Ada Fasilitas Apa Aja Sih di Pulau Phi-Phi Krabi Thailand ? Yuk Simak Ulasannya !

JEJAKLANGKAHKU – Belum punya gambaran sama sekali tentang Pulau Phi-Phi tapi sudah pengen berkunjung ke sana? Ada baiknya simak terlebih dahulu situasi dan kondisinya agar bisa menyusun rencana dan detail itineary dengan mantap. Di artikel kali ini saya ingin menguraikan tentang segala sesuatunya yang menurut saya cukup penting menjadi perhatian kita saat akan berwisata ke Pulau Phi-Phi, dengan asumsi bahwa kita sudah berada di Pulaunya, sedangkan bagaimana proses menuju ke Pulaunya dengan starting point dari Phuket Thailand, bisa dibaca di artikel sebelumnya, klik disini.

phi phi island thailand 0
On the top of Phi Phi Island, Thailand

Pulau Phi –Phi yang dikenal dengan sebutan Koh Phi-Phi (Koh = Pulau dalam bahasa Thailand) sebenarnya terdiri dari 2 (dua) pulau besar yaitu Koh Phi-Phi Don dan Koh Phi-Phi Leh. Dari kedua pulau tersebut, Koh Phi-Phi Don adalah pulau yang terbesar, berpenghuni serta merupakan pulau tempat kita menginap, bersantai, berbelanja, berwisata kuliner dan sebagainya karena di Koh Phi-Phi Don inilah semua pusat fasilitas pariwisata berada. Sedangkah Koh Phi-Phi Leh merupakan salah satu pulau destinasi wisata hopping island (jelajah pulau-pulau) dimana terdapat spot wisata Maya Beach yang menjadi sangat terkenal karena dulunya dipakai sebagai tempat pembuatan film The Beach, dan memang terbukti tempat ini sangat indah dan cantik.

Agar lebih mudah mendapatkan gambaran mengenai Koh Phi-Phi Don atau Pulau Phi-Phi, maka secara umum bisa dibayangkan bagaimana kondisi di Gili Trawangan Lombok. Hanya saja, Pulau Pih-Phi ini memang jauh lebih besar ukurannya dibanding dengan Gili Trawangan yaitu sekitar 28 km persegi luasnya, sedangkan Gili Trawangan hanya sekitar 3×2 km panjang dan lebar pulaunya. Meskipun luasnya cukup besar, tapi hanya sebagian kecil dari Pulau Phi-Phi ini yang berpenghuni, sedangkan sisanya adalah hamparan pulau, bukit-bukit dan pepohonan.

phi phi island thailand 6
Berbagai Hotel dan Penginapan di Pulau Phi Phi, Krabi Thailand

Saat pertama kali tiba di dermaga Pulau Phi-Phi ini memang tidak tampak kemeriahan dan keramaian yang berarti, namun setelah kita menyusuri pulau ini hingga ke bagian dalam dan tengah pulau, barulah keliatan kalau ternyata pulau ini sangat ramai dan sangat lengkap fasilitasnya. Gak terbayang sebelumnya kalau ternyata semua yang kita butuhkan ada di pulau ini. Jadi kalau di Gili Trawangan keramaian dan fasilitas kebutuhan harian kita biasanya lebih banyak bertebaran disisi tepi pantai atau gilinya, maka di Pulau Phi-Phi ini segala fasilitas tersebut menyebar hingga ke arah dalam dan ke pelosok sisi bagian dalam pulaunya. Desain toko-toko dan restorannya pun sangat mirip dengan Gili Trawangan, ditambah lagi dengan jalanan setapak yang terbuat dari batako tertata dengan sangat rapi dan bersih serta jalanan pejalan kaki tersebut yang bebas dari kendaraan bermotor, karena memang peraturan di Pulau Phi-Phi ini tidak diperbolehkan adanya kendaraan bermotor. Nah, jadi berasa di Gili Trawangan deh, apalagi saat kunjungan akhir tahun 2015 lalu pulau ini sangat ramai dikunjungi turis dari berbagai negara, waaaa jadinya makin rame dan seru !

phi phi island thailand 4
Ada Pasar di Pulau Phi Phi, Krabi Thailand

So, jangan panik, jangan kuatir, jangan takut, cukup siapkan duit Baht yang banyak, maka semua keperluan dan kebutuhanmu bisa terpenuhi di sini. Apa saja fasilitas yang ada di Pulau Phi-Phi ini ?

Hotel/Penginapan : saran saya jika ingin mengeksplore pulau ini lebih jauh, maka lebih baik putuskan untuk menginap beberapa malam disini dibandingkan hanya 1 (one) day trip aja, karena sudah sangat banyak hotel dan penginapan yang tersebar di pulau ini, mulai dari penginapan sekelas backpacker dengan harga sangat murah, hingga hotel berbintang juga lengkap disini. Memang pada umumnya bentuk hotel atau penginapannya bukanlah berupa resort dengan halaman hotel yang luas, tapi umumnya berupa hotel-hotel minimalis. Namun jika kita berjalan ke arah sebelah kiri dari dermaga kedatangan, maka ada juga beberapa Hotel yang berupa resort cukup luas serta kamar-kamar hotel berupa cottage yang bisa menjadi pilihan kita menginap dengan pemandangan langsung ke tepi pantainya. Saat itu sayapun sempat nanya harga sewa kamar berbentuk cottage tersebut berkisar Rp 400 ribu per malam, hmmm…gak terlalu mahal lah menurut saya, wong lokasinya sangat strategis di tepi pantai. Malahan mungkin harganya bisa lebih murah karena saat kedatangan lalu bertepatan dengan akhir tahun. Takjubnya lagi, perkiraan saya untuk harus membooking hotel secara online sebelum tiba di sini karena saat itu akhir tahun, ternyata gak perlu juga gaes, karena meski peak season akhir tahun, masih banyak hotel dan penginapan juga yang available….waaaa…padahal turisnya udah tumpah ruah gini ramenya. Hanya saja, biar lebih aman dan tenang, mendingan tetap membooking hotel sebelum tiba disini.

phi phi island thailand 3
Aneka Jajanan Makanan di Pulau Phi Phi, Krabi Thailand

Rumah Makan, Restoran, Café : buat kamu pecinta wisata kuliner, bisa puas-puas’in makan aneka masakan di pulau ini, karena rumah makan, restoran dan café-cafenya sangat banyak dan lengkap, mulai dari makanan khas Thai, Italia, Eropa, Amerika, Chinese Food serta berbagai camilan/snack, baik itu camilan berat (sea food, pizza) hingga camilan dan snack ringan (aneka kue khas Thailand, buah-buahan, rujak, roti) semuanya ada disini. Harganya pun bervariasi ya gaes dan pada umumnya relatif sedikit lebih mahal (ya maklumlah namanya juga di pulau terpencil). Cara menikmati kulinernya pun bisa kita pilih, mau belinya di warung-warung makan saja atau menikmatinya di café-cafe atau restoran tepi pantai yang sudah pasti harganya jauh lebih mahal. Nah tinggal disesuaikan dengan isi dompet masing-masing hehe. Oiya, bagi yang suka ngupi-ngupi cantik sembari menikmati roti atau snack ringan lainnya, juga ada café nya disini…hmmm…berasa di mall dueh !

phi phi island thailand 1
Minimarket & Toko-Toko di Pulau Phi Phi, Krabi Thailand

Toko, Pasar, Minimarket, Pharmacy, Rumah Sakit, Pijat Refleksi, Scuba Diving : semuanya lengkap ada di pulau ini. Gak kebayang deh kalo ternyata tepat di depan hotel kami adalah sebuah pasar kecil dengan aneka dagangan pasarnya mulai dari sayuran, ikan, ayam, buah-buahan sampe pete aja ada disini wkwkkww. Jadi sepertinya kalaupun kita camping di pulau ini, gak perlu repot-repot membawa bekal bahan mentah, cukup beli di pasarnya saja, semuanya ada dan lengkap. Toko dan minimarket pun bertebaran di pulau ini, lengkap dengan aneka kebutuhan sehari-hari. Bahkan jangan kuatir kalo sempat sakit saat berada di pulau ini karena toko pharmacy yang menjual aneka obat-obatan (mirip Century gitu deh) juga ada disini dan bahkan jika kita berjalan ke arah sebelah kiri dari dermaga kedatangan, juga bisa dijumpai Rumah Sakit sodara-sodara ! hmmm aman dah, tapi siapa juga yang mau sakit ya… semoga semuanya berjalan aman dan lancar hehe. Oiya, bagi yang suka pijat refleksi maupun terapi pijat ikan (terapi pijat kaki oleh ikan-ikan kecil), juga ada disini gaes, lumayankan bisa ngilangin pegel-pegel. Yang butuh peralatan elektronik juga tersedia toko elektronik dan toko perabotan handphone serta smartphone, wew ada semua deh, lengkap ! Buat yang suka olahraga air, baik itu snorkeling maupun scuba diving (menyelam), juga banyak terdapat operator nya di pulau ini, bisa sekalian sewa peralatan snorkeling maupun peralatan divingnya, semua tersedia disini.

phi phi island thailand 2
Berbagai Fasilitas Kebutuhan Traveling di Pulau Phi Phi, Krabi Thailand

Aneka Toko Souvenir : nah ini dia yang seru, berburu merchandise atau souvenir khas Thailand maupun khas Pulau Phi-Phi. Deretan toko dan kios souvenirnya bisa kita jumpai disepanjang jalan di dalam pulaunya. Mulai dari aneka baju kaos, baju-baju pantai, gantungan kunci, magnet kulkas, pernak pernik khas pulau, kerajinan khas pulau, dan lain sebagainya, bisa menjadi pilihan shoppingmu. Tipsnya adalah, jika memang ingin mengoleksi pernak pernik yang ada tulisan Pulau Phi-Phi nya, saran saya, belilah disini, di pulau ini, karena saat kembali ke Phuket atau ke Bangkok, souvenir dengan tulisan Pulau Phi-Phi belum tentu mudah didapatnya. Untung saja saat itu saya sempat membeli baju kaos bertuliskan Pulau Phi-Phi karena ternyata saat tiba di Bangkok dan ingin mencari tema baju kaos yang sama, waaa susahnya dan gak sampe nemu barang sejenis. Jadi pastikan koleksimu lengkap dibeli disini sebelum meninggalkan pulau ini.

phi phi island thailand 5
Ada Rumah Sakit dan Toko Peralatan Elektronik di Pulau Phi Phi, Krabi Thailand

So, sudah dapat gambaran lengkapnya kan? ayok liburan ke Phi-Phi…. La Jeu Gan, Pob Gan Mai Na !

– Solo Traveler (day 7 to 9) – Phi Phi Island, Krabi Thailand – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

3 Replies to “Ada Fasilitas Apa Aja Sih di Pulau Phi-Phi Krabi Thailand ? Yuk Simak Ulasannya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.