinggiran kota, mengingat bangunan sekolah dasar ini hanya terbuat dari kayu-kayu dimana pada beberapa titik, kayunya sudah berlubang dan bahkan tampak mulai rapuh. Pada sisi sebelah kanan malahan terdapat 2 (dua) balok kayu besar yang sepertinya sengaja dipasang untuk menopang bangunan SD ini agar tidak roboh. Ya, namanya juga replika sejarah, wajar saja jika memang demikian adanya.

sd laskar pelangi belitung b

Ruangan kelas & sisi samping SD Laskar Pelangi Belitung

Tampilan bagian dalam sekolah dasar ini seperti pada gambar di atas, nampak ruangan kelasnya dipenuhi perabotan kursi, meja dan lemari yang semuanya terbuat dari kayu. Di dalam ruangan kelas inilah dulunya pernah menjadi tempat shooting film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, yang saat ini masih menjadi spot menarik untuk berfoto bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

sd laskar pelangi belitung 3

SD Laskar Pelangi, Belitung Timur

– Desa Gantung, Belitung Timur – Mei 2014 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment