Gak Pernah Nemu Pisang Warna Hijau di Es Pisang Ijo Khas Makassar

es-pisang-ijo-restoran-hawai

JEJAKLIDAHKU – Jadi bukan pisangnya yang berwarna hijau, tapi pisang yang berbalutkan adonan tepung tertentu yang diberi perasan daun pandan sehingga berwarna hijau dan kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah pisang utuh berwarna hijau, padahal isi di dalam adonan tepung inilah yang adalah pisang sebenarnya dan warna pisangnya ya tetep warna pisang asli doonk, “gak penting deh, yang penting rasanya enak sekaleee” apalagi kalo makannya di daerah asalnya Makassar, tepatnya di Rumah Makan Hawai, Makassar.

es-pisang-ijo-restoran-hawai

Seporsi Es Pisang Ijo di RM Hawai Makassar

Nah kalo lagi jalan-jalan di Makassar dan kamu sedang berada di sekitar daerah Somba Opu atau Pantai Losari, maka terdapat sebuah Rumah Makan yang lumayan recommended menyediakan menu Es khas Makassar yaitu Es Pisang Ijo dan Es Pallubutung. Nama Rumah Makannya adalah Rumah Makan Hawai dan berlokasi di jalan Ranggong, dekat dengan jalan Somba Opu dan Pantai Losari. Tipsnya untuk menuju ke RM Hawai ini, tinggal bilang ke tukang becak atau sopir pete-pete (sejenis angkot khas Makassar), ataupun jika naik taxi, ke sopir taxinya, bahwa lokasinya berada di jalan Ranggong tepatnya di ujung jalan Ranggong yang tembus ke jalan di Pantai Losari, karena RM Hawai ini berada 2 (dua) rumah dari pojokan jalan Pantai Losari. Gampang koq nyarinya, tinggal liat kiosnya bercat warna hijau (hmmm janjian dueh warnanya ama warna Es nya wkkwkwkw).

es-pallubutung-restoran-hawai-2

Seporsi Es Pallubutung di RM Hawai Makassar

Nah gue tuh minum es ini pas banget waktunya, lagi terik-teriknya matahari yang gak mau minggat saat gue ama temen gue lagi shopping di Somba Opu (salah satu area shopping center di Makassar) sekitar jam 3 sore, mendadak kehausan dan teringat dengan Es yang super duper lezat ini. Jadi deh manggil becak dan bayar Rp 10.000 hingga bisa sampe tepat di depan RM Hawai ini. Tapi koq ya pintu kios nya kaga niat gitu ya, pintunya terbuka sih tapi hanya cukup untuk satu orang lewat aja, jendelanya juga gitu antara niat mau terbuka apa enggak. Tapi dasar kita sudah niat wajib minum Es yang satu ini, ya PD aja, langsung masuk, haloooo, eni badi hom ? wkwkwk. Dan tau gak gaes, itu kursi-kursinya masih di atas meja semua, belum buka kaleeee ! Eh ternyata ada yang nyahut, “iya masuk maki” maksudnya silahkan masuk sambil menurunkan kursi di salah satu meja….horeeee…tuhkan kalo niat dan sedikit maksa pasti sukses hihihi. Intinya, kami jadi penglaris deh karena beberapa menit kemudian malah berhamburan pengunjung yang datang… ecie ecie ecie !

es-pallutbutung-restoran-hawai-1

Aneka Menu Minuman & Makanan di RM Hawai Makassar

Oiya, minuman Es khas Makassar ini sebenarnya ada 2 (dua) macam yang paling terkenal yaitu Es Pisang Ijo tadi dan Es Pallubutung. Bedanya hanya di balutan adonan tepung warna hijau tadi, lainnya mirip-mirip sih, semuanya ada komponen pisangnya, bubur sumsumnya, es serutnya dan yang paling bikin nikmat adalah campuran sirup Pisang Ambonnya (sirup warna merah khas Makassar), so yummyyyy ! Harga seporsi Es Pisang Ijo adalah Rp 20.000 sedangkan Es Pallubutung lebih murah Rp 15.000. Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan Es campuran pisang ini, juga bisa memesan menu Es lainnya yang juga dijual di kios Hawai ini, diantaranya ada Es Manado, Es Buah, Es Teler, Es Alpukat, Es Kelapa, dan minuman standar lainnya (aneka jus, teh, kopi, dsb), bisa dilihat di Gambar ya gaes menunya apa aja. Dan kalo mau lebih nikmat lagi, bisa sambil makan nyuknyang (bakso), mie baso atau pangsit ayam dengan sambel khas Makassar yang super duper pedasnya.

restoran-hawai-makassar

Suasana di RM Hawai Makassar

Trus apa bedanya minum Es Pisang Ijo dan Es Pallubutung di sini dibanding minumnya di Jakarta atau daerah lainnya, wong udah banyak dijual di seluruh penjuru Indonesia koq. Bedanya adalah, karena saya sedang “jalan-jalan” di Makassar, maka rasa bahagia bercampur haus bisa merubah segalanya menjadi lebih nikmat…. dhuarrr !

– Makassar – Agustus 2016 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment