Keindahan Warisan Dunia di Bukit Carmel, Taman Bahai Haifa – Israel

haifa garden israel 1

JEJAKLANGKAHKU – Mau lihat view keindahan Israel ? mampirlah di kota ke-3 terbesar di Israel setelah Tel Aviv dan Yerusalem yaitu kota Haifa yang berjarak sekitar 91 km dari kota Tel Aviv. Yup, pemandangan paling cantik di seantero Israel ini memang sangat terkenal dari spot di kaki gunung Carmel pada ketinggian 400 m dari atas permukaan laut karena di sinilah terdapat suatu Taman indah yang dikenal dengan nama Baha’i Garden atau Taman Bahai, Haifa.

haifa garden israel 1

Taman Baha’i Haifa, Israel

haifa garden israel 3

Taman Baha’i Haifa, Israel

Jika menilik lebih jauh ke arah bagian dalam Taman ini maka akan nampak sebuah bangunan kuil berkubah emas yang merupakan makam Nabi Herald dalam agama Bahai. Jadi selain agama Yahudi, Kristen dan Islam, maka di kota Haifa ini juga banyak pemeluk agama Bahai yang mulai tersebar di kota ini pada awal abad 19 oleh pendirinya, Bahaullah. Spot ini pada awalnya merupakan sebuah taman gantung dengan desain yang unik, yaitu kombinasi dari bentuk geometrik yang tertata rapi dengan lanskap alami dan bernilai sejarah dengan 19 tingkatan dimana setiap tingkat dari taman ini memiliki desain yang unik. Taman Bahai ini juga masuk dalam daftar warisan dunia Unesco, sebagai bentuk pengakuan atas nilai universalnya yang luar biasa  sebagai tempat suci dan tempat berziarah bagi para penganut Bahai.

haifa garden israel 2

Taman Baha’i Haifa, Israel

Menurut kepercayaan Bahai, setiap agama memiliki utusan Tuhan masing-masing, Nabi Musa, Buddha, Nabi Isa dan Nabi Muhammad, serta Baha’u’llah adalah utusan Tuhan namun tentu saja berasal dari Tuhan yang sama. Agama-agama ini memiliki perbedaan, namun ini muncul hanya karena perbedaan budaya dan zaman saat agama-agama ini diturunkan. Selain itu pula, pada dasarnya semua agama mempunyai inti yang sama, nilai-nilai seperti kejujuran, kasih sayang, kerendahan hati, serta rasa syukur dan kesabaran merupakan landasan agama Bahai ini selain juga memaklumkan kesamaan semua ras, mengupayakan perdamaian serta persatuan semua agama.

haifa garden israel 5

Taman Baha’i Haifa, Israel

Nah jika sudah berada di atas bukit Carmel ini maka sempatkanlah melayangkan pandangan ke seluruh penjuru taman dan view kota Haifa beserta pelabuhan dan laut Mediteranianya yang memukau. Tidak hanya keindahan bunga-bunga dan rerumputan yang bisa dinikmati di dalam area Taman Bahai ini, tapi view kota Haifa beserta pelabuhan dan kapal-kapalnya yang berlayar di Laut Tengah ini bisa menjadi koleksi foto dan latar belakang foto cantikmu. Meskipun view seperti ini bisa juga kita jumpai di beberapa negara tertentu, tapi tentunya tiap negara dan kota punya keunikan tersendiri dari setiap keindahan kotanya jika dilihat dari puncak tertinggi. Paduan taman indah dan pemandangan kota serta Laut Mediterania inilah yang menjadikan kota Haifa dengan deretan rumah khas Timur Tengah, menjadi berbeda dan unik dibandingkan dengan panorama di kota dan negara lainnya.

haifa garden israel 4

Taman Baha’i Haifa, Israel

– Haifa, Israel – Juni 2016 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment