Wisata Kuliner di Makassar : Nyuk Nyang Ati Raja, Gurih & Pedasnya Nendang Banget !

bakso-ati-raja-makassar-1-1

JEJAKLANGKAHKU – Ada yang menyebutnya “baso” ada pula yang menyebutnya “bakso (pake “k”) tapi orang Makassar mengenalnya dengan nama yang cukup unik yaitu “nyuk nyang”, entah dari mana asal usul istilah yang unik ini. Padahal kalo lihat penampilannya, ya sama aja, gumpalan daging sapi berbentuk bulat dalam satu porsi semangkuk berkuah dengan rasa yang pasti bisa bikin kita ketagihan, bergelimang keringat dan meneteskan air mata karena pedasnya sambel penyertanya (halal version). Yup, wisata kuliner nyuk nyang Ati Raja khas Makassar ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata kulinermu saat berkunjung ke Makassar.

bakso-ati-raja-makassar-1-1

Seporsi Nyuk Nyang Ati Raja (Cabang MOI Jakarta)

Kalo dulu memang nyuk nyang Ati Raja ini hanya bisa dijumpai di beberapa cabangnya yang tersebar di kota Makassar maupun di kota Palu. Namun sekarang, kehadiran cabang nyuk nyang Ati Raja yang sudah ada di beberapa lokasi di Jakarta turut menyenangkan hati para pecinta bakso yang mirip dengan tampilan bakso malang ini. Namun bagi saya, makan nyuk nyang ini di lokasi asalnya Makassar tentunya tetap memberikan cita rasa yang khas dan berbeda dibanding dengan di beberapa cabang kota lainnya.

nyuk-nyang-ati-raja-makassar-2

Restoran Nyuk Nyang Ati Raja Cabang Jl.Gunung Nona Makassar

Meski terdapat beberapa cabangnya di kota Makassar, namun menurut infonya, katanya sih yang paling enak rasanya adalah nyuk nyang Ati Raja yang berlokasi di Jalan Gunung Nona (kios nyuk nyang pertama kalinya), disamping beberapa cabang lainnya diantaranya di Jl.Gunung Merapi, Jl.Pengayoman dan Jl.Lanto Dg Pasewang. Jadi, berhubung kita sudah di Makassar maka marilah kita menikmati wisata kuliner di tempat pertama kali berdirinya nyuk nyang Ati Raja ini. Lokasi tempat makannya lumayan luas di sini, bersih dan sejuk karena ada kipas anginnya, dijamin keringat karena nikmat dan kepedesan sambel kuningnya bisa langsung ilang deh.

nyuk-nyang-ati-raja-makassar-4

Bungkusan Kaldu Nyuk Nyang Ati Raja & Jajanan Kroket

Sebenarnya dalam satu porsi nyuk nyang Ati Raja ini terdiri dari campuran beberapa jenis nyuk nyang (baso), diantaranya nyuk nyang halus (baso halus), nyuk nyang kasar (baso urat) serta nyuk nyang goreng (baso goreng). Nah biar nikmat, makannya tuh bisa sembari dicocol sambel kuning khas Makassar yang sudah sangat terkenal itu sodara-sodara, karena rasanya yang super pedas dan gurih (tidak manis), apalagi jika ditambah dengan perasan jeruk nipis didalam kuahnya serta beberapa tetes kecap manis, ummmhhh yummyyyy ! Oiya, kalo masih kurang kenyang dengan porsi nyuk nyangnya, makannya bisa dicampur dengan potongan burasa, sejenis ketupat khas Makassar tapi dengan bentuk kotak datar, juga terbuat dari campuran beras, bedanya dengan ketupat adalah burasa ini berasnya dicampur dengan santan sehingga rasanya pun lebih gurih dibanding ketupat. Malah kadang dimakan gitu aja tanpa campuran apapun juga enak gaes !

nyuk-nyang-ati-raja-makassar-3

Hasil kalap beli oleh-oleh nyuk nyang Ati Raja sampe nyaris seharga Rp 1 juta paketnya wkwkwk

Harga seporsi nyuk nyang Ati Raja dipatok Rp 28.000 (harga bulan Agustus 2016) dan isi nyuk nyangnya dalam satu porsi juga bisa kamu pilih, mau campur aja, atau cuma nyuk nyang halusnya saja, atau cuma nyuk nyang kasarnya saja, ataupun hanya gorengan saja, semua terserah kita deh, asalkan jumlahnya dalam satu porsi tetap sama (seporsi isinya 10 biji kalo gak salah). Nah selain makan di tempat, kita juga bisa beli paket nyuk nyang nya untuk dibawa pulang. Ada 2 (dua) bentuk paketnya yaitu yang paket dengan isi 5 (lima) porsi dan paket dengan isi 10 porsi. Semua paketnya dikemas dalam bentuk dus, jadi nyuk nyangnya dibungkus plastik (tanpa kuah) per porsinya sedangkan kuahnya dalam bentuk cairan kaldu saja, sehingga tidak banyak bungkusan cairan dalam satu paket dus tersebut. Saat akan dihidangkan di rumah, maka kaldunya tinggal dimasak dengan cara dicampur air putih dan direbus bersama nyuk nyangnya. Karena kepraktisan paket nyuk nyang ini makanya sangat mudah untuk dibawa sebagai oleh-oleh, bahkan sampai ke luar kota bisa gampang membawanya.

nyuk-nyang-ati-raja-makassar-1

Nyuk Nyang Ati Raja Cabang Jl.Gunung Nona Makassar

Oiya, bila kamu gak sempat sampai ke Makassar, nyuk nyang Ati Raja ini juga bisa menerima delivery order untuk dikirimkan paket nyuk nyangnya via jasa pengiriman paket loh gaes, meski tentunya kalian harus nambah bayar ongkos kirimnya yang lumayan mahal juga tuh per kilonya kalo antar kota di Indonesia, apalagi jika sampai antar pulau hehehe. Tapi kalo memang doyan dan lagi ngidam, gak ada salahnya toh, bayar mahal tapi super puas !

– Wisata Kuliner Makassar – Agustus 2016 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment