Begini Cara Mudah Transportasi Menuju Disneyland & Disneysea di Tokyo Jepang

tokyo-disneyresort-map

JEJAKLANGKAHKU – Karena lokasinya yang berada dalam satu kawasan resort yang sama yaitu di Tokyo Disney Resort, maka perjalananmu menuju Theme Park Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea adalah dalam satu rangkaian perjalanan saja, karena tujuan utamanya adalah pasti menuju satu kawasan Tokyo Disney Resort. Nah cara paling mudah jika sudah berada di kota Tokyo dan ingin bermain-main di Disneyland dan Disneysea adalah menggunakan moda transportasi kereta api dengan mengambil starting point dari Stasiun Kereta Tokyo menuju Stasiun Kereta Maihama yang merupakan titik akhir untuk masuk dalam kawasan Tokyo Disney Resort.

tokyo-disneyresort-map

Jalur Kereta Api di dalam Kawasan Tokyo Disney Resort

Sebenarnya terdapat beberapa moda transportasi untuk dapat sampai ke Disneyland dan Disneysea ini selain menggunakan moda kereta api, yaitu bisa juga menggunakan bus ataupun mobil pribadi. Jika menggunakan bus, hanya terdapat beberapa titik stasiun bus saja yang bisa membawamu hingga ke Tokyo Disney Resort tersebut, karena tidak semua stasiun bus di kota Tokyo yang punya rute khusus ke sana. Hanya ada 6 (enam) stasiun bus di kota Tokyo yang punya rute langsung ke Tokyo Disney Resort yaitu Stasiun Bus Shinjuku, Stasiun Bus Narita Airport, Stasiun Bus Haneda Airport, Stasiun Bus Tokyo, Stasiun Bus Yokohama dan Stasiun Bus Akihabara. Dua diantaranya adalah rute bus langsung dari bandar udara yang ada di Tokyo yaitu bandar udara Narita dan Haneda, satu stasiun bus yang berada di kota Yokohama, sedangkan sisanya lagi adalah stasiun-stasiun bus yang berada di tengah kota Tokyo yang merupakan kawasan belanja, perkantoran, entertainment yang cukup terkenal di Tokyo. Jadi jika starting point keberangkatanmu berlokasi dekat dengan ke-6 tempat tadi, maka alternatif transportasimu bisa memilih moda transportasi bus untuk dapat sampai ke Disneyland dan Disneysea. Lama perjalanan dari masing-masing stasiun bus tersebut ke kawasan Tokyo Disney Resort adalah 50 menit dari Shinjuku, 60 menit dari Narita Airport, 45 menit dari Haneda Airport, 35 menit dari Akihabara, 35 menit dari Tokyo, dan 60 menit dari kota Yokohama.

Nah biasanya lokasi stasiun-stasiun bus tersebut berada dalam satu kawasan yang berdekatan dengan stasiun keretanya. Misal, untuk stasiun bus Shinjuku, maka jika kita menggunakan kereta api (subway Tokyo Metro ataupun JR Japan Railway) untuk dapat sampai ke daerah Shinjuku, maka kita cukup keluar dari area stasiun keretanya dan mencari lokasi stasiun bus yang berdekatan lokasinya. Tapi ya kudu jalan ya gaes, dan tentunya perhatikan rambu-rambu petunjuknya yang mengarahkan kita ke stasiun busnya. Selanjutnya tinggal mencari bus dengan jurusan Tokyo Disney Resort.

maihama-station-map

Sumber : Japan-Guide

Kalo gue sih lebih suka naik kereta ya bro sis, entah karena jalur jalanannya yang udah pakem gak pake nyalip sana sini atau mungkin karena lebih berasa cepat dan bebas dari macet sehingga mayoritas perjalanan gue selama di Tokyo adalah pasti menggunakan moda transportasi kereta, baik kereta bawah tanah (subway) yang dikenal dengan nama Tokyo Metro Line ataupun jalur kereta lainnya (Japan Railway – JR). Nah khusus untuk transportasi menggunakan kereta yang akan menuju Tokyo Disney Resort, maka sama halnya dengan stasiun bus tadi, starting point dari stasiun keretanya pun terbatas hanya dari beberapa stasiun kereta yang ada di Tokyo, yaitu dari Stasiun Kereta Tokyo, Stasiun Kereta Narita Airport, Stasiun Kereta Haneda Airport, Stasiun Kereta Yokohama, Stasiun Kereta Akihabara dan Stasiun Kereta Shinjuku.

tokyo-disneyland-transportation-3

Rute dari Stasiun Kereta Shinjuku dan Tokyo menuju Tokyo Disney Resort. Sumber : tokyodisneyresort.jp

Jadi silahkan memilih stasiun kereta terdekat dengan lokasi keberangkatanmu ya bro sis, atau jika tidak mau repot, maka cara paling mudah adalah pergilah ke Stasiun Kereta Tokyo, mengapa demikian ? karena semua keberangkatan dari berbagai stasiun kereta tadi akan terlebih dahulu transit di Stasiun Kereta Tokyo, kemudian kalian harus turun dari kereta yang membawamu ke Stasiun Kereta Tokyo ini dan lalu berganti line kereta untuk menuju ke Tokyo Disney Resort. Jadi Stasiun Kereta Tokyo ini bisa dikatakan sebagai pusat keberangkatan menuju Disneyland dan Disneysea (liat peta gambar di bawah ini).

tokyo-disneyland-transportation-4

Rute dari Stasiun Kereta Narita dan Yokohama menuju Tokyo Disney Resort. Sumber : tokyodisneyresort.jp

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh perjalanan dari stasiun kereta Shinjuku ke Disneyland :

Starting point : Stasiun Kereta Shinjuku. Dari stasiun Shinjuku, naiklah kereta jenis JR di line JR Chuo Line dengan tujuan Stasiun Kereta Tokyo, waktu tempuh sekitar 14 menit. Setelah tiba di Stasiun Kereta Tokyo, turunlah dari kereta tersebut dan bergantilah kereta dengan rute JR Musashino Line atau juga bisa dengan JR Keiyo Line. Apa beda keduanya ? sama saja gaes, dua-duanya pasti melewati Stasiun Kereta Maihama yang merupakan pintu masuk menuju Stasiun Kereta di Disney Resortnya, jadi silahkan pilih salah satunya. Oiya, tujuan akhir setelah kita naik kereta di line JR Musashino atau JR Keiyo adalah Stasiun Kereta Maihama ya…jangan sampai kelewatan ataupun kecepetan turunnya.

tokyo-disneyland-transportation-5

Rute dari Stasiun Kereta Haneda dan Akihabara menuju Tokyo Disney Resort. Sumber : tokyodisneyresort.jp

Setelah sampai di Stasiun Maihama, maka langkah selanjutnya adalah berpindahlah ke Stasiun Disney Resortnya untuk kembali melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api dengan rute khusus di dalam kawasan Tokyo Disney Resort. Jadi kereta api selanjutnya adalah kereta api khusus yang akan berputar-putar di dalam kawasan Tokyo Disney Resort yang akan lewat di 4 (empat) stasiun besar dalam kawasan Tokyo Disney Resort tersebut dengan urutan rutenya adalah melewati Resort Gateway Station, Tokyo Disneyland Station, Bayside Station dan terakhir adalah Tokyo Disneysea Station kemudian kembali lagi ke Resort Gateway Station untuk selanjutnya jalan lagi muter dengan rute yang sama dan begitu seterusnya muter-muter. Jadi, kalo kamu kepengen liat-liat pemandangan di seputar Tokyo Disney Resort, bisa juga gak usah turun dulu, tapi muter-muter aja dulu sembari foto-foto, karena pemandangan dan view yang akan dilewati memang sangat bagus bro sis, asal jangan kelamaan aja ya karena sayang waktunya gak bisa optimal saat bermain-main di Disneyland nanti.

tokyo-disneyresort-transportation-9

Vending Mesin Tiket Kereta di Tokyo Disney Resort

Oiya, kalau perjalananmu sebelumnya hingga tiba di Stasiun Mihama adalah menggunakan kereta dengan disain kereta cepat biasa pada umumnya, maka setelah berpindah kereta di dalam kawasan Tokyo Disney Resort ini, maka keretanya udah beda ya bro sis, tau kan, kereta yang berdesain Disney deh, jendelanya berbentuk kepala Mickey Mouse, tempat gantungannya juga berbentuk kepala Mickey. Jadi suasana Disneyland nya sudah mulai berasa sejak naik kereta ini. Oh iya, untuk naik kereta inipun tetap dikenakan charge ya gaes, jadi kudu beli tiketnya dulu saat tiba di Resort Gateway Stationnya. Daftar harganya bisa dilihat di Gambar berikut ini dimana terdapat beberapa jenis tiket keretanya yaitu Single Tiket (berlaku cuma sekali perjalanan saja, dan tidak bisa digunakan lagi jika sudah keluar dari stasiun), tiket Day Passes (bisa dipilih mau digunakan selama berapa hari ? 1,2,3 atau 4 hari, dan bisa bolak balik keluar masuk stasiun dalam periode hari tersebut) atau jika kamu perginya rombongan lebih dari 10 orang maka bisa membeli tiket Coupon (bayar 10 tiket, dapet 11 tiket, mayan kan irit !). Harga tiketnya pun berbeda antara yang dewasa (berusia 12 tahun atau lebih) dan anak-anak (berusia 11 tahun atau kurang). Jadi rencanakan lama waktu kunjunganmu agar bisa membeli tiket dengan harga ekonomis. Oiya, belinya bisa dengan uang cash melalui vending machine nya atau jika kamu punya kartu emoney Suica atau Posmo, juga bisa langsung tap di pintu masuk stasiun keretanya, lebih mudah bukan ?

tokyo-disneyland-transportation-6

Kereta khusus di dalam kawasan Tokyo Disney Resort

Selanjutnya, setelah naik kereta khusus dalam kawasan Tokyo Disney Resort ini, silahkan pilih tujuan akhirmu, apakah akan mengunjungi Disneyland dulu, ataukah Disneysea duluan, semua tergantung pilihan kalian. Yang jelas, bagi saya, 1 (satu) hari tidak cukup puas untuk mengunjungi salah satu theme park tersebut, apalagi jika kamu cuma berencana mengunjungi keduanya dalam hari yang sama…waaaaa…dijamin tidak akan puas ! Waktu yang paling pas adalah 2 (dua) hari kunjungan untuk masing-masing Disneyland dan Disneysea, total 4 (hari), atau paling tidak total 2 (dua) harilah, masing-masing sehari di Disneyland dan sehari di Disneysea, baru bisa bener-bener puas menikmati semua wahana permainan yang ada di dalamnya.

tokyo-disneyland-transportation-7

Harga Tiket Kereta di Tokyo Disney Resort. Sumber : tokyodisneyresort.jp

Nah untuk rute transportasi dari stasiun-stasiun kereta lainnya selain dari stasiun kereta Shinjuku, maka caranya adalah sama dengan penjelasan gue di atas, tinggal melihat peta di Gambarnya masing-masing ya gaes, ujung-ujungnya ya akan sampai ke Stasiun Maihama juga, dan tinggal meneruskan perjalanan di dalam kawasan Tokyo Disney Resortnya, mudah bukan ?

tokyo-disneyland-transportation-8

Jam Operasional Kereta di Kawasan Tokyo Disney Resort. Sumber : tokyodisneyresort.jp

– Tokyo Disney Resort – Februari 2014 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment