Bertemankan Deburan Ombak di Nut Tonton Homestay Misool Raja Ampat Papua

JEJAKLANGKAHKU – Mungkin musik alam deburan ombak inilah yang bikin gue nyenyak banget tidurnya selama nginep di Homestay ini, Nut Tonton Homestay di Misool Raja Ampat. Desain bangunan homestaynya yang terbuat dari kayu dan papan serta rumbai-rumbai dedaunan pada beberapa bagian bangunannya, membuat serasa tidur di alam bebas, bertemankan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang masuk melalui sela-sela lubang kayunya.

Welcome to Nut Tonton Homestay, Misool Raja Ampat

Kenapa gue memilih menginap disini gaes? pertama, karena gue penasaran gimana sih rasanya tinggal di homestay yang kabarnya menjadi trend penginapan di Raja Ampat ini. Kedua, ok lah kalopun gue harus nginep di homestay, tapi syaratnya kudu berasa di Raja Ampat dong, yang terkenal dengan sebaran bebatuan karstnya, nah Nut Tonton Homestay ini dikelilingi dengan pemandangan bukit-bukit bebatuan karst khas Raja Ampat, makanya langsung jatuh cinta saat ditawarin seorang kawan kala lagi mumet nyari penginapan, tks ya bro Dian Haryanto atas rekomendasinya. Ketiga adalah, lokasinya yang memang berada sangat strategis karena cukup dekat dengan obyek wisata di Misool ini, membuat semakin mudah untukmu bisa menjelajahi Misool. Keempat, homestaynya cozy banget gaes, desain bangunannya rapi, nyaris tertutup rapat, ada obat nyamuk semprotnya di tiap kamar, dan ada kipas anginnya juga (jangan harap ada AC ya di homestay wkwkkw). Dan yang terakhir adalah, berasa di resort gitu loh, keluar kamar langsung bisa nyebur di tepi pantainya yang super duper bening dan banyak banget isinya, mulai dari ikan kecil-kecil berwarna-warni, rombongan-rombongan ikan yang jumlahnya ratusan yang setia lalu lalang di bawah kamar, lumba-lumba yang terkadang nongol di pagi hari, sampe bisa berfoto cantik dengan si ikan Napoleon yang jadi penunggu setia di pantai homestay ini.

Peta Lokasi Homestay Nut Tonton dari arah Dermaga Yellu Misool

Nut Tonton Homestay, Misool Raja Ampat

Kalo liat dari potensi jumlah penginapan yang ada di Misool ini, memang masih terbatas sih gaes, gue aja sampe bingung waktu ke Misool sendirian dan belum sempat booking penginapan saat masih di Jakarta, wong mumet nyari info dan akses ke penginapannya, sudah sibuk googling dan dapet no HP beberapa pemilik penginapan dari internet pun ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena ternyata di beberapa lokasi Misool ini memang tidak kebagian sinyal Telkomsel (oiya, hanya sinyal Telkomsel aja yang nongol di sini ya gaes, jadi jangan pake nomor yang lain kalo gak mau mati gaya di sini wkwkkw). Untungnya Homestay Nut Tonton ini sudah bisa dipesan melalui online travel agent (Agoda, Booking.com dll) ataupun kontak langsung pemiliknya, jadi lumayanlah rasa penasaran mau ke Misool terbayar sudah meski dengan tarif per kamar nya yang lumayan di atas tarif rata-rata homestay pada umumnya tapi menurut gue ya sangat worth it bangetlah dengan experience yang gue bisa dapatkan, two thumbs dah !

Gambar atas: bersama my guide, bro Nawawi di Homestay Nut Tonton Misool
Suasana di Homestay Nut Tonton Misool Raja Ampat

Akses untuk menuju homestay ini memang tidak ada transportasi publiknya ya gaes, jadi setelah tiba di Pelabuhan Yellu di Misool (baca disini cara menuju Misool dengan speedboat dari Waisai), jika kamu adalah solo traveler kaya gue, maka kamu akan dijemput oleh sang owner homestay dan kemudian menggunakan kapal kecilnya selama 30 menit perjalanan hingga tiba di sebuah pulau kecil yang ternyata isi pulaunya ya homestay ini aja, jadi kaya pulau pribadi gitu deh (bisa liat gambar di peta, lokasi homestaynya). Jadi selain biaya sewa kamar harian (yang sudah termasuk paket makan 3x sehari dan snack pagi, sore serta free minuman panas kopi dan teh) maka ada biaya tambahan Rp 600 ribu untuk jemputan pulang pergi tersebut. Oiya, kapasitas kapalnya juga tidak banyak ya bro sis, usahakan bisa kontak ownernya dulu untuk memastikan jumlah rombonganmu dan pastinya akan menyesuaikan tarif jemputannya.

Spot Snorkeling di sekitar pantai Homestay Nut Tonton Misool
Ditemani ikan cantik Napoleon di Homestay Nut Tonton Misool

Trus gimana caranya gue seorang diri gini biar bisa juga jalan-jalan keliling Misool? waaa gampang banget ternyata, karena sang ownernya sangat baik dan ramah sekali, mungkin juga karena kasian kali ya ngeliat gue sendirian, celengak celenguk, sibuk foto-foto tripod dan selfie wkwkkw, sampe akhirnya gue ditawarin nyewa kapal kecilnya dengan harga yang sangat bersahabat di kantong, thanks pak Thalib hehehe. So, 4 malam gue nginep disini, 1 hari gue habisin untuk bener-bener stay di homestay ini seharian, menikmati tinggal bagaikan di rumah sendiri, menikmati suasana berada di pulau terpencil berasa milik pribadi, menikmat pantai indah yang terpampang di depan mata, menikmati snorkeling di sekeliling homestay ini, menikmati trekking manjat bukit karst hingga bisa melihat view dari atas bukit pulaunya (ngarep), hingga menikmati duduk di jembatan homestay sambil menyaksikan si ikan cantik Napoleon bermain di kakiku, hmmm experience yang amazing banget ! Hari ke-2 dan hari ke-3 baru gue habisin buat keliling di sekitar Misool, nyaris seharian full dan cuma ditemani sang guide homestay yang meski tampangnya menakutkan tapi hatinya selembut salju….cie cie cieh, thanks bro Nawawi. Intinya, nyaris semua tempat wisata di sekitar Misool yang biasanya ada di itinerary Open Trip Misool, bisa kamu jelajahi selama 2 (dua) hari full di sini, mulai dari Danau Ubur-Ubur, Bukit Harfat Jaya, Balbullol, Yapap, Gua Keramat, Pulau Gamfi, Namlol, Danau Love, dan masih banyak lagi gaes, sampe lupa semua namanya wkkwkw.

Kaya gini pemandangan sekeliling Homestay Nut Tonton Misool

Oiya suasana di dalam homestaynya juga cozy banget euy, meski penampakannya tidak seperti hotel, tapi bagi gue pengalaman menginap di homestay memang wajib kamu coba, apalagi bisa berbaur dengan para pengelola yang semuanya rata-rata penduduk lokal Misool, jadi bisa merasakan budaya dan tradisi di Papua ini. Gue aja baru sehari disini udah bisa duduk bareng sang koki nya (bro Loys) di jembatan homestay sambil curcol wkwkkw, orangnya suka ngobrol ngalor ngidul dan rajin banget bangunin gue kalo snack pisang dan ubi gorengnya dah siap dimakan wkwkkw, enak deh ada yang nemenin dan bisa foto-foto’in gue juga, jadi berasa banget suasana kekeluargaannya, bahkan saat gue mau pulang aja, rame nya minta ampun pada teriak-teriak kaya mau nganterin tuan putri hahaha, heboh dah, dan bikin gue terharu hiksss ! miss you all gaes !

Suasana di dalam kamar Homestay Nut Tonton Misool Raja Ampat
Makanan & Minuman selalu tersedia di Homestay Nut Tonton Misool

Nah buat kamu yang tertarik pengen nyoba nginep disini, bisa menghubungi nomor ini : 081248280121 dan bisa di WA juga koq, karena ternyata sang ownernya ada yang tinggal di Sorong, jadi pasti selalu bisa dikontak secara sinyal Telkomsel kuat banget di Sorong. Kecuali saat sudah menginap di pulau di homestay Nut Tonton ini barulah terasa benar-benar berada di pulau terpencil dan bersiap-siaplah menyendiri tanpa akses data dan telepon ya gaes, karena nyaris gak dapet sinyal sama sekali disini wkwkkw. Tapi ya memang seharusnya begitu kan, saatnya kamu menikmati alam, menyatu dengan alam dan bersahabat akrab dengan deburan ombak !

Gambar Kiri : bersama Pak Thalib, owner Nut Tonton Homestay. Gambar Kanan : bersama sang koki heboh, bro Loys

– Nut Tonton Homestay – Misool Raja Ampat –

– November 2017 –

– PESONA INDONESIA – WONDERFUL INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.