Transportasi dari Bandara & Keliling-Keliling Kota Penang, pake Bus Rapid Penang Ajah

JEJAKLANGKAHKU – Cara mudah, murah dan nyaman saat mendarat di Bandara Internasional Penang Malaysia dan akan melanjutkan perjalanan ke arah kota Penang, adalah dengan menggunakan Bus Rapid Penang. Meskipun tentunya juga tersedia moda transportasi lain seperti taksi yang juga dapat langsung mengantarkanmu ke tempat tujuanmu di Penang, namun tentunya dengan harga yang relatif lebih mahal, kecuali jika kamu perginya rame-rame maka bisa sharing cost.

rapid penang bus malaysia 0
Bus Rapid Penang, Malaysia

Di artikel kali ini, saya akan berbagi cerita tentang pengalaman menggunakan Bus Rapid Penang selama berwisata ala backpacker bersama seorang teman ke Penang selama 4 (empat) hari. Apa sih Bus Rapid Penang itu? Secara penampilan ya sama saja dengan Bus Kota pada umumnya, kalo di Indonesia mirip dengan Busway, hanya saja dia tidak memiliki jalur jalanan khusus, tapi jalannya di jalan raya biasa. Sebenarnya selain dengan Bus Rapid Penang yang punya banyak sekali rute kemana saja di kota Penang dan sekitarnya, juga tersedia Bus Free Shuttle yang bisa kamu manfaatkan tanpa membayar sepeser pun, tapi jenis Bus gretongan ini jumlahnya cukup terbatas dan dengan rute-rute khusus saja, jadi bisa dibayangkan nunggunya cukup lama di halte serta tidak semua rute jalanan dilaluinya. So, jika kunjunganmu ke Penang cukup terbatas waktunya, ya mendingan langsung memanfaatkan Bus Rapid Penang saja.

Nah, hampir semua Bus Rapid Penang akan berakhir ataupun mengambil starting point dari satu lokasi yang dikenal dengan nama KOMTAR. Apa pulak KOMTAR ini ? KOMTAR adalah singkatan dari Kompleks Tun Abdul Razak (nama seorang mantan Perdana Menteri Malaysia), berupa sebuah gedung yang menjulang tinggi (232 m) dan memiliki area pertokoan, restoran, tempat hiburan dan kantor pemerintahan. Nah bagian bawah atau dasar dari gedung inilah yang ternyata adalah sebuah terminal Bus tempat lalu lalangnya Bus Rapid Penang. Jadi semuanya serba lengkap disini ya gaes, sehabis belanja ataupun turun dari manapun tujuanmu di Penang ini, maka kamu bisa langsung lanjut berbelanja di pertokoan ataupun mall-mall yang juga ada disekitarnya. Jadi ada baiknya mencari lokasi hotel juga di sekitar area KOMTAR ini, biar gampang naik dan turun busnya, selain lokasinya yang juga berada di area Geoge Town Penang, suatu area historical di Penang yang menjadi pilihan mayoritas turis menginap di tempat ini. Banyak koq hotel-hotel yang bertebaran di sekitarnya mulai dari yang berbintang-bintang sampe hotel budget ala backpacker juga bisa ditemui dengan mudah.

rapid penang bus malaysia 2
Penampilan Bus Rapid Penang di salah satu stasiunnya

Apa aja sih tips menggunakan Bus Rapid Penang ini ? Berikut beberapa tips singkatnya :

Dari Bandara Penang ke arah kota Penang. Berhubung tujuan hotel saya berada di area George Town Penang, maka nomor Bus Rapid Penang yang harus saya naiki adalah yang bernomor 401. Saat keluar dari pintu terminal kedatangan di Bandara Penang, berjalanlah menyeberang jalan raya yang ada di depannya dan beloklah ke kiri, maka akan tampak jejeran Bus Rapid Penang ngetemp di halte utama bandara. Menunggulah disitu hingga Bus dengan nomor 401 datang. Oiya ada petugasnya juga disana, bisa nanya-nanya dulu jika masih bingung, orangnya ramah koq, apalagi kalo tau kamu dari overseas, wah malah disuruh foto-foto dulu hahaha! Oiya, jangan kuatir dengan barang bawaan, karena suasana di dalam busnya luas, jadi koper gede pun bisa naik dengan mudahnya, asal siapin tenaga dikit buat ngangkat saat masuk pintu depan bus nya. Ongkos tiketnya hingga sampe mentok di KOMTAR adalah 2,7 RM (Ringgit Malaysia) atau sekitar Rp 9.000 sajah, murah kan ? Lama perjalanan sekitar 1 jam dan pake berhenti di hampir semua halte bus yang dilaluinya. Gak pa pa lah ya, lumayankan sembari cuci mata melihat pemandangan kota Penang. Bus ini akan berakhir di KOMTAR dan silahkan menanjutkan perjalanan menuju hotel masing-masing. Atau jika sudah tau lokasi hotelmu di jalan-jalan yang dilaluinya maka kamu bisa turun duluan, tanpa harus sampai di pemberhentian akhir di KOMTAR. Oiya, turunnya wajib di Halte Bus ya, gak bisa pake teriak “kiri, kiri, kiri” hehehe.

 

Keliling Kota Penang & sekitarnya. Terdapat banyak sekali rute Bus Rapid Penang ini yang melewati semua sudut kota Penang & sekitarnya. Jadi saran saya, ada baiknya membuat itinerary tujuan wisata kita terlebih dahulu agar bisa efektif dan efisien memanfaatkan Bus Rapid Penang ini, karena dalam satu hari perjalanan bisa saja kita hanya menggunakan satu rute yang sama untuk pergi ke beberapa tempat wisata yang memang berada satu arah di rute tersebut, lumayan kan bisa hemat waktu dan biaya, gak bolak balik. Rute lengkapnya bisa dicek di web resminya disini : www.rapidpg.com.my.

rapid penang bus malaysia 3
Tempat Bayar Karcis Bus, Uangnya dimasukkan di Kotak Kecil itu

Sediakan Uang Pas untuk Bayar Tiket. Pembayaran tiketnya hampir semua dilakukan di dalam bus, kecuali jika berangkatnya dari stasiun asal, bisa beli di counter. Tipsnya, adalah, siapkan uang pas (atau uang nyaris pas), karena proses pembayarannya yang dilakukan di samping sopir busnya (bus ini tidak ada kernetnya, semua pembayaran tiket langsung dihandle oleh sang sopir bus), sopir bus tidak pernah menyediakan uang kembalian, semua uang receh yang kamu berikan akan dimasukkan dalam kotak uang dan kelebihan pembayaranmu tidak akan dikembalikan, alias relakan sebagai sumbagan saja hahaha. Jadi misal nih, harga tiketnya 2,4 RM kalo kamu bayarnya pake pecahan 5 RM atau 3 RM, maka sisanya (2,6 RM) atau (60 cent RM) tidak akan dikembalikan, hmmm lumayan kan kalo kejadiannya berkali-kali wkwkkw. Dan satu lagi, sebaiknya uang sudah disiapkan saat akan naik ke bus ya gaes, karena bus ini hanya akan jalan jika semua proses pembayaran tiketnya selesai. Bayangkan saja kalo yang mau naiknya banyakan, bisa antri tuh di depan pintu masuk utama cuma buat nungguin loe nyari duit receh, huaaa… lama deh ! Tapi anehnya, sopirnya tuh pada sabar-sabar ya, apalagi klo yang naik kaya gue yang celengak celengok nyari koin dan tau klo kita tuh turis, ditunggu’in koq, malah ditunjuk’in koq koinnya masih kurang apa lebih wkwkkw.

 

Beri Tanda Saat Akan Naik & Turun Bus. Naik dan turun dari bus ini hanya bisa dilakukan di halte-halte bus yang dilaluinya. Bentuk halte bus nya pun beragam bro sis, mulai dari tampilan halte bus pada umumnya (ada tempat duduknya, ada atap pelindung haltenya), hingga yang bentuknya cuma kaya tiang listrik pendek hahaha. Terkadang bingung juga, saat liat di google maps bahwa seharusnya disekitar sini ada haltenya, eh malah pusing nyarinya kaga ketemu-ketemu, dan taunya ya itu, haltenya nyempil deket pohon berupa tiang pendek ada warna lis merahnya. Kalo mau naik, maka lambaikanlah tanganmu saat melihat busnya sudah mendekat, karena kalo cuma nongol berdiri gitu aja, bisa aja dia tidak berhenti kalo tidak ada penumpang yang mau turun di halte itu. Begitu pula saat akan turun dari bus, bisa dengan cara ngomong ke supir busnya (dan berharap dia tetep ingat kita mau turun dimana dan berhenti) atau paling gampang, pencet bel yang ada di setiap tiang dan di dinding bus dekat tempat duduk. So, pastikan kamu tau akan turun di halte yang mana ya, biar gak kecepetan atau kelewatan turunnya. Cara paling aman adalah pasanglah google maps karena bisa jelas kelihatan lokasi halte-halte bus yang sedang kita lewati secara real time (kalo sinyal selularnya lancar hehehe).

bus rapid penang malaysia 5
Ini dia koleksi karcis Bus Rapid Penang saya, hahaha

Harga Karcis Bus Rapid Penang. Dari pengalaman 4 hari gue mondar mandir pake bus ini, perasaan cuma ada 4 (empat) macam tarif yang biasa gue bayar, yaitu karcis dengan harga 1.4 RM, 2 RM, 2.4 RM, dan 2.7 RM. Kalo tujuanmu relatif dekat (misal hanya berjarak 1 s.d 2 halte berikutnya) maka biasanya terkena tarif yang paling murah (1.4 RM) dan selanjutnya disesuaikan dengan jarak tempuhnya. Paling mahal adalah untuk tujuan akhir dengan harga tiket 2.7 RM. Tapi ya itu tadi, karena melewati banyak halte dan sering berhenti, jadi menggunakan bus ini memang butuh waktu tempuh yang lebih lama dibanding dengan menyewa mobil atau pake taksi, sebandinglah dengan ongkosnya. Berikut beberapa rute wisata dan nomor Bus Rapid Penangnya :

  • Bandara Penang – George Town : Bus nomor 401
  • George Town – Penang Hill, Kek Lo Si Temple, Air Itam : Bus nomor 204 atau 201
  • George Town – Batu Ferringi, Hard Rock Café, Toy Museum, Taman Kupu-Kupu, Pantai-Pantai sekitar Batu Ferringi : Bus nomor 101 atau 102
rapid penang bus malaysia 4
Suasana di dalam Bus Rapid Penang, Malaysia

Kondisi Bus Rapid Penang. Menurut gue sih, rata-rata busnya masih baru kali ya, karena hampir semuanya super duper bersih tampilannya. Satu hal yang bikin puas naik bus ini adalah AC nya yang mantap banget gaes, dinginnya minta ampun dah, sampe menggigil gue saat perjalanan dari Batu Ferringgi ke George Town sekitar 45 menit dengan AC yang dingin gitu. Tapi pas banget sih dengan kondisi cuaca di Penang yang saat itu (bulan Maret) panasssnya pool ! Jadi beda banget waktu masih di luar bus (kepanasan) dan saat di dalam bus (bagaikan di puncak gunung dinginnya) hahaha. Oiya, di dalam bus seperti biasa, kursinya juga ada yang khusus untuk manula dan wanita hamil ya gaes, jangan sembarangan main duduk aja, kudu prioritaskan mereka. Busnya juga ada yang bertingkat loh, dan paling mantap klo kamu bisa naik ke atas dan duduk tepat di paling depan deretan kursinya, karena pemandangan dari atas situ adalah tanpa batas dan kamu bisa bebas berfoto-foto ria dan bahkan mengambil video dengan puas.

– Penang, Malaysia – Maret 2017 –

– My Trip My Happiness –

One Reply to “Transportasi dari Bandara & Keliling-Keliling Kota Penang, pake Bus Rapid Penang Ajah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.