Tips Memilih Paket Tour Wisata di Phuket Thailand

JEJAKLANGKAHKU – Buat kamu yang hobi traveling sendirian ataupun berkelompok tapi tidak mau repot ikut paket tour yang sudah direncanakan dari kota atau negara asalmu, dengan kata lain, kamu lebih ingin bebas, suka-suka, menentukan tempat-tempat wisata yang menjadi pilihan favoritmu, maka cara berwisata dengan memilih paket wisata yang sudah disediakan oleh agen-agen travel saat sudah tiba di kota tujuanmu, merupakan cara paling mudah untuk dapat menikmati berbagai obyek wisata yang kamu suka, di kota tujuanmu.

phuket-city-tour-1

Nah saat kunjungan akhir tahun lalu ke Phuket Thailand, blass saya belum memesan satupun paket tour yang ada di kota ini, meskipun sebelum berangkat saya sudah sempat googling untuk mencari tempat-tempat wisata menarik apa saja yang ada di Phuket. Karena tentunya tiap orang pasti punya passion yang berbeda-beda akan suatu tempat wisata, ada yang menyukai pantai, ada yang lebih suka ke gunung, ada yang suka wisata sejarah, ada yang sukanya shopping, ada yang makan melulu, dan sebagainya. Jadi tips awalnya adalah tentukan dahulu kira-kira tempat-tempat mana saja yang akan kamu kunjungi di kota tujuanmu, selanjutnya carilah info bagaimana kamu bisa berwisata ke tempat tersebut dengan cara mudah, aman dan murah tentunya.

lunch-city-tour-phuket
Aku & Temen-Temen satu Tourku, keren kan, pada cakep-cakep euy. Tuh makanan satu meja kudu dihabiskan sendirian wkwkkw

Secara umum, berwisata di Phuket Thailand ini bisa dibilang sangat mudah ya gaes, karena sepengamatan gue, pariwisatanya sudah tertata dengan baik, semua informasi tentang tempat-tempat wisata sangat banyak tersebar dimana-mana, di pingiran jalan raya, di toko-toko, di hotel, hingga ke sudut-sudut jalan, bisa kita temui kios-kios kecil ataupun lapak-lapak yang menyediakan brosur-brosur berbagai tempat wisata lengkap dengan seorang petugasnya yang akan membantu menjelaskan semuanya. Saking banyaknya mereka, sampe bingung gue dibuatnya, bingung mau ikut tour yang mana, bingung mau beli paket tournya dimana wkwkkw.

phuket-tour-briefing
Sang Guide sedang menjelaskan sesuatu, di Mobil dan di Speed Boat

Nah biar gak bingung kaya gue, berikut gue kasi beberapa tips yang bisa menjadi pertimbanganmu saat akan membeli paket tour di Phuket :

phuket-city-tour-car
Ini Mobil Tournya, abaikan wajahnya !
  1. Pilih Paket Tour dengan Harga Kompetitif. Biasanya cara mudah mendapatkan info tentang paket tour ya di Hotel tempat kita menginap dong, secara bisa langsung tanya di resepsionisnya. Tapi berdasarkan pengalaman gue, harga paket tour di hotel terkadang lebih mahal dibanding beli langsung di lapak-lapak agen tour pinggir jalan. Jadi ada baiknya memahami dulu detail isi paket tournya, kemudian tanyakan berapa harga paket per orangnya dan selanjutnya bandingkan harga tersebut dengan harga paket tour yang sama yang dijual ditempat lainnya. Sebagai contoh, biasanya harga paket tour per orang berkisar 1300 s.d 1500 baht, nah harga ini bisa beda sekitar 100 s.d 200 baht antara satu agen tour dengan agen tour lainnya. Jadi pandai-pandailah keliling mencari info harga paketnya di beberapa agen tour yang berbeda.
  2. Harga Paket Tour untuk satu orang berbeda dengan untuk beberapa orang. Semakin banyak kamu membeli paket tournya maka akan semakin murah harganya. Jadi kalo kamu cuma sendirian misalnya, harga satu paket tour ke Phi-Phi Island (one day tour) bisa berkisar 1500 baht per orang, tapi kalo kamu belinya untuk 2, 3, 4 orang atau lebih, maka pastikan kamu minta diskon dan harganya harusnya bisa lebih murah.
  3. Harga yang tertulis di brosurnya, bukan harga sebenarnya. Ini dia yang bikin gue bingung, kenapa juga ditulis harga 3000 baht padahal harga sebenarnya adalah 1500 baht ? Yang jelas, nyaris hampir semua brosur tour di Phuket ini tidak sesuai harga yang tertera dengan harga sebenarnya. Jadi, jangan kaget dulu liat harga paket tournya yang super mahal, tanyakan dulu ke petugasnya harga yang sebenarnya berapa, biasanya kalo gak dicoret di brosurnya, petugasnya akan kasi tau koq harga yang bener yang mana. Entah ini strategi marketing (seakan-akan diskon besar-besaran), atau memang begitu cara jualannya, mboh !
  4. Half Day Tour or Full Day Tour ? Secara umum ada 2 (dua) macam paket tour yang biasanya disediakan agen tour, yaitu paket Half Day Tour (biasanya dimulai pagi jam 7 dan berakhir siang sekitar jam 12 siang, atau mulai siang jam 12 dan berakhir sore sekitar jam 17 atau 18) dan paket Full Day Tour (paket tour seharian penuh dari pagi hingga sore/malam hari). Dengan pilihan waktu tour ini, kamu bisa menyesuaikan waktu tourmu, kalo pas tiba di Phuket pagi, maka bisa langsung ikut paket Half Day Tour untuk sesi siang hingga sore dan sebaliknya, lumayan kan bisa memanfaatkan waktu setengah hari untuk jalan-jalan. Sedangkan hari-hari berikutnya bisa kamu pakai untuk mengambil paket tour yang seharian penuh. Begitu pula saat sudah akan pulang, seandainya jadwal pesawat kita sore atau malam hari, maka paginya bisa kita manfaatkan untuk ikut paket tour yang Half Day Tour, baru kemudian cek out hotel dan lanjut ke bandara sore harinya, mantap kan? gak mau rugi waktu deh pokoke !
  5. Bayar Lunas & Minta Kuitansi Bukti Pembayarannya. Kalo sudah sepakat dengan paket tour dan harganya, maka langkah selanjutnya adalah langsung melunasi pembayarannya, karena agen-agen tour di Phuket ini tidak menerima DP, tapi harus langsung dilunasi saat itu juga (ini untuk memastikan kamu telah terdaftar dalam paket tour tersebut). Jadi pastikan kamu lunas membayarnya dan mintalah bukti kuitansi pembayarannya yang menjelaskan paket tour mana yang kamu beli, mencantumkan namamu, ada nama, alamat dan no tlp dari agen tournya serta jangan lupa cantumkan nama dan alamat hotel tempat kamu akan dijemput. Pastikan mendapat bukti pembayaran ini sebagai pegangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semoga gak deh !
  6. Kamu akan dijemput dan diantar pulang ke Hotel tempatmu menginap. Semua paket tour yang saya ikuti selama di Phuket ini menyediakan layanan antar jemput dari hotel tempat kita menginap. Jadi pastikan kamu menulis nama hotel dan alamatnya dengan benar ya gaes, biar mereka mudah menjemputmu dan mengantar balik ke hotel saat tournya sudah berakhir. Tanyakan selang waktu penjemputan, biasanya dikasi waktu sekitar 15 s.d 30 menit untuk kita menunggu di lobby hotel dan akan dijemput oleh driver ataupun guide yang akan mendampingi tour kita.
  7. Satu paket tour biasanya terdiri dari 8 s.d 10 peserta. Jadi ini bukan private tour ya gaes, bukan hanya nganterin kamu dan temen-temenmu, tapi tournya rame-rame satu mobil dengan turis lainnya, berkisar 8 s.d 10 orang dalam satu mobil yang sama. Kecuali jika kita memang datangnya rombongan dan membeli paketnya untuk 10 orang, ya bisa jadi cuma kita semua dalam satu mobil tour yang sama. So, jangan bosan menunggu, karena pasti akan ada saatnya untuk antar jemput semua peserta tour di hotel masing-masing, lumayanlah, itung-itung muter-muter’in kota Phuket sembari cuci mata wkwkkw.
  8. Mobil Tournya nyaman, ada AC dan Guidenya. Yang pasti bisa sambil tiduran deh dalam mobil tournya ini, karena memang nyaman sih, tempat duduknya empuk dan full AC (wajib full AC secara Phuket panasnya sampe ubun-ubun hahaha). Oiya, disetiap tour pasti ada guidenya yang akan sibuk ngoceh di sepanjang perjalanan. Jadi manfaatkanlah bertanya kalo kamu penasaran akan sesuatu hal. Malu bertanya, sesat di jalan-jalan !
  9. Nikmatilah sepuas-puasnya semua fasilitas yang ada dalam Paket Tourmu. Seperti misalnya sudah satu paket dengan aktivitas trekking di hutan sambil naik gajah, aktivitas naik kano di hutan mangrove, makan sepuasnya di restoran tertentu, dan sebagainya. Manfaatkanlah semua fasilitas ini karena memang sudah dibayar dan menjadi hak kita. Seperti misalnya saat gue ikutan paket city tour dan disuguhkan makan siang dengan menu makanan satu meja khusus buat gue seorang diri, whatttt… OMG makanannya banyak amat, ini mah untuk 4 (empat) orang kaleeee, tapi ya itu, karena gue udah bayar untuk paket 1 (satu) orang yang pastinya lebih mahal dari paket untuk 4 (empat) orang, jadinya gitu deh, makanan berlebihan terpampang di depan gue dan harus gue habisin sendiri ? bisa dibungkus gak ? (wkwkwkw… tetep gak mau rugi !)
  10. Kasi Tip atau tidak kasi Tip. Kalo ini sih sukarela ya gaes, biasanya guide ataupun drivernya gak minta koq, tergantung dari kita mau kasi atau tidak. Klo gue sih biasanya kasi ke guidenya, apalagi klo gue perginya sendirian, ya pasti yang foto’in gue siapa lagi klo bukan guide atau drivernya wkwkwk… selfie sih teteup ya, tapi teteup juga sesekali (atau berkali-kali) minta di foto’in hehehe.
phuket-city-tour-2
Brosur Paket Tour di Phuket, Thailand

Nah dari hasil beredar gue selama di Phuket nyari-nyari paket tour, ini dia bro sis beberapa paket tour wisata yang sempat gue rangkum dari brosur-brosurnya dan bisa menjadi pertimbangan pilihan paket tourmu saat ke Phuket sbb :

phuket-city-tour-0
Brosur Paket Tour di Phuket, Thailand
  1. Phi Phi Island, termasuk mengunjungi tempat-tempat berikut : Khai Beach, Maya Bay, Loh Sama Bay, Pileh Cave, Viking Cave, Monkey Beach, Mosquito Island, Bamboo Island
  2. James Bond Island (by big boat), termasuk mengunjungi tempat-tempat berikut : Panak Island, Hong Island, Khao Ping Kan, Lawa Island
  3. James Bond Island (by speed boat), termasuk mengunjungi tempat-tempat berikut : Panak Island, Hong Island, Panyee Island, Khao Ping Kan, Naka Island
  4. Phuket City Tour, meliputi : Chinese Temple, Baby Elephant, Kata View Point, Orchid Garden, Chalong Temple, Big Budha, Cashew Nut, Honey Farm, Phuthai Market, Pearl Shop Factory, Phuket Zoo, Crocodile Show, Monkey Show, Elephant Show, Tiger Kingdom, Kanoing Mangrove Forest, Phuket Old Town, Mini Orchid Farm, Bang Pae Waterfall
  5. Similan (Koh 8) Island, termasuk mengunjungi tempat-tempat berikut : Miang Island (Koh 4), Payu Island (Koh 7), Ba-ngu Island (Koh 9), Sailing Rock
  6. Tachai Island
  7. Coral Island
  8. Khai Nui Island, termasuk mengunjungi tempat-tempat berikut : Khai Nai Island dan Khai Nok Island
  9. Raya Island, termasuk mengunjungi tempat-tempat berikut : Kon Kae Bay, Siam Bay, Ter Bay, Batok Beach
  10. Dan lain-lain (gak sempat ambil semua brosurnya saking banyaknya wkwkwk)
phuket-city-tour-3
Brosur Paket Tour di Phuket, Thailand

Ayo dipilih-dipilih mau kemana saja, dan tentunya jangan lupa menyiapkan budgetnya ya, semakin banyak pilihanmu, semakin besar budgetnya, gak pa pa yang penting puas dan pastinya : Jangan lupa bahagia !

phuket-city-tour-4
Brosur Paket Tour di Phuket, Thailand

– Solo Traveling – Phuket Thailand – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

7 Replies to “Tips Memilih Paket Tour Wisata di Phuket Thailand”

  1. Sis mo tanya dong itu harga yang di brosur sudah harga pas atau masih bisa nego? Kalo ikut paket city tour jd bisa kena brp yah? Thank u

    1. Harga dibrosur bisa banget dinego…itu harga negonya jauh koq dr yg dibrosur, ditawar aja, apalagi klo yg ikut banyak orang bisa lebih murah

  2. SiS,boleh dikasih info untuk bbrp harGa dibawah ini dong untuk 7-8 orang
    1.Biaya minibus perorang Dari Bandara Phuket ke Patong
    2. Tiket nonton Simon Cabaret per orang
    3. Biaya Tour perorang ke Phi Phi island Full day
    4. Biaya perorang City toUr full day

    Terima Kasih

    1. Klo orang banyak mending sewa mobil dr bandara phuket menuju arah kota dibanding naik bus, harga sewa mobil sekitar 500 sd 600 baht atau sekitar 250 sd 300 rb rupiah per mobil. Tikey nonton kebetulan saya gak updated jadi gak tau euy. Tour per orang ke phi phi tergantung jenis paketnya jenis kapalnya dan lain lain, tapi kisaran sekitar 1300 sd 1500 baht per orang atau sekitar 400 sd 500 rb per orang seharian tour pp phuket to phi phi. Biaya city tour full day di phuket juga variatif bergantung jenis paketnya bisa jadi juga berkisar 300 rb sd 400 rb rupiah per orang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.